Saturday, August 1, 2009

Cara Mengatasi Malas dengan Lakukan Saja, Jangan Memberi Kesempatan Otak Berpikir

Setiap manusia memiliki potensi yang luar biasa salah satunya adalah potensi kreatifitas. Dengan potensi ini manusia dapat berguna dan patut dihargai bagi lingkungan. "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya penciptaan" (Q.S. Atiin : 5). Allah SWT telah menjadikan manusia memiliki potensi yang luar biasa. Jadi saat manusia tidak mengembangkan potensinya karena malas, berarti dia telah melecehkan potensinya sendiri. dan itu merupakan kedurhakaan pada Sang Pencipta Allah SWT.

Sayang sekali bila menemui kondisi dimana kita merasa dapat melakukan pekerjaan tetapi kita belum mau melakukannya. Penyebab ketidakmauan bisa karena sibuk, merasa belum darurat, belum memahami manfaatnya dan berbagai macam alasan khusus lainnya. Tetapi yang paling berbahaya dari semua alasan ketidakmauan tersebut adalah malas.

Banyak cara yang yang ditawarkan para ahli untuk mengatasi malas. Tetapi salah satu cara yang efektif adalah : "Lakukan Saja! dan jangan menunda!". Resep jitu ini terdapat dalam QS At Taubah : 41 "Berangkatlah kamu baik dalam kedaan ringan atau berat dan berjihadlah di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui". Artinya segera lakukan, jangan menunda dan jangan mencari alasan, apapun alasannya. Sebab sebagian besar alasan adalah alasan yang dicari-cari. Ali bin Abu Thalib ra berkata: "Sesungguhnya kalau Anda menunda pekerjaan, maka alasan ketakutan akan kegagalan pekerjaan tersebut akan semakin besar daripada Anda melakukan pekerjaan itu sekarang juga!"

Semangat melakukan pekerjaan justru semakin besar seiring dengan saat kita melaksanakan pekerjaan tersebut. Semangat pekerjaan seringkali muncul bukan pada saat sebelum melakukan pekerjaan, tetapi saat kita melakukan pekerjaan tersebut. Karena itu pada QS At Taubah ayat 41 di atas, Allah menyuruh kita berangkat (melakukannya) tanpa mempedulikan perasaan kita (ringan atau berat, suka atau tidak suka), sebab semangat itu muncul bersamaan dengan pelaksanaan pekerjaan itu.

Inilah rahasia mengatasi malas, sehingga Allah menutup ayat itu dengan kalimat "yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui". Artinya tidak semua orang mengetahui rahasia mengatasi rasa malas. Bahkan dapat dijumpai cara mengatasi rasa malas dengan berbagai cara yang kadang terlalu filosofis dan njlimet. Padahal caranya cukup sederhana yaitu: Lakukan Saja! dan jangan biarkan pikiran kita membuat alasan untuk menundanya. Katakan dengan tegas pada diri sendiri "Lakukan Saja sekarang dan jangan banyak alasan!" Insya Allah kita dapat mengatasi rasa malas dan tidak menunda-nunda pekerjaan. Sesungguhnya perbedaan orang gagal dengan orang sukses adalah orang yang gagal adalah orang yang gagal berpikir untuk melakukan sesuatu, sedangkan orang yang sukses adalah berbuat sesuatu.
Disadur dari www.manajemenshl.com

Related Posts by Categories



11 comments :

  1. just do it.. mang susah ya kalo urusan ma yg namanya malas.. :D
    nice posting kawan..

    ReplyDelete
  2. iya penting banget kretivitas, lebih baik untuk hal yang berguna untuk masyarakat banyak dan jangan yang merugikan orang lain...saya dukung 100% indonesia kreatif, sukses terus...

    ReplyDelete
  3. wow... cool. dan betul. lakukan saja.
    link blog ini sudah saya pasang di blog saya. :)

    ReplyDelete
  4. Intinya sih kita harus bisa melakukan apa saja yg emg bisa kita lakukan :)

    ReplyDelete
  5. emang klo lg males apa2 jadi berat semua, bahkan tangan sendiri aja terasa di tindih batu besar.
    harus berontak maju pantang mundur.

    ReplyDelete
  6. segala sesuatu yang spontan pasti lebih unik hasilnya

    ReplyDelete
  7. @liliperry: makasih
    @devianty: OK kita dukung
    @muharra:linkmu juga uda tak pasang
    @zippy: iya memang demikian
    @bazeur:Namanya juga malas :D
    @pelajaran blog: Rame warnanya pasti, sebenere mau bikin yang simpel tp blm bisa
    @julie:He eh, bisa aja
    @Mayasari: Mariiii
    @Melandri: Woke hayuk merdeka!

    ReplyDelete
  8. wah iya betul...kaya iklan sepatu nike...just do it!

    sori baru sekarang mampir kemari...

    ReplyDelete

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]