Saturday, August 27, 2016

Jual Coklat Praline

Praline ini maksudnya bentuknya permen, ane jual per toples, coklat "Orchid" bertoping kacang, wafer, selai, soal rasa gak kalah lah sama coklat macam silv**queen, isi pertoples bervariasi ada yang 20 ada yang 24. harga per toples 30 ribu (belum termasuk ongkos kirim dari Semarang). Pemesanannya lewat WhatsApp ke nomor ini xxxxx. Coklat dibuat ketika ada pemesanan/order, jadi jadinya tidak langsung hari itu.


Read More...

Wednesday, August 17, 2016

Tunggal Dara Putera Junior Eksekutif


Pengalaman naik tunggal dara putera, pas arus balik kemarin, beli tiket di Agen Krapyak, waktu itu harganya masih belum turun, beli tiket harganya 325 ribu untuk kelas junior eksekutif, entah ini dikasih embel embel junior buat apa, juga kurang paham juga apa hubungannnya antara po tunggal daya, tunggal dara, sama tunggal dara putera. Apakah hubungannya adalah ayah dengan anak, atau gimana saya juga kurang paham, kali ini ane pengen share aja perjalanan dengan bus ini.
Beli tiket paginya, nyari di agen laju prima, mau beli tiket Laju Prima yang ternyata harganya cukup mahal 370 ribu pas arus balik, akhirnya ane pilih pilih lagi mau naik apa, akhirnya sama bapaknya ane dikasih bus timbul jaya yang memang ane pesennya yang kelas ekonomi saja, akhirnya ane deal dengan bapaknya dengan harga tiket sebesar 300 ribu dengan jadwal berangkat jam 6 sore, siap di agen jam setengah enam.

Waktu yang ditunggu pun tiba, ane datang sekitar pukul setengah enam seperti yang dijadwalkan, sampai di agen, ternyata Bus Timbul jaya yang dijanjikan jam enam dijadwal ulang menjadi jam 8 malam atau kemungkinan besar lebih malam. Ane pun ditawari untuk naik tunggal dara putera ini, yang busnya sudah parkir di seberang jalan menghadap arah timur, namun dengan syarat menambah ongkos sebesar 25 ribu. Menurut info bus akan berangkat setengah tujuh. Ok akhirnya ane deal.

Ternyata bus baru diberangkatkan sekitar jam 8 malam karena kemungkinan besar untuk mengisi seat yang masih kosong, mengandalkan dadakan dadakan yang pengen pergi ke Jakarta agar bisa bekerja senin pagi.

Bus diberangkatkan, di perjalanan bus ini sering diasapin bus lain, bahkan sama langsung jaya yang kelas ekonomi. Bawaan sopirnya adalah pasrah, tidak ada inisiatif atau usaha agar waktu tempuh menjadi lebih hemat, tidak ada usaha untuk membuka celah, sopir hanya mengandalkan kendaraan di depannya minggir, kalau ga minggir minggir yaudah dibelakang terus sampai kalau sudah sepi baru diovertake. Tapi memang karakter nyopir bis beda beda ya, ada yang pasrah pasrah saja, ada juga yang nyari celah, seser kiri seser kanan. Yaudah kita nikmati saja perjalanan ini dengan tidur yang nyenyak.

Tidak berhenti makan

Ternyata bus ini tidak berhenti di rumah makan batang seperti bus bus pada umumnya, jadi ya langsung bablas,

Goyang kanan

Pas macet macetnya di tegal, entah siapa yang memulai, sebagian bus akap goyang kanan, karena arah timur yang relatif sepi, pertama kali masuk lancar, tapi setelah melewati ratusan kendaran yang antri, kemacetan mulai merambat ke jalur 3, kendaraan yang goyang kanan mulai pelan-pelan dan berhenti ikut ikutan macet. Disini terjadi kejadian, ternyata di depan posisi bus yang goyang kanan ngunci sama kendaraan yang menuju arah timur, hal ini karena bus pas mau masuk ke jalur yang benar bus harus ambil ancang-ancang melebar ke kanan, karena jalur masuknya memang sempit jadi bus harus memposisikan dirinya melintang agar bisa masuk sela sela separator tersebut. Pantesan kok dari tadi jalur empat diblong mulu, jalur 3 gak jalan jalan dari tadi, ternyata jalur empat ini kalau yang paling pas untuk masuk sela tersebut, sehingga posisinya lebih lancar daripada jalur tiga. Posisi ngunci terjadi karena pas bus yang mau ancang-ancang ambil jalur empat, eh kendaran dari arah barat maju akhirnya terjadi posisi yang saling mengunci, kendaraan dari belakang berhenti pas nutup sela terhalang bus-bus yang goyang kanan tadi, sementara bus di jalur empat nunggu kendaraan dari barat tersebut lewat, sampe sampe bus ane pun harus mundur beberapa meter agar mengurai simpul yang mati. Memang jalur dari barat yang tadinya sepi setelah bus ane lolos, ternyata dibelakang panjang juga ternyata.

Nyampe di pinang ranti sudah menunjukkan sekitar pukul 7 pagi. Kendaraan sudah ramai, dari pinang ranti bus dilanjutkan menuju Pasar Rebu lalu ke Lebak Bulus.
Read More...

Jakarta Bandung Naik Motor saat Weekend

Berangkat dari Jakarta Timur Jam 9 lebih 9 menit, posisi km masih 0, cuaca cerah, kondisi motor sekarang sudah fit, hanya sekarang masih bermasalah pada rem belakang yang masih kurang pakem dibandingkan sebelum ganti cakram. Oke tapi nanti tak masalah, sebenarnya mau dibawa ke bengkel tapi ane terlanjur pesimis hasilnya akan sama saja, karena ya pasti kata montirnya ini sudah pakem, la sedangkan menurut saya ini belum pakem untuk pemakaian di jalan raya yang suatu saat ketemu hal-hal yang membutuhkan rem yang bukan sekadar ngerem, tapi rem yang benar-benar pakem, seperti rem-rem motor yang masih baru.

Jakarta Bekasi Cikarang

Perjalanan berlangsung normal, tidak menemui kemacetan yang panjang, hanya macet pas lampu merah, pasar, angkot ngetem, sampai Karawang melewati ringroad, isi bensin di ringroad. Setelah isi bensin bermaksud akan memotong dari Kosambi Curug lanjut ke Purwakarta, padahal sebelumnya udah searching di google map, ternyata masih kelewatan, karena apa yang saya ingat di google map, tidak saya temukan di perjalanan, akhirnya saya bablas saja sampai cikampek, fly over lewat pinggir, lalu belok ke kanan, ini kendaraan yang dari barat kalau mau belok arah ke Purwakarta harus muter ke timur dulu, karena pas saya lewat dari bawah, jalur ukuran mobil tertutup oleh patok, jadi hanya bisa dilewati oleh motor saja.

Cikampek Purwakarta Sadang Padalarang

Cuaca mendung, tapi tidak sampai hujan, melewati Purwakarta lalu lintas padat merayap. Dilanjutkan melewati jalur yang berkelok-kelok di jalur Purwakarta-Bandung, kadang memotong tol Cipularang lewat atas, kadang lewat bawah.

Masuk Kota Bandung, Perjalanan dari Cikampek-Bandung memakan waktu kurang lebih 2 jam, sampai di Bandung, ketemu sama macet, melewati Cimahi kemudian sebelum RSUD seharusnya ane belok ke kiri arah Lembang, eh kebablasan lagi, karena tanda-tanda yang ane inget pas searching di google map, ga terdeteksi pas lewat jalur itu, ane tandai Kantor A, eh pas lewat kok ga ktemu ketemu ya kantornya hehe, mungkin ketutupan sama pager entah ane gatau, yang seharusnya setelah melewati Kantor A tersebut ane melipir ke kiri buat belok kiri. Ane lalu cari puteran di depan, ternyata cukup jauh sodara, ini motor masih mending, kalau mobil akan lebih susah kalau mau cari puteran.
Melewati gang-gang kecil

Pas siang gak terlalu macet, tapi pas balik kena macet banget sampai motor aja ga gerak, bahkan kalau orang jalan kaki pun masih lebih cepetan jalan kaki. Mungkin karena hari sabtu malam minggu ya.

Sampai di tujuan di daerah Setiabudhi jam 13 an, total perjalanan kurang lebih 4 jam, sedangkan teman saya yang membawa mobil butuh waktu 5 jam, kena macet di tol. Dengan total jarak 178 kilometer dihitung dengan odometer.
Perjalanan Balik

Karena acara sudah selesai, ane balik lagi ke Jakarta, kali ini perjalanan akan dihabiskan tanpa ditemani sinar matahari karena waktu berangkat adalah pukul 17.36, nyampe di Jakarta pukul 22.40, kali ini jaraknya adalah 166 km, karena pas ane balik, ane gak lewat cikampek, pas di Purwakarta ane ikutin plank papan arah yang menuju Kosambi, Curug yang ternyata bisa memotong jarak sekitar 10 kilometer dibandingkan melalui Cikampek.
Jalur padalarang di malam hari

Malam-malam di jalur ini ga bisa kenceng seperti diwaktu siang hari, jalur yang berkelok-kelok, kondisi mika helm yang baret baret, ditambah Penerangan jalan yang tidak setiap jalur tersedia, ditambah lagi di beberapa tempat garis markanya sudah hilang sehingga harus benar-benar sabar dan hati-hati. Tapi jalur ini termasuk lebih bagus aspalnya dibandingkan melalui Cileungsi, dan tentu kendaraan yang lewat sini terbilang lancar banget, dibandingkan melalui Puncak Ciawi Bogor.

Disini sempet ketemu sama pemotor-pemotor yang kenceng-kenceng, ane aja jalan segini udah ga jelas pandangan jalannya, ini motor kok bisa kenceng gitu, tapi kalau ane buka kaca mika emang jalan menjadi lebih keliatan, ini juga karena pengaruh mika helm ane yang udah baret sana sini, jadi jika dipakai di malam hari akan menimbulkan tingkat keburaman yang lebih tinggi.
Nyasar di Bandung

Ini kejadiannya pas mau balik,dari Setiabudhi mau ke Cimahi ane melewati gang-gang jalan perumahan ya tentunya harus belok sana sini, karena kalo mengikuti jalan raya yang mengarah ke Bandung ane perkirakan bakalam kena macet, jadi ane tentukan pilihan buat lewat jalan perumahan yang arahnya motong langsung ke arah Cimahi. Dengan mengikuti arah google map yang kadang-kadang gak pas posisi koordinatnya ane telusuri jalur gang-gang hingga setelah ketemu jalur yang tadinya dilewati pas berangkat, ane pun lega, ane inget inget pas tadi pagi lewat sini sini, kemudian, pada suatu jalan, lah ini perasan tadi gak lewat jalur halus kayak gini deh, perasaan tadi jalurnya jelek, kok sekarang jadi halus, hehe, ternyata ane kelewatan harusnya belok, ane malah lurus, ya itu tadi jalur yang belok tersebut jalurnya kayak jalur buntu gitu, ane lewatin aja,. Akhirnya muter-muter bentar, dan nyampelah di jalur yang tadi, menyusuri jalur yang tadi, sampailah di jalan raya, kali ini kesasar lagi di jalur satu arah yang ada tulisan stikes ahmad yani, ini kalau dilihat di google map emang keliatannya gampang ya, tinggal ikutin aja jalur satu arahnya, ikutin terus jalur utamanya sampai ketemu jalan raya lagi, lah di kenyataanya ga seperti itu, antara jalan utama sama jalan gak utama ternyata seperti ga ada bedanya ya, ane sampe nyasar.
Read More...

Butuhnya Manusia akan Ilmu

Sebagaimana halnya makanan, yang dipergunakan manusia untuk kelangsungan hidup. Karena seandainya kemimana tidak dipupuk dengan ilmu, maa ibarat tanaman menjadi layu bahkan hancur. Sehingga tidaklah terwujud keberadaan iman seorang kecuali dengan ilmu. Al Imam Ahmad menyatakan: “Manusia sangat membutuhkan ilmu dari sekedar menyantap makanan dan minuman, karena makanan dan minuman dibutuhkan oleh manusia sekali atau dua kali dalam sehari. Sedangkan ilmu ilmu dibutuhkan setiap saat.

Bahkan seluruh makhluk Allah sangat butuh kepada ilmu. Karena tidak akan tega urusan makhluk kecuali dengan ilmu. Langit-langit dan bumi bisa berdiri kokoh adalah dengan ilmu, begitu pula diturunkannya para rasul dan kitab-kitab-Nya juga dengan ilmu. Serta tidak akan diketahui perkara halal-haram kecuali dengan ilmu. Oleh karena itu, kewajiban seseorang dalam menuntuk ilmu syar’I berlangsung hingga menjelang wafat.
Diriwayatkan oleh Al Hakim, Rasulluah Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda: “Dua keinginan yang tidak pernah merasa puas darinya: keinginan terhadap ilmu dan tidak pernah merasa puas darinya, dan keinginan terhadap dunia, dan tidak pernah merasa puas darinya.

Oleh karena itu para imam kaum muslimin apabila dikatakan kepada mereka: “Sampai kapan engkau menuntut ilmu?” maka dia mengatakan “sampai wafat!” Nu’aim bin Hammad berkata: “Aku mendengar Abdullah Ibdul Mubarak radiyallahu’anhu berkata: sekelompok kaum mencelanya karena beliau sering menuntuk ilmu hadist. Maka mereka mengatakan: “sampai kapan engkau mendengarkan (hadits)? Beliau menjawab: “sampai mati!” Al Hasan bin Manshur Al Jashshosh berkata: “Aku mengatakan kepada Ahmad binHambal radiyallahu’anhu:”Sampai kapan engkau akan menulis hadits?” maka beliau menjawab : “Hingga wafat!” Abdullah bin Muhammad Al Baghawai berkata: “Aku mendengar Ahmad bin Hambal berkata: “Sesungguhnya aku menuntut ilmu sampai masuk ke liang kubur.” Muhammad bin Isma’il As Shooigh berkata: “aku tinggal bersama ayahku di Baghdad, kemudian lewat di hadapan kami Ahmad bin Hambal dalam keadaan memegang sandal. Lantas ayahku menarik bajunya, dan berata: “wahai Abu Abdillah (panggilan Ahmad bin Hambal), apakah engkau tidak malu! Sampai kapan engkau menuntut ilmu? Beliau menjawab: “sampai mati!”.

Demikianlah beberapa perkataan para ulama yang menerangkan begitu semangatnya mereka dalam menuntut ilmu. Sehingga mereka mencurahkan waktu dan tenaga untuk meraih lezatnya ilmu. Sesungguhnya bagi siapa saja yang memahami hikmah dibalik perintah menuntut ilmu tersebut niscaya dia tidak akan pernah menyia-nyiakan waktunya sedikitpun dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Dia akan merasa rugi tatkala luput dari manisnya ilmu. Dia akan memanfaatkan masa sehatnya untuk banyak menimba ilmu sebelum tiba masa sakit. Serta dia akan mengisi waktu hidupnya dengan hal-hal yang mengundang keridhoan Allah Subhanahu wa Ta’ala sebelum ajal tiba.

Begitulah seharusnya cerminan seseorang mukmin yang mengharapkan perjumpaan Rabbnya. Seiring dengan itu, syetan juga tak pernah menyerah untuk menjerumuskan manusia ke lembah kebodohan. Sehingga dengan kebodohan seseorang terhadap ilmu mengakibatkan lemahnya keimanan dan minimnya ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sesungguhnya orang yang bodoh tidak mengetahui hakekat iman taqwa. Dan tidak mengetahui pula jalan untuk menuju keselamatan berdasarkan ilmu dan keyakinan yang mantap. Tentu saja hal ini semakin membuka peluang bagi syetan untuk menggiring orang tersebut kepada kemaksiatan dan kesesatan.

Tatkala kebodohan telah merajalela, maka akan meningkat pula kemaksiatan, kriminalitas, cinta kepada dunia yang berlebihan dan takut apabila kematian menjemputnya, dan sebagaimana. Semua ini merupakan diantara sebab lemahnya kaum muslimin, sehingga Allah menimpakan kehinaan kepada mereka.
Rasa gentar yang menghunjam pada jiwa-jiwa musuh-musuh Islam hilang seiring dengan dicabutnya kewibawaan kaum muslimin. Sehingga musuh-musuh kaum Muslimin tidak segan-segan untuk mengintimidasi dan memberangus persatuan kaum muslimin. Sementara mayoritas manusia terlena dengan kehidupan dunia yang fana ini dan melupakan akherat yang kekal abadi.

Oleh karena itu diantara sifat-sifat penuntut ilmu yang diajarkan oleh Rasulluah Shallallahu’alai wasallam adalah ikhlas dalam menuntut ilmu. Sebab dengan keikhlasan ini akan menghantarkan seseorang kepada tingkatan hamba yang sangat butuh kepada ilmu dan membentenginya dari riya’(ingin dipuji oleh orang lain) dan sebagainya.

Rasulluah Shallallahu’alai wasallam bersabda:”Barangsiapa yang mempelajari ilmu dari apa-apa yang dia cari dengannya wajah Allah Azza wa Jalla. Tidaklah dia belajar kecuali untuk memperoleh bagian dari dunia, maka dia tidak akan mencium wangi syurga pada hari kiamat.” (HR Ibnu Majah dan Ahmad)

Dalam berhias dengan keikhlasan ini juga harus dibimbing dengan ilmu dan tidak cukup dengan modal semangat semata. Sebab berapa banyak orang yang pada awalnya ikhlas dalam melaksanakan amalan, namun tatkala berada di tengah perjalanan mengalami penurunan secara drastis. Ini semua tidak lepas daripada peran syetan dalam menggoda bani Adam.
Syetan berupaya untuk memberikan ras was-was di dalam diri manusia sehingga mempengaruhi keikhlasan. Oleh karena itu peran ilmu sangat besar terhadap kehikhlasan seseorang. Cukuplah bagi seorang muslim akan berita Allah Subhanahu wa Ta’ala bahwa ilmu merupakan sebaik-baik ganjaran dalam berbuat kebaikan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Dan orang yang membawa kebenaran(Muhammad) dan membenarkankannya, mereka itulah orang-orang yang bertaqwa. Mereka memperoleh apa yang mereka kehendaki pada sisi Tuhan mereka. Demikianlah balasan bagi orang yang berbuat baik, agar Allah akan menutupi (mengampuni) bagi mereka perbuatan yang paling buruk yang mereka kerjakan dan membalas mereka dengan ganjaran yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.” (Az Zumar:35). Demikianlah sifat dan kedudukan ilmu yang sangat mulia sebagai ganjaran yang paling berharga bagi seorang muslim yang ingin menggapainya. Oleh karena itu kebutuhan manusia terhadap ilmu merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Jikalau ingin mendapatkan keberuntungan dunia dan akhirat maka tempuhlah jalan ilmu syari’at. Sehingga dengan demikian Allah akan mempermudah baginya untuk menuju surga yang diidam-idamkan. Kita memohon kepada Allah agar dibukakan pintu hati kita dengan taufik dan hidayah-Nya. Sehinga kita senantiasa butuh kepada ilmu yang bermanfaat. Wallohu’alam bish showab.

Sumber : buletin Jumat “Mimbar Jum’at Dewan Mubaligh Indonesia Edisi 674/Th. 2015-2016”
Read More...

Keutamaan Sholat Malam

Kerjakanlah shlatul-lail (shalat Sunnah di malam hari) karena sesungguhnya hal tersebut merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Sebagai pendekatan diri kepada Allah Swt. Sebagai pencegahan dari perbuatan dosa, sebagai kifarat dari perbuatan-perbuatan buruk dan sebagai pengusir penyakit dari tubuh. (Riwayat Ahmad melalui Bilal r.a.)

Alangkah besarnya manfaat yang terkandung di dalam shalatul lail hingga pelakunya dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang saleh. Shalat merupakan amal taqarrub seorang hamba kepada Rabbnya, karena itu dikatakan bahwa shalat merupakan miraj-nya orang-orang mukmin. Dan juga shalat dapat mencegah pelakunya dari perbuatan yang keji dan mungkar, serta dapat menghapuskan dosa-dosa. Di samping itu, banyak mengerjakan shalatul lail dapat mengusir segala macam penyakit. Allah Swt. telah berfirman :

“Dan pada sebagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS Al-Isra (17):79)

Selain itu salah satu keutamaan shalat tahajud yang lain adalah Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang mengerjakan shalat malam ke beberapa derajat, baik di dunia maupun akhirat.

Di dunia orang yang mengerjakan shalat malam akan mendapat kesuksesan dalam hidup dan disegani oleh banyak orang sedangkan di akhirat akan mendapatkan tempat termulia di sisi Allah yaitu surga.

Demikian keutamaan-keutamaan yang akan diperoleh bagi orang-orang yang selalu mengerjakan shalat malam.
(Dikutip dari buku karya H.M. Buya Alfis Chaniago-Indeks Hadits dan Syarah)

Sumber : buletin Jumat “Mimbar Jum’at Dewan Mubaligh Indonesia Edisi 674/Th. 2015-2016”
Read More...

Islam Memuliakan Wanita

Artikel yang bersumber dari sebuah buku, semoga berguna, silahkan dibacaya gan, cek this out.

Penulis membahas masalah ini karena orang-orang yang dengki dan orang-orang bodoh menganggap Islam telah merendahkan martabat wanita dengan syariat-syariatnya. Hal itu berkaitan dengan anjuran tetap berada di rumahnya, wajibnya mereka memakai jilbab, wajibnya melayani suami, diterimanya persaksian dua orang wanita sedang laki-laki cukup satu orang, hak warisnya separuh dari hak laki-laki, atau kedengkian mereka hanya karena Islam membolehkan seorang laki-laki ta’addud(poligami/beristri lebih dari satu).

Sungguh, dibolehkannya poligami justru mengangkat martabat kaum wanita. Bagaimanapun, seorang wanita yang bersuami lebih baik daripada wanita yang hidup sebagai perawan tua, hidup menjanda, atau bahkan bergelimang dosa lagi menghinakan diri dengan hidup melacur. Bahkan, ada wanita yang jahat dan zhalim mengatakan kepada suaminya: “Lebih baik engkau berzina/melacur daripada aku dimadu.” Na’udzu billahi min dzalik.

Dalam Islam, seorang laki-laki lebih baik dan lebih mulia jika menikah lagi(berpoligami) daripada ia berzina/melacur. Karena zina adalah perbuatan keji dan sejelek-jelek jalan yang ditempuh manusia. Allah Swt. berfirman : “Dan janganlah kamu mendekati zina;(zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.”(QS. Al-Isra (17):32)

Sedangkan keberadaan pelacuran dan wanita tuna susila (pelacur) atau penjaja sex komersial (PSK) justru merendahkan dan melecehkan martabat kaum wanita, juga sebagai bentuk penghinaan bagi mereka, serta akan menjerumuskan mereka ke Neraka.
Di muka bumi ini tidak ada agama yang memperhatikan dan mengangkat martabat kaum wanita selain agama Islam. Islam memuliakan wanita sejak dilahirkan hingga meninggal dunia.

Islam benar-benar telah mengangkat harkat dan martabat kaum wanita dan memuliakannya dengan kemuliaan yang belum pernah dilakukan oleh agama lain. Wanita dalam Islam merupakan saudara kembar laki-laki, sebaik-baik mereka adalah yang terbaik bagi keluarganya. Wanita Muslimah pada masa bayinya mempunyai hak disusui, mendapat perhatian dan sebaik-baik pendidikan dan pada waktu yang sam ia merupakan curahan kebahagiaan dan buah hati bagi ibu dan bapaknya serta saudara laki-lakinya.

Apabila wanita telah memasuki usia atau masa remaja, ia dimuliakan dan dihormati, walinya cemburu karenanya, ia meliputinya dengan penuh perhatian sehingga tidak rela kalau ada tangan jhahil yang menyentuhnya, atau rayuan-rayuan lidah busuk atau lirikan mata pria yang mengganggunya.
Apabila wanita telah menikah, hal itu akan dilaksanakan dengan kalimatullah dan perjanjian yang kokoh. Tinggallah ia di rumah suami sebagai pendamping setia dan dengan ini kehormatannya terpelihara, bahkan suami berkewajiban menghargai dan berbuat ihsan (baik) kepadanya dan tidak menyakiti fisik maupun perasaannya.

Apabila wanita menjadi seorang ibu, perintah berbakti kepadanya dinyatakan bebarengan dengan hak Allah. Kedurhakaann dan perlakuan buruk terhadapnya selalu diungkapkan bebarengan dengan kesyirikan kepada-Nya dan perbuatan kerusakan di muka bumi.

Apabila wanita sebagai saudara permpuan, maka dia adalah orang yang diperintahkan kepada saudaranya untuk dijalin hubungan silaturahim, dimuliakan, dan dilindungi.

Apabila wanita sebagai bibi, kedudukannya sederajat dengan ibu kandung di dalam mendapatkan perlakuan baik dalam silaturahim.
Apabila wanita sebagai nenek atau sudah lanjut usia, kedudukannya bertambah tinggi di mata anak-anak, juga cucu-cucunya, dan bagi seluruh kerabat dekatnya. Maka permintaannya hampir tidak pernah ditolak, pendapatnya pun tidak akan diremehkan.

Apabila wanita jauh dari orang lain, jauh dari kerabat atau pendampingnya, maka dia memiliki hak-hak Islam yang bersifat umum, seperti menahan diri dari berbuat buruk atasnya, menahan pandangan mata darinya, dan sebagainya.

Masyarakat Islam tetap memelihara hak-hak tersebut sebaik-baiknya, sehingga wanita benar-benar memiliki nilai serta kedudukan yang tidak akan pernah ditemukan dalam masyarakat non-Muslim.

Lebih dari itu, kaum wanita dalam islam memiliki hak kepemilikan, penyewaan, jual-beli, dan segala bentuk transaksi juga berhak belajar dan mengajar selagi tidak bertentangan dengan syariat agamanya. Bahkan di antara ilmu syar’I itu ada yang bersifat fardhu ‘ain, yang berdosa jika diabaikan, baik oleh laki-lali maupun wanita.

Wanita memiliki hak yang sama dengan kaum laki-laki, kecuali beberapa hak dan hukum yang khusus bagi mereka, begitu pula bagi kaum laki-laki. Semuanya sesuai atau layak bagi masing-masing jenis, sebagaimana dijelaskan secara rinci pada bahasan-bahasannya.

Sumber : Buku Panduan keluarga sakinah oleh Yazid bin Abdul Qadir Jawas
Read More...

Monday, August 1, 2016

Fern Bus Coach Simulator 2016

Pas browsing browsing di fb ada tautan video dari dasquirrelnuts yang mereview game simulator terbaru yang rencananya rilis tahun 2016 ini, yaiitu fern bus simulator. Bagi para pecinta simulator bus bolehlah dicoba nanti, itung-itung sambil nunggu ECS yang ga kelar-kelar ya.


Pertama liat ya mirip lah kayak bus city simulator, cuman yang berbeda dari game bus bus sebelumnya adalah jangkauan trayek bus yang antar kota, kalau sebelumnya kan ada yang namanya “City bus Simulator” yang jangkauan trayeknya cuman dalem kota saja, kalau Fern Bus ini jangkauannya nganterin penumpang antar kota, jadi kayak bus bus akap. Disini yang menarik menurut saya adalah simulasi suspensi yang dibuat sesuai suspensi bus beneran. Sebenarnya ada banyak fitur lain yang membuat game ini berasa simulator banget sebagai sopir bus, mulai dari tombol tombol dashboard, lampu kabin, animasi pintu bagasi, animasi pintu dibuka, dan bahkan animasi pas kaca jendela dibuka, yang kita tahu di scs belum bikin seperti itu padahal di forumnya udah pada ngusulin lho. Tapi ya itu tadi, hal itu bukanlah bagian yang menarik, karena kalau selera saya sih terletak pada suspensinya tadi, dimana pas bus dibelokkan, body bisa miring-miring kayak bus beneran.

Sebenarnya kalau simulator bus sekarang kan ada Euro Truck Simulator 2 yang pake mod bus, cuman itu tadi suspensi-suspensi mod bus di ETS 2 ga pernah saya temuin yang bisa menyesuaikan sesuai bus. Kalau ente perhatiin mod mod bus pada ETS 2 baik mod lokal maupun luar negeri semuanya masih memakai suspensi truk, dimana beban pada roda bagian belakang masih memakai beban pada truk, La kok bisa tahu? Ya ente mainin aja sendiri ETS 2 pake mod bus lalu pergi ke tempat stadion tempat ngetest kendaraan, kalau pengen lebih jelas bisa dilihat di video ini,=
perhatiin aja model truk berikut ini :

sumber gambar : softonic

bobot kendaraan truk lebih berat berada di roda bagian depan, padahal kita tahu bahwa bus kan bobot antara deepan dan belakang kan lebih rata daripada truk, Meskipun dimungkinkan antara bobot depan dan belakang ada perbedaan, yaitu lebih berat belakang karena letak mesin yang dibelakang.

pas melewati polisi tidur terlihat suspensi belakang lebih mental daripada bagian depan yang menandakan bahwa simulasinya masih memakai simulasi suspensi truk, dimana roda bagian belakang lebih ringan menyebabkan lebih mental.

Nah di Fern Bus Simulator ini, sudah membawa simulasi suspensi pada bus, jadi ya itu tadi menurut saya itu yang menarik bagi saya. Bagian yang menarik lagi adalah jangkauan trayeknya yang bukan di dalam kota, tapi sudah antar kota. Untuk ukuran mapnya, menurut infonya squirrel perbandingan dengan map Jerman asli adalah 1 banding 10.

Game ini dikembangkan TML Studio di Jerman, belum dapat dipastikan apakah saar release nanti namanya tetap memakai Fern Bus Coach Simulator atau akan memakai nama lain, karena mungkin bisa saja berubah untuk menyesuaikan dengan bahasa Internasional.

Saat ini yang dicoba oleh squirel masih dalam tahap beta, artinya belum finish pengerjaannya dan masih terdapat bug bug. Di videonya keliatan banget bugnya seperti map belum jadi, masih ada rumput di tengah jalan, ai traffic yang tabrakan di persimpangan, animasi pejalan kaki yang masih belum jalan, lalu ada juga ai traffic yang suka berhenti tanpa sebab pas berpapasan dengan kita.

ETS 2 Mod Bus vs Fern Coach Simulator

Ukuran Map : Pada ETS 2 adalah 1 : 20, FCS 1:10

Simulasi buka jendela, ETS2 belum ada, FCS sudah ada

Developer : ETS2 itu SCS Software dari Ceko, FCS TML Studio dari Jerman

Bisa bikin mod map ga? Bisa bikin mod ini itu ga? : Kalau ETS 2 bisa banget, kalau FCS belum tahu, tapi menurut info Squirrel bisa juga cuman belum ditampilin di videonya.

Simulasi Polisi tidur : ETS 2 ai trafficnya ya gitu deh, pas ada polisi tidur, die tembus aja kayak ga ada apa apa, kalau di FCS? Polisi tidurnya bikin ai traffic mumbul, walau speednya kenceng, sopirnya kayak ga liat disitu ada polisi tidur.

Sementara itu dulu yang baru saya omongin ya, tentang FCS. Barangkali ada yang pernah mencoba?
Read More...