Saturday, August 13, 2011

Masjid Tua Ambon

Bila ada di Ambon tidak ada salahnya mampir ke tempat bersejarah di pulau itu. Karena selain menawarkan keindahan pantai, ternyata juga menyimpan tempat-tempat bersejarah yang sayang untuk dilewatkan. Misalnya Benteng Amsterdam dan Masjid Tua, dua tempat yang pernah saya kunjungi sebelum puasa kemarin.


Tempat pertama adalah Benteng Amsterdam, berada di daerah pantai utara dekat Hila, bangunan benteng tampak kokoh, karena saya lihat tebal temboknya saja hampir satu meter, jadi jika berada disana kita seperti berada di rumahnya raksasa. Waktu saya kesana tidak banyak pengunjung yang datang, cuman ada pelajar yang lagi ngadain kegiatan disana, lagi belajar seperti orang mau ujian.



Pintu masuk pun tidak dijaga, cuman ada orang nongkrong disana untuk mengurus buku tamu plus sumbangan seiklasnya kalau saya mau keluar nanti. Masuk ke dalamnya bagian bawah, gelap, kotor, karena bekas kotoran burung. Mirip dunia lain kalau malam hehe. oiya disebelah pintu masuk juga ada keterangan kapan dipugar



"Benteng Amsterdam
Mulai dipugar pada tanggal 1 Juli 1991 oleh Depdikbud RI Kanwil Prov Maluku
Diresmikan purna pugaranya oleh
Mendikbud
pada tanggal 18 Oktober 1994
a.n. Mendikbud
Dirjen Kebudayaan

ttd

Prof. DR. Edi Sedyawati"

Tempat kedua Masjid tua, dulu namanya Masjid Wapaue memang bener-bener tua 1414 dibangunnya, lokasinya tidak jauh dari benteng Amsterdam, tinggal tanya orang udah pada tau. Ukurannya 10 kali 10 meter kalau jaman sekarang umumnya disebut mushola, tapi yang ini adalah mesjid, uniknya dia tanpa paku, hanya menggunakan teknik kuncian pasak. Saya lihat kayunya sudah diplitur sampai halus biar awet, di dalamnya ada peninggalan Al Quran, kayu, ada bedug, kesannya kalau kita didalamnya memberikan aroma klasik.

Kata juru kuncinya mesjid ini pernah pindah sendiri dari gunung ke desa, karena dulu Belanda memindahkan orang gunung ke desa, namun masjidnya belum ikut dipindah, suatu pagi mereka langsung melihat mesjid itu sudah berdiri kokoh di desa yang baru itu.
Jadi mesjidnya ngikutin penduduknya, pindah sendiri gitu.



di Prasastinya terbaca :
"Majid Wapaue
(Mangga Berabu/Mangga Hutan)
Didirikan oleh :
Perdana Jamilu
Orang Kaya Alahahulu
pada tahun 1414 di wawame
Pada tahun 1614 dipindah oleh Imam Rijali ke Tehalla 6 Km sebelah timur Wawame
Pada tahun 1664 Mesjid turun ke Negeri Atetu lengkap dengan peralatan ibadahnya.
Ciri khas bangunan induknya tanpa mempergunakan paku"

Masjid Tertua di Indonesia (diambil dari solocybercity)
1. Masjid Saka Tunggal (1288)
2. Masjid Wapauwe (1414)
3. Masjid Ampel (1421)
4. Masjid Agung Demak (1474)
5. Masjid Sultan Suriansyah (1526)
6. Masjid Menara Kudus (1549)
7. Masjid Agung Banten (1552)
8. Masjid Mantingan (1559)
9. Masjid Al-Hilal Katanga (1603)
10. Masjid Tua Palopo (1604)

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]