Thursday, September 15, 2011

Bledug Kuwu

Kabupaten Grobogan punya wisata Bledug Kuwu, yaitu wisata mengamati kejadian alam berupa semburan lumpur dan gas, tapi tidak seperti di Lapindo, semburan di Bledug Kuwu tidak menimbulkan bencana, tapi menjadi tujuan wisata tersendiri. Semburannya seperti yang kita lihat saat memasak bubur, gelembung udara mendesak naik ke permukaan, dan bisa menimbulkan ledakan dan suara yang menggelegar Jowone "Mbledug", sensasi yang pasti didapat jika kita kesana.

Dari Solo menuju Grobogan melewati jalan raya yang bergelombang, dan berkelok-kelok. Cukup sempit untuk ukuran kendaraan yang melewatinya, dari sepeda motor, truk, sampai bus antar kota lewat situ. Kalau dari solo tak ada salahnya juga mampir ke Situs purbakala sangiran di Sragen juga. tapi kalau mau terus ya silahkan, naik bus mungkin sampai 2 jam baru sampai Purwodadi, tapi saya pernah naik motor cuman 1 setengah jam.

Sampai alun-alun Purwodadi, cari jalan arah Blora, selanjutnya tinggal tanya peta hidup. sampe deh. Sampai disana kalo pengen cari tau info Bledug Kuwu juga bisa beli bukunya di pedagang. Pas saya kesana cuaca sedang cerah cerahnya, saran saya jangan lupa bawa topi atau jaket biar ga kepanasan.

Terlepas dari mitos mitos yang berkembang tempat itu apalah, hhehe, saya mau komentar aja tentang garam disitu, biasanya garam kan ada di laut, la ini di daerah daratan, garam muncul bersamaan munculnya gelembung, mungkin dulunya laut kali, atau ada saluran menuju laut hehe.

Garam garam itu pun diambil, dengan mengalirkan air ke tempat penampungan, selanjutnya air garam itu dicipratkan ke wadah bambu yang dibelah. dijemur air menguap, tinggal garam yang tersisa, garam itulah yang dikumpulkan.

Related Posts by Categories



5 comments :

  1. sering baca artikel tentang bledug kuwu.. tapi belum sempat mampur sana nih

    ReplyDelete
  2. wow, makasih dah coment,,,,masih lah masih gersang

    ReplyDelete
  3. aku btuh data tentang bledug kuwu,buat TA ku..
    adakah yg bsa di ajak sharing,ksnanya aja lupa..
    :(
    hiks.....

    ReplyDelete
  4. aku btuh data tentang bledug kuwu,buat TA ku..
    adakah yg bsa di ajak sharing,ksnanya aja lupa..
    :(
    hiks.....

    ReplyDelete

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]