Sunday, December 31, 2023

Mengulas Perjalanan PO Baru PO Sembodo Jakarta Wonogiri


Selamat siang semuanya, kali ini saya akan menulis lagi catatan perjalanan menggunakan PO Sembodo yang baru saja membuka jalur Jakarta Wonogiri, Sebelumnya PO ini sudah menjalankan trayek Jakarta Sumatera, penasaran juga seperti apa fasilitasnya, silahkan simak terus tulisan di bawah ini.



Pencarian Nomer Agen
Seperti biasa, pencarian agen bisa melalui cara offline dengan datang langsung ke terminal lalu mencari lokasi agen langsung, namun seperti biasanya, pasti sampai sana sudah dibujuk rayu calo sebelum sampai loket agennya, dan cara offline ini harus meluangkan waktu sekitar tiga jam untuk pergi ke terminal, saya memilih memakai cara online dengan mencari melalui internet, untuk saat ini, pencarian yang paling mudah melalui youtube, karena mereka biasanya berlomba meliput trayek baru dan tentunya karena melalui video, bisa lebih dipertanggungjawabkan. Pencarian melalui google maupun dari facebook saya skip saja.

Akhirnya ketemu nomer agen Pulo Gebang dengan nomor 082123902120 Atau 081315591184, saya sendiri mengamnbil sumber dari youtube mas why, mengapa bisa langsung percaya ini nomernya?, karena tentunya melalui video, lebih bisa kita nilai sendiri kevalidannya, karena benar-benar ada video agennya langsung. dibandingkan hanya bersumber dari facebook atau google map yang sulit dibuktikan kevalidannya, karena hanya berupa tulisan yang siapapun bisa menulisnya, yang terkadang malah mendapatkan nomor abal-abal atau penipu yang mengaku-aku agen yang biasanya meminta foto KTP. Hanya saja kesulitan mencari nomer agen melalui youtub tentu saja terletak pada biaya streaming yang tinggi dan belum tentu video youtub mencantumkan nomor agen, jadinya masih harus memilih-milih sendiri dan kadang beruntung kadang tidak.

Pembelian Tiket
Pembelian melalui Whatsapp dilayani dengan baik dan pembayaran cukup mudah, bahkan bisa langsung transfer ke rekening agen yang disediakan, saat ini ada tambahan biaya Rp.2.500,-, bila transfer dari Mandiri. karena agennya sendiri menggunakan BCA, untuk harga tiket nataru dipatok Rp.290.000,-, normalnya Rp.270.000,-.

Pemilihan kursi
Pemilihan kursi terpantau sudah memakai sistem elektronik, mencegah double kursi, namun jangan senang dulu, menurut pengalaman sebelumnya1, tetap masih bisa kejadian dilempar ke PO lain, walau sudah menggunakan sket elektronik. Okupansi penumpang saat pembelian tiket masih terisi sekitar 10 persen saja, bisa dilihat pada gambar di bawah.





E Tiket
tiketnya kemudian dikirimkan melalui Whatsapp langsung, berbentuk elektronik seperti ini, lengkap dengan QR Code kupon makannya


Hari H Keberangkatan
Perubahan Mendadak jadwal
Pagi hari, agen menghubungi saya agar siap di agen pukul 18:30 WIB, agen tidak menginfokan penyebabnya, yang jelas diminta saja datang jam 18:30 padahal jadwalnya jam 20:00 WIB, agak mengecewakan sih, karena pasti sampai tujuan akan terlalu pagi, dan jadwal yang sudah direncanakan harus berubah, tapi yasudah ikuti saja.

Perjalanan menuju Terminal Pulo Gebang Naik Trans Jakarta
Saya dari Jatinegara menuju Pulo Gebang menggunakan Trans Jakarta. Harga tiket busway Rp.3500,- jauh dekat, sangat murah, ya karena pastinya transportasi umum ini mendapatkan subsidi pemerintah karena mendukung jalanan tidak macet yang tentu ujungnya efisiensi biaya dan waktu yang terbuang di jalan, namun walau sudah murah dan ber AC, terpantau masih banyak juga orang yang naik kendaraan pribadi.


Akhirnya setelah sekitar 10 menit, bus yang ditunggu datang juga, Bus Trans Jakarta warna biru dengan sasis tronton Volvo B11R. Entah apa dulu Mantan Gubernur Ahok mempertimbangan menggunakan mesin besar ini untuk jalur yang menurut saya sebenarnya tidak terlalu membutuhkan kecepatan, untuk jalur ini speednya dibatasi 50kmh. Apakah karena perawatan, keawetan, kemudahan, atau apa saya kurang paham juga.

Penumpang yang naik dari halte itu juga ada sekitar 4 sampai 5 orang. Okupansi penumpang di hari libur Trans Jakarta saat itu penuh sampai berdiri, namun nanti biasanya berangsur-angsur berkurang setelah berjalan melewati halte-halte.

dari arah Halte Jatinegara menuju Terminal Pulo Gebang biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit sejak kedatangan bus. Dengan catatan, Ini adalah waktu tempuh di hari libur, jalanan relatif jauh lebih lancar dibandingkan saat jam pulang kerja.
beberapa ruas busway jalur ini masih menjadi satu dengan ruas jalan biasa, terbayang keinginan dan harapan agar jalur busway itu dibuat sampai ujung saja, agar tidak tercampur macet dari jalur biasa, karena kalau sudah macet, di jalur ini bisa benar-benar macet sekali.

Jalur ini juga sejajar dengan jalur kereta api KRL, jadi pas KRL lewat, terbesit juga pengen mencoba naik KRL menuju Pulo Gebang, namun masih belum ada gambaran setelah turun KRL itu naik apa, jadinya masih mengandalkan naik busway yang bisa langsung sampai tujuan, hanya membutuhkan waktu lebih saja.



Sampai di Terminal Pulo Gebang lewat mana?
Sesampai di terminal Pulo Gebang kemudian cek out kartu, turun ke lantai bawah.

Isi e money mandiri
lalu saya mampir mengsi e money menggunakan mesin e money sendiri. Pembayarannya dilakukan dengan memasukkan uang kerta ke dalam mesin, caranya cukup mudah karena sudah disediakan layar touch screen, yang jelas kita tinggal membaca saja tulisan di layar yang berbahasa Indonesia, lalu tekan tombol yang diperlukan.
Saat itu saya mengisi e money Rp.50.000,-, menggunakan kartu e money BRI yang ternyata ada potongan Rp.1500,-, jadinya yang menjadi saldo tidak benar-benar Rp.50.000,-.


Selanjutnya berjalan ke arah agen bus AKAP
Untuk menuju agen tinggal ikuti petunjuak tulisan saja, karena petunjuk arah di Terminal Pulo Gebang ini sudah cukup lengkap. Ada dua jalur yang bisa dilalui. Saya mencoba lewat kiri atau lewat barat, dan nanti ketemu lagi dari jalur timur di tempat ini.


Seperti biasa sampai di lokasi agen, pasti ditanya beberapa calo, tujuan kemana, naik apa, namun karena saya sudah beli tiket jadi lebih tenang, karena jika belum beli tiket dan belum menentukan akan beli apa, pasti akan diikuti terus dan dibujuk rayu untuk naik bus sapu jagat, yang menurut informasi calo, yang bertugas sapu jagat malam itu yaitu bus Antar Jaya tujuan Solo, biasanya berangkat malam sekali, saya pun belum pernah mencobanya.

Langsung menuju agen
Lokasi agen berada di zona A, ini adalah foto denah agen pulo gebang bulan lalu1

dari arah busway, tadi lurus, agen sembodo berada di sisi kiri di zona A.

sesampai di loket agen, terpantau agen sedang sibuk melayani seorang penumpang yang baru saja memesan kursi, terpantau agen memencet denah kursi pada sebuah aplikasi di smartphone, terlihat canggih, namun sekaligus terlihat ribet, karena mungkin kalau salah klik juga merepotkan ya, apalagi bila koneksi internet terputus, atau server down, tentunya itu menjadi pilihan PO sendiri ya, ada kekurangan juga ada kelebihan, kelebihannya salah satunya untuk menghindari agen nakal yang menjual kursi double, pemandangan ini berbeda dari beberapa tahun yang lalu yang biasanya para agen bus masih menggunakan gambar di kertas.

Setelah cek in, Kemudian saya diberikan selembar amplop yang berisi tiket dan kartu nama berisi nomor agen yang bisa dihubungi.


selesai cek in, saya dipersilahkan naik untuk menunggu di pintu 5, ternyata rencananya jika penumpang sudah siap, nanti bus akan berangkat jam 19:00 WIB, maju satu jam dari jadwal. Saya pun Sholat Mahrib dulu di lantai dasar.

Sholat mahrib dulu
Sholat mahrib di lantai dasar, ada juga penitipan dengan biaya seikhlasnya.

Foto-foto agen bus
Sembari menunggu bus, saya sempatkan foto-foto agen dulu PO PO baru yang belum sempat saya coba fasilitasnya.
ini ada Mayora Trans keberangkatan agak siang jam 16.00 WIB, juga ada foto nomor agen yang bisa dihubungi


Agen Ranajaya


Agen Agung Sejati



Cek in kedua (lagi)
jadi sebelum naik ke ruang tunggu pemberangkatan, ternyata harus antri lagi untuk cek in di loket milik Dinas Perhubungan, entah ini untuk apa fungsinya selain hanya untuk membatasi hanya penumpang yang naik dan mendata jumlah penumpang yang naik PO tertentu. Karena jika untuk statistik, realitanya juga tidak dipakai juga, contoh gampangnya sampai di ruang tunggu terpantau jumlah kursi terpantau masih relatif kurang dibandingkan dengan jumlah calon penumpang, karena masih banyak yang menunggu di teras luar. Meskipun mungkin saja yang menunggu di luar itu memang karena ingin merokok, tapi pantauan secara umum jumlah kursinya masih bisa dibilang tidak seimbang.


Menunggu di ruang tunggu
Ruang tunggu cukup nyaman, ber AC, dengan pembatas dengan area luar berupa kaca, desain kaca sebenarnya memudahkan penumpang memantau dan menikmati bus apa saja yang datang, namun terpantau saat ini kaca sudah diberi stiker yang menutupi pandangan, karena mungkin saja jika siang tanpa stiker akan terlalu panas. Jdinya jika ada bus datang, beberapa penumpang harus mendekat dulu mengintip di sela stiker kaca bus apa yang datang. Beberapa penumpang menunggu langsung di teras.

Jam 19:00 WIB Bus datang juga


Bus menggunakan mesin Mercedez Benz sudah suspensi udara, jumlah kursi 26 kursi dengan okupansi penumpang saat itu sekitar 95 persen atau terisi 24 kursi. Ini adalah perjalanan hari sabtu, pertengahan libur nataru, untuk hari biasa entah terpantau berapa.

Model kursi terlihat cukup tebal, namun tunggu dulu ya, seperti pengalaman sebelum-sebelumnya, tebalnya kursi itu tidak selalu menjamin empuknya kursi, he he. Ini pendapat pribadi saja, bisa saja berbeda, jadi menurut saya tingkat keempukannya masih tidak sebanding dengan ketebalannya, bisa dibilang keras.

Fasilitas yang lain adalah footrest model meja. Jika postur tubuh 160 cm, jenis footrest seperti ini biasanya cukup lega, namun untuk ukuran tubuh seperti saya 165 cm, masih tidak bisa maksimal di bagian kaki, kaki harus menekuk karena mentok di depan, padahal saya berada di deret tengah ya, ditambah lagi ternyata konfigurasi footrest meja ini memaksa kursi tidak bisa reclining penuh, hanya boleh sedikit saja, atau bisa dikatakan non reclining seat, mengapa? karena menurut kru, jika reclining seat penuh, akan mengganggu penumpang di belakang. Jika di Rosalia Indah relining seatnya sudah dikunci tidak bisa rebah, di Sembodo ini masih belum dikunci, yang memaksa kru mengingatkan penumpang yang merebahkan kursinya.


fasilitas yang lain bisa lihat catatan paling bawah.
Kru yang bertugas sampai 3 orang, sopir, kernet dan pramugari.

Jam 19:00 WIB berangkat
setelah berangkat kru membagikan snack berupa roti, akua mini, dan permen. Selain itu ada juga pengumuman melalui pengeras suara perkenalan nama kru, dan pengumuman lainnya, pengumumman yang nyeleneh yaitu tidak boleh menutup AC, karena bisa menyebabkan pengembunan, mungkin desain pembuangan air AC di bus ini yang masih perlu ditinjau lagi.


20:35 WIB
Mampir rumah makan km 102, istirahat 30 menit, on time, sesuai kebutuhan, tidak terlalu lama, juga tidak terlalu cepat. disini penumpang menukarkan kupon yang tadi diberi untuk disobek, jadi tidak discan, karena kupon saya hilang entah dimana, saya tunjukkan saja kupon elektronik dari whatsap sebelumnya.

Menu yang disajikan di restoran KM 102 menurut saya rasanya relatif lebih enak, bumbu lele goreng juga pas menurut saya, teksturnya tidak terlalu keras, pas empuknya.



21:10 WIB
Perjalanan dilanjutkan kembali, saya pun duduk kembali ke kursi semula, kru mulai menanyakan akan turun dimana, saya menginfokan turun di Terminal Tirtonadi, kru pun mencatat di selembar kertas.

bagaimana sensasi duduk di kursi model seperti ini?
untuk postur tinggi saya 165 cm, kaki masih belum bisa selonjor, karena mentok kursi di depan, sebenarnya bisa diakali dengan reclining full, namun tidak bisa karena bisa mengganggu penumpang belakang saya, selain itu joknya juga relatif tidak sebanding dengan ketebalannya, jadinya walaupun bus sudah suspensi udara, ternyata masih belum cukup untuk membuat saya tidur nyenyak.


Pembawaan sopir
pembawaan sopir ternyata cukup nyaman, tidak ngebut jadinya sebenarnya cocok untuk istirahat, namun masih belum bisa karena kombinasi kursi itu tadi.

03:00 WIB
Kebablasan sampai di Sukoharjo
Waktu tempuh cukup cepat juga, karena 8 jam saja Jakarta Sukoharjo, sudah termasuk istirahat makan di KM 102.
(Sebenarnya saya turun di Tirtonadi, namun karena tidak diberitahu saat sampai, jadinya kebablasan sampai Sukoharjo, padahal saya juga tidak tidur, hanya merem saja, ternyata masih bisa kebablasan juga ya ha ha, Pandangan luar pun pagi itu juga tertutup embun AC.)

Mencari Angkutan Umum ke Solo pagi hari masih sulit
Jam 3 pagi dari Sukoharjo menuju Solo masih belum terpantau ada angkutan umum yang lewat, angkutan umum yang terpantau hanya bus-bus AKAP arah selatan saja, dari Solo ke arah Wonogiri saja, terpantau juga bus Sumber Selamat Sugeng Rahayu yang juga lewat, tapi lagi-lagi arahnya menuju Wonogiri. Tidak ada satupun angkutan yang menuju arah Solo, Pesan Gojek pun juga ternyata belum ada yang mulai beroperasi di jam 03 pagi,

namun tidak seperti angkutan umum, pedagang pasar dan ojek ternyata sudah bergeliat pagi itu.

04:00 WIB Baru Ada Gojek
Akhirnya, setelah beberapa kali gagal pesan, dan setelah menunggu 1 jam, ada satu gojek yang mengambil pesanan saya dan bisa mengantar saya ke Terminal Tirtonadi yang berjarak kurang lebih 16 kilometer. Biaya Gojek Rp.28.000,- itu sudah dipotong Rp.15000,-, dari ongkos asli Rp.40.000 an.

04:30
Sampai di Terminal Tirtonadi, menuju pintu barat, ternyata kondisinya terlihat sudah mulai kumuh.
di ruang tunggu pintu barat, terpantau pintu sudah tidak terawat, berbeda sekali dengan dulu ya, saat baru dibuka, masih ber AC, masih ada petugas kebersihan, saat ini seperti sudah tidak terpakai.

jadi kemungkinan besar saat ini, ruang tunggu penumpang arah barat, geser ke selatan, tidak disini lagi.

Terpantau Bus AC Lux Safari Solo Semarang diberangkatkan pukul 04:30 WIB pagi.





Sembodo S 905
fasilitasnya apa saja?
AC
Toilet
Bantal Selimut
Tanpa Leg rest
footrest model meja
Colokan USB
Meja makan
Seat 26
Ruang Rokok
Kopi dan air panas
Snack berupa Roti, akua mini, dan permen
Makan 1 kali
Sudah air suspensi

Kelebihan
++ suah suspensi udara
++ pembawaan sopir tidak terlalu kencang
+ menu makananya enak
+ kualitas selimut beludru bagus karena efektif menghalau dinginnya AC
+ setelah AC pas, tidak terlalu dingin

kekurangan
- non reclining seat, jika kursinya bisa reclining seat pun akan dilarang kru, karena dianggap mengganggu belakang
- jika akan turun, harus memantau sendiri sampai mana, karena tidak akan dibangunkan jika sampai tujuan.
- masih terlihat minyak di piring makanan
- bantal menurut saya tidak terlalu dibutuhkan

terima kasih segenap kru angkutan umum dan para pembaca sekalian

1https://myspacenote.blogspot.com/2023/10/gagal-naik-sant-gold-akhirnya-naik-bus.html

Monday, December 18, 2023

Cara Memakai Raket Nyamuk



hasil scan tulisan label sebuah raket nyamuk menggunakan google search image, setelah hujan beberapa waktu lalu, ternyata menyisakan genangan air yang menjadi sarang nyamuk, entah selokan mana yang mampet, yang jelas populasi nyamuk saat ini bisa dikatakan sedang tinggi, saya kemudian membeli raket nyamuk seharga Rp.60.000,- lebih mahal Rp.10.000,- dari servis raket nyamuk yang lama kareka ganti baterai di tukang servis elektronik.

DIPIMPIN
ROKET
KACANG POLONG
NYAMUK
Karakteristik Produk 1
Dapat membunuh nyamuk atau serangga lainnya, dilengkapi dengan lampul.ED untuk penggunaan malam hari.
Baterai isi ulang berkapasitas 500 mAh, dapat diisi ulang hingga 500 kali.
Dilengkapi dengan saklar pengamanan.
Voltage pengisian AC
100-240V/50-60 Hz dan menghasilkan voltage 3000V saat bekerja.
Dilengkapi lampu LED yang dapat bekerja hingga 50.000 jam, hemat energi, dapat bekerja hingga 10 jam
. Dengan jaring sera 3 lapis, jaring lebih rapat sehingga serangga mudah ditangkap dan tidak lolos.
Produk akan terbebas dari aliran listrik setelah dimatikan dalam 3 detik.
Dapat digunakan dengan nyaman, untuk membunuh nyamuk atau serangga, di dalam atau
d luar ruangan, tidak berbekas, tidak berpolusi.
Petunjuk penggunaan:
• Pengisian pada AC 100-240V/50 60Hz memerlukan waktu hingga 6 jam. Dan lakukan pengisian 2-4
jam saat akan menggunakan pertama kali.
Dorong tombol ke "" atau lalu tekan dan tahan tombol lampu indikator akan menyala dan jaring akan
dialiri listrik.
Perhatian
Saat bekerja jaring terisi tegangan tinggi jangan disentuh.
Jangan menggunakan dekat tempat yang mudah terbakar, atau gas,
Matikan pada saat tidak digunakan.
Saat bateral mulai habis, tidak dapat membunuh nyamuk. Lakukan pengisian, Lama pengisian maksimal
6-8 jam. Dan lakukan pengisian berkala setiap 2 bulan sekali jika produk tidak digunakan.
Jangan menggunakan kain bassh untuk membersihkan jaring.
⚫ Jaring tidak akan bekerja maksimal saat basah. Keringkan dengan hair dryer sebelum menggunakan.
Hanya untuk penggunaan di dalam ruangan.
Jangan mengayunkan terlalu keras, dapat merusak elektronik produk.
Harap ikuti petunjuk pemakaian dengan seksama.
Didistribusi oleh:
PT.LUBY INDONESIA, JAKARTA
Made in China

Sunday, December 17, 2023

Cara Buat Curve ETS 2 Cara Fix Model ETS 2 Gosong Belang Belang


Selamat siang semuanya, kali ini saya akan share cara membuat curve dan cara memperbaiki model di ETS 2 yang gosong seperti tampak pada gambar, curve ini merupakan model ETS2 yang biasanya bentuknya memanjang, seperti pagar, tembok, bangunan, dan lain sebagainya, ada baiknya, sebelum membaca tutorial ini, memahami dulu tutorial import export model di blender, karena catatan kali ini merupakan langkah setelah import model ke blender. bagi yang belum membaca tutorialnya, silahkan saja cari sendiri tulisan saya dahulu mengenai import export model ETS dengan mengklik link di bawah. Bila belum paham silahkan dibaca ulang saja sampai paham, namun bila masih belum paham bisa ditanyakan di kolom komentar bagian mana yang belum paham.


Cara Membuat Curve
pahami dulu cara import export model di blender
pahami dulu apa itu part di blender
buat part,
identifikasi part

Cara identifikasi part yang pertama yang paling gampang adalah meng-import curve model bawaan scs lalu kita ikuti mana start, mana center, mana end, atau juga menggunakan cara kedua, yaitu dengan melihat catatan saya di bawah ini

Cara identifikasi kedua mana yang menjadi start, center, dan end di blender, dimana start kalau di editor map ditandai dengan node berwarna merah, dan end berwarna hijau.
di aplikasi Blender Arah hadap kita adalah -x
kiri adalah start, center di tengah, dan end di sebelah kanan
buat model
lalu masukkan modelnya ke dalam part

export model

buat file def
file def biasanya terletak di alamat def/world/curve.model.sii, buka menggunakan notepad plus plus
di bagian dalam kita tentukan kodenya mengikuti kode default, hanya diubah ID dan nama partnya saja, tanpa mengubah strukturnya, contohnya kurang lebih sebagai berikut:
...
curve_model : curve.idmasingmasing
{
name: "nama curve terserah apa saja"
model_desc: "/...alamat file pmd.pmd"

variation[]: "var1 | center : 1.0"
overlay[]: "center | end1 : 1.0"
start_part[]: "start"
end_part[]: "end"

variation[]: "var2 | center2 : 1.0"
start_part[]: "start"
end_part[]: "end"

variation[]: "var3 | center3 : 1.0"
start_part[]: "start"
end_part[]: "end"
...

sedikit penjelasan def di atas
setiap variation ada start_part dan end_partnya, terserah apakah mau diisi atau tidak, tinggal mengikuti format bawaannya saja.
kode di atas juga ada tulisan
overlay[]: "center | end1 : 1.0"
overlay ini maksudnya part "end1" ini bakal muncul di part "center" di kedua sisi, di pinggir part "center", jadi satu part "center" akan muncul dua part bernama "end1".





Cara Fix Model ETS 2 Belang
Model belang ini muncul saat masuk di simulator ETS 2, dimana kemunculannya terjadi begitu saja, padahal tampilan di Blender awalnya tidak muncul belang, namun setelah kita export dan kita panggil menggunakan def, belang muncul begitu saja di editor map/simulator, munculnya pun di bagian yang tidak kita inginkan, misalnya malah muncul pada model yang rata, sehingga malah menjadi aneh seperti contoh di gambar ini, terlihat permukaan tembok yang seharusnya rata, muncul belang bayangan seolah tidak rata. Hal ini disebabkan karena proses edit mengedit di Blender tadi, seperti saat meresize, memotong, dan sebagainya.

nah bagaimana cara memperbaikinya? berikut ini saya tuliskan caranya, sekaligus sebagai pengingat saya sendiri agar tidak lupa, karena sesuai hadist, ikatlah ilmu dengan menulisnya, jadinya biar tidak lupa juga, seperti biasa saya tulis saja disini.


cara ini sebenarnya sudah bertebaran di internet, namun seperti biasa masih terbatas dalam bahasa Inggris, dan biasanya bila kita tidak paham Bahasa Inggris tentunya akan susah mencari kata kuncinya, karena kalau kita hanya menggunakan translate saja, misalnya kita translate belang ke bahasa Inggris, malah muncul stripped, dan yang muncul bukan tutorial yang kita butuhkan, atau misalnya juga kita search gosong dalam bahasa inggris di-translate-kan sebagai burnt maka juga tidak muncul tutorial yang kita butuhkan, padahal ternyata ini hanya masalah bayangan atau shading, saya sendiri kemarin malah memasukkan kata kunci "fix mesh blender", sehingga nemu tutorial di youtube1. meskipun tidak ada tutorial yang spesifik menjelaskan langsung ke ETS 2, adanya hanya tutorial yang menjelaskan kemunculan belang di Blender saja, setidaknya cara ini bisa kita pakai untuk memperbaiki model gosong di ETS 2, karena memang sudah saya praktikan sendiri, dan ternyata berhasil.



Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
0 Ubah menjadi object mode
0a Klik model yang ingin kita perbaiki, memang harus kita kerjakan satu-satu per piece
1 Klik logo gambar obeng
2 Add modifier, pilih modifier weight normal
3 Ubah Weight menjadi 80
4 Cek list Keep Sharp
Lalu Apply

lalu lakukan pada object/piece yang lain.

Update 16 Agustus 2024
https://blenderartists.org/t/strange-surface-normals-how-do-i-recalculate/695945
Ada lagi cara yang lain, namun sudah saya coba dan ternyata masih belum berhasil, berikut kutipannya
I had the same Problem with imported Geometry from another program. Thought I could share another solution for this if anyone stumbles across this thread and has the same problem but is intending to use Auto Smooth. Go to Data Properties → Geometry Data and click “Clear Custom Split Normals Data” This should fix the Shading even with Auto Smooth activated






sumber : 1https://youtu.be/Hecjzu-8Ukk?si=FhqfCaM10E1O7lEr


Reviu Tempat Jogging Setu Babakan


Selamat pagi semuanya, kali ini saya akan reviu lagi tempat jogging di Jakarta Selatan, tepatnya di Jagakarsa, lokasinya berada di sekeliling Setu Babakan, ada yang mengatakan masih ada jalur tanah, ada yang mengatakan jalurnya nyaman buat joging, dan lain sebagainya, kali ini akan kita lihat langsung seperti apa ya?, silahkan simak terus tulisan di bawah ini.






Lokasi Setu Babakan
Lokasinya di Jagakarsa Jakarta Selatan, bila belum paham silahkan saja tanya GPS berjalan alias tanya orang pinggir jalan, atau bisa juga langsung mencari dari smartphone yang sudah terinstal google map

.
Pintu masuk dari mana?
Saya naik sepeda motor menuju Setu Babakan, oleh GPS diarahkan masuk melalui samping Pom Bensin Jalan M Kahfi, ternyata jalur masuknya melewati pemukiman penduduk, dan sempit, jalurnya hanya muat satu mobil saja, kalau papasan mobil sama motor pun, motornya harus minggir ke halaman rumah warga saking sempitnya, Jika memakai mobil, memang sebaiknya bertanya langsung orang di sana, dimana bisa parkir mobil, kemungkinan nanti akan diarahkan melalui sisi selatan Setu.

Parkir dimana?
Jika memakai roda dua, Lokasi parkir ternyata bisa bebas dimana saja, sepanjang Setu, ya karena memang pengunjungnya relatif sedikit, jadi tidak diperlukan pengaturan lokasi parkir.

Keramaian pengunjung
Pagi hari di hari minggu saya datang sekitar jam 06:30 WIB, untuk seukuran tempat joging dengan kondisi sedemikian rupa di hari minggu, menurut saya masih terlalu sepi, menurut saya seharusnya tempat ini sudah sangat bisa dimanfaatkan penduduk sekitarnya untuk olah raga.

Fasilitas?
Fasilitas yang terpantau ada penjual makanan, minuman, toilet, mushola, persewaan perahu air, tempat parkir, jalur joging yang jauh dari keramaian kendaraan, pohon yang teduh.


Reviu Rute lari
Sekarang kita masuk ke inti tulisan ini, yaitu reviu rute joggingnya, Menurut saya rutenya nyaman buat jogging, karena jauh dari keramaian kendaraan, jarak satu putaran Danau sudah berjarak 5 kilometer, bagi saya jaraknya cukup dan pas sekali sesuai jarak lari saya yang juga 5 km. Sepanjang rute juga sudah banyak pohon yang rindang yang membuat sejuk dan tidak panas, namun bagi yang pengen panas panasan mencari Vitamin D, ada beberapa spot sinar matahari yang tersedia.


Kekurangan yang perlu diperbaiki?
Memang reviu google yang mengatakan masih ada jalur tanah, saat saya berkunjung ke sana, terpantau masih ada. Ada baiknya perlu diperbaiki beberapa hal sebagai berikut.
Hanya perlu perbaikan sedikit di bagian track lari, karena sebagian jalur walaupun sudah ditata paving block, masih terpantau ada yang sudah hancur paving blocknya, sehingga track-nya ber-geronjal kembali, kemungkinan besar karena jalurnya juga dilewati mobil, jadinya wajar sekali cepat rusak. Padahal rute jogging seperti ini menurut saya, cukup membutuhkan lebar 3 meter saja, jadi, alangkah baiknya jalur kendaraannya dipisah saja dengan rute joging agar tidak cepat rusak.

Bagi saya sendiri, kondisi tersebut sebenarnya masih bisa diterima, dan tidak terlalu menjadi masalah, karena terjalnya jalur terpantau masih bisa diantisipasi dengan memilih jalur yang rata, selain itu tidak ditemui jalur yang becek dan jalur yang terjal dan ekstrim. Kembali lagi, namanya pendapat bisa berbeda-beda ya, bagi orang lain, mungkin saja hal-hal seperti itu masih menjadi bahan keluhan, karena mungkin saja ada yang joggingnya dengan kecepatan tinggi, jadinya membutuhkan jalur yang benar-benar rata.

Kondisi rute bisa dilirik pada gambar-gambar di bawah ini.

di sisi utara Setu, pinggir kanan ada penjual bubur, kopi, roti, dan minuman.


ini rute paling barat, mentok puter balik, disitu terlihat ada sungai yang menjadi muara Setu Babakan, sungainya bukan sungai yang besar dan lebar, sedangkan untuk jalurnya terlihat seperti di gambar, seperti sudah rusak karena kemungkinan dilalui juga mobil dan truk.




ini rute bagian selatan sebelum muter, terlihat cukup rindang, dan banyak penjual di pinggir Situ Babakan, kalau disini, jalurnya masih relatif lebih halus




disini ternyata ada juga persewaan perahu wisata dengan ongkos Rp.8000,- anak anak, dan Rp.10.000,- dewasa.



Fasilitas lain-lain yaitu rumah adat betawi beserta isinya, namun saya saat itu tidak mengunjungi, juga ada penjual kerak telor yang pagi itu masih belum buka.






Rincian Real Paket XL Saat ini


Selamat pagi semuanya, kali ini saya akan menulis lagi rincian perhitungan sebenarnya paket XL yang kita dapat berapa rupiah per Giga Byte, apakah sama seperti di label?, ataukah kurang? atau malah lebih?, Karena terkadang bahasa iklan memiliki syarat dan ketentuan yang bisa saja realnya jadi berbeda dengan di label. Silahkan simak terus tulisan di bawah ini. Kali ini saya beli langsung di counter handphone terdekat, tidak membeli online seperti sebelum-sebelumnya.


Pembelian pertama
Update lagi beli lagi XL 39 GB seharga 85K langsung ke kounter hpnya langsung, atau Rp.2180,- per GB, namun keuntungannya yaitu bisa langsung dipakai tanpa harus menunggu berhari-hari.

Pembelian kedua
Pembelian seharga 85K di Counter dengan label 39 GB, apakah kuota yang didapat seperti yang di label? mari kita bedah satu persatu
Pembelian perdana, seperti biasa saya aktifkan dulu nomornya menggunakan KK dengan mengirim SMS ke 4444, barulah setelah nomor sudah aktif, muncul notifikasi SMS, bahwa paket Kuota sudah aktif. Sya pun mengecek di aplikasi My XL, dan didapatla hasil sbb:

dapat kuota utama 23 GB
Nelpon 5 menit
Kuota Lokal 9 GB
Masa Aktif 1 Bulan
Kuota bonus 50 MB/hari
Bonus Pilihan Kuota Youtube 13 GB (Ini pilihan yang saya ambil)
Kuota pelanggan baru area A 2 GB
Kuota pelanggan baru 5 GB

Kesimpulan
jadi bila kita hitung realnya harga per GB, harganya menjadi sbb:

jika saya tidak mengambil bonusnya
85K/39 GB=Rp.2.179,-

jika saya ambil kuota bonus youtube
85K/52 GB=Rp.1.634/GB

satu lagi
jika saya mengambil pilihan bonus kuota internet 8 GB, maka harganya akan menjadi
47 GB/85K=Rp.1808,-/GB


Pembelian ketiga 26 Desember 2023
Paket tertera Rp.80.000/34GB
Realitas Rp.Rp.80.000/43.01 GB atau Rp.1860,-/GB

Rinciannya
Kuota utama 20GB
Kuota Lokal 5GB
Kuota Youtube 10GB (Optional)
Kuota Pelanggan Baru 2GB (Optional)
Kuota Pelanggan Baru A 5GB (Optional)

itulah gambaran hasil perhitungan real paket XL saat ini.

Sunday, December 10, 2023

Cara Gampang Membuat Terrain Profile SCS


Berikut ini saya tuliskan langkah gampang membuat terrain profile di ETS 2, Terrain itu seperti apa? Terrain gampangnya bagaimana relief/profil tanah di kiri kanan sebuah jalan, apakah ada jurang, bukit, selokan, dan lain sebagainya (tentunya kalau sudah paham bahasa inggris tidak perlu saya tulis disini ya, karena kalian bisa gogling sendiri translate-nya apa itu terrain). OK Back to the laptop, Sebenarnya cara ini tidak terbatas pada ETS 2 saja, namun mencakup semua editor map
besutan SCS, haulin, UKTS, ETS 1, ETS 2, ATS, GTS, dan lain-lain. Mungkin saja ada yang sudah mengetahui, namun ada juga yang belum, mungkin saja ada yang sudah mencoba membuat, namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan, terrain profile ini tidak perlu memiliki ilmu modeling di blender, karena hanya membutuhkan editor di file def-nya saja, nah untuk lebih mudah memahami cara kerjanya bagaimana, silahkan simak terus tulisan di bawah ini.


Alat dan bahan
Simulator ETS 2
Notepad Plus Plus
SCS Extractor


Cara umum
Bagi yang masih awam belum tahu apa-apa silahkan googling saja tutorial awal berikut ini, bagi yang sudah paham bisa langsung diskip saja, langsung menuju cara khusus
instal game ets 2 bisa menginstal dari tani atau dari pembelian di steam
cari folder basenya, tergantung dimana kalian meng-instal-nya
ekstrak file def ets menggunakan scs extractor
buka folder def



Cara khusus
buka file def/world/terrain_profile.(namaID)
di dalamnya akan ada semacam tulisan step dan height, ternyata setelah saya selidiki, ada cara mudah untuk memahami angka-angka tersebut diaplikasikan di editor map.

langsung saja untuk memahami angka angka di dalam def, langsung saja lihat gambar di bawah ini,

gambar sebelah kiri angka-angka defnya yang sudah saya sesuaikan kelompoknya agar lebih mudah dibaca, karena bawaan scs bagi saya sulit dipahami, sedangkan gambar sebelah kanan adalah hasil dari angka-angka dari def tersebut yang sudah saya hubungkan dengan garis berwarna kuning.

untuk cara bacanya
baris 1526 berisi tulisan height[]: 0 ini artinya ketinggian 0 meter pada titik di gambar vertex

kemudian dilanjutkan membaca def lagi di baris berikutnya

baris 1528 step[]: 1 artinya maju satu langkah/satu meter ke arah luar/menjauh dari jalan
baris 1529 height[]: 0 kedalaman 0 meter
artinya maju satu langkah 1 meter dengan kedalaman 0 meter, dari titik sebelumnya

jadi ternyata dimulai dari titik vertek kedua ya ternyata.

berapa jumlah step dan height yang diperbolehkan?
sedangkan berapa jumlah step dan height? kita ikuti saja jumlah bawaan scs saja, jangan ditambah ataupun dikurangi, karena kalau ditambah atau dikurangi, malah tidak terdeteksi di editor map. kita hanya mengubah angka nilai jarak langkah dan kedalamannya saja
myspacenote.blogspot Desember 2023
Update 14 Juli 2024
gambar sudah diperbaharui dengan yang lebih jelas.

Friday, December 8, 2023

Sekilas Info Cara Membuat Mixing Lagu


copas curhatan musisi menghadapi netizen, meskipun curhat, tapi ternyata ada informasi baru bagi saya cara membuat semacam mixing lagu, ternyata begitu caranya ya, yang penasaran bagaimana silahkan baca terus tulisan di bawah.

Orang2 mengira, dengan kecanggihan teknologi jaman sekarang, bikin lagu jadi segampang ngedit video di capcut atau tiktok. Ini yg selalu meracuni pikiran orang2 awam sehingga mereka serampangan bikin opini2 konyol di internet.
6 tahun lalu saya membuat channel Youtube yg berisi tutorial2 dasar cara membuat musik. Saya juga menjual produk2 kursus/e-course tentang music production selama 5 tahun. Saya sudah berusaha membuat penjelasan yg mudah dimengerti dan santai. Saya selalu katakan bahwa semua orang bisa membuat musik. Belajarlah pelan2. Step by step. Tapi nyatanya apa? Banyak orang yg pada akhirnya menyerah. Menyerah karena apa? Karena ternyata bikin musik tidak segampang yg mereka kira.
Padahal itu baru level dasar. Belum lagi kalau kita bahas tentang kursus Mixing. Belum lagi bahas seri berikutnya tentang Music Theory (chord & melodi), belum lagi kalau kita membahas tentang Mastering. Ada lagi tentang Vocal Production dari awal recording sampai aransemen sampai akhir. Ini bahkan kita belum menyentuh sama sekali tentang Sound Design.
Kenyataannya, teknologi cuma keliatannya doang bikin segalanya jadi gampang. Tapi pada praktiknya.... sama aja susah! Teknologi hanya memperingkas hal2 teknis yg dulunya ribet dan memper-murah segala hal yg dulunya mahal. Contohnya, jaman dulu kalau anda ingin memotong hasil recording, anda harus menggunting pita. Tapi jaman sekarang, sudah ada software DAW. Kalau ingin memotong hasil recording, tinggal blok lalu hapus.
Teknologi Mixing, jaman dulu orang2 mixing pakai mixer besar. Harus geser2 kursi untuk mengatur track yg jauh. Tapi setelah software DAW makin canggih, anda tidak harus lagi beli mixer seharga rumah. Mixernya sudah ada di komputer. Gak perlu geser2 kursi lagi. Lha terus teknik mixingnya bagaimana? Ya tetap anda pelajari sendiri! Teknologi cuma membantu pengadaan alat menjadi lebih murah. Untuk seni mixing, tetep anda yg harus belajar sampai pusing2.
Teknologi recording. Apa di jaman sekarang recording vokal pakai robot otomatis? Ya enggak lah. Anda tetap saja disuruh pasang mic, nyari posisi dan ruangan yg pas, mikirin chain recording dan kemudian nyanyi! Terus kalau Autotune? Autotune jangan dikira bisa memperbagus suara. Jangan dikira suara jelek setelah masuk autotune bisa langsung jadi bagus. Ini hoax abadi yg terus2an disebarkan. Bahkan Pitch Correction pun tidak bisa menyelamatkan suara anda. Pitch Correction hanya memperbaiki ketepatan pitch. Kalau suaramu ngampas, walaupun dibenerin ya tetep ngampas. Terus gimana dong? Ya ujung2nya kita harus latian vokal bertahun2 untuk mendapatkan tone, energi, dan feel yg terbaik.
Terus recording drum gimana? Apakah sekarang ada robot otomatis untuk mengatur mic drum? Gak ada! Namanya recording drum dari jaman Led Zeppelin sampai sekarang ya tetep aja, sama2 soro! Tetep aja kamu harus pasang mic, eksperimen nyari sound, sampai ndlosor2 pasang mic di kick, pasang mic room dan segala macam hal soro lainnya. Nah kan jaman sekarang ada VST Drum? Sekarang kita mau ngomongin drum asli atau drum machine? Kalau drum machine sih dari jaman Queen dan Michael Jackson juga ada. Tapi walaupun drum machine, mereka tetap harus bikin pattern, mikirin perpaduan sound dan segala macam. Sama kayak VST Drum jaman sekarang. Anda tetap harus bikin pattern, ngatur velocity, ngatur detail sound, dan ujung2nya mixing drum. Nah tapi kan ada groove? Nah ini....
Groove, midi chord pack, loop, orchestrator adalah "Session Player" versi hemat di jaman sekarang. Apakah anda mengira musisi di jaman dulu gak pakai session player? Wah...salah besar. Musisi jaman dulu yg tergabung di label besar, diberikan modal banyak untuk mendatangkan session player yg mereka inginkan. Kalau bisa begini ya uenaak. Tinggal nyuruh aja udah jadi tuh bagian drum, gitar, piano, orchestra, dll. Jadi kalau mau bahas sistem kerja instan, dari dulu pun ada. Tapi itu kan dulu. Jaman sekarang yg gak punya duit ya terpaksa pakai groove, loop, dll. Itupun juga harus diedit2 dulu biar pas dengan musik yg kita bikin. Ujung2nya, skill lagi!
Trus mau teknologi apa lagi? Teknologi music generator? Haduh..Teknologi AI Music Generator hingga hari ini hasilnya masih belum bagus. Masih banyak yg miss. Itulah sebabnya orang2 tetap bikin musik pakai manual.
Nah terus yg gampang apa dong? Yg gampang ya bikin musik jelek/asal2an. Tinggal tempel aja kemudian langsung render. Tapi kalau kita ngomongin industri, ngomongin tentang rilisan serius, karya yg merupakan representasi ciri khas atau karakter sendiri... maka tetap saja, skill musik dan skill teknis sangat dibutuhkan!
Hal2 seperti inilah yg tidak diketahui orang2 tua awam. Saya pun sebenarnya agak gatel ngomong kata "tua". Karena sebenarnya yg sering ngomong gini usianya masih sekitar 27-30an. Bayangkan, usia segitu saja sudah merasa tua. Padahal mereka ini masih muda. Otaknya masih kuat dan mampu untuk diisi berbagai informasi dan ilmu. Tapi mereka lebih memilih mengunci otak dan malah mengembangbiakkan kesombongan. Padahal sistem kerja otak kita ini mirip dengan sistem kerja AI GPT. Kalau dataset di otak kita minim, maka opini yg di-generate pasti akan ngawur. Ini yg terjadi pada mereka.
Maka dari itu, mari kita terus belajar. Berapapun usia kita, tetap isi terus otak kita dengan informasi2 baru. Kenali dulu musisi2 berkualitas di jaman sekarang. Pelajari dulu tentang music production, music theory, sistem kerja industri musik, perkembangan media, dll. Kalau anda tidak mau mempelajari ini semua, sebenarnya tidak apa2. Tapi minimal, jangan bikin kesimpulan yg konyol. Enggak belajar kok sudah mengambil kesimpulan. Lucu!
sumber https://web.facebook.com/wiyanasakti2/posts/pfbid02Et9PjVf8ddFBy9jwhHW3gMFzbDvn2kxvcwfr837hezB8H4RsuRE6pfWo18J7zkvAl

Thursday, December 7, 2023

Perjalanan Naik Angkutan Umum untuk Mengejar Kereta Api


Selamat malam semuanya kali ini saya akan mereviu perjalanan lagi menggunakan armada Bus, yang pertama bus Solo Semarang pada jam sepi penumpang, kemudian naik Trans Semarang pada jam pulang sekolah, perjalanan ini sebagai gambaran berapa lama waktu yang dibutuhkan saat kita harus mengejar Kereta Api, seperti apa kisahnya, silahkan baca terus tulisan di bawah ini.







Bus yang kunaiki ini adalah bus Royal Safari livery ombak hijau yang masih mempertahankan kaca single glass, menggunakan mesin Mercedez Benz, dengan kombinasi kursi 2 2 menggunakan model beludru, busnya ber ac, dari luar memang terlihat mulus, namun begitu masuk ke dalam, terpantau ada beberapa bagian yang dirasakan perlu diperbaiki, seperti bagian pintu yang sudah tidak rapat, dan juga bagian kaki-kaki yang berisik saat melewati jalan terjal. Namun itu sebenarnya bukan menjadi masalah serius untuk perjalanan jarak yang relatif dekat. Terpantau okupansi kurang lebih 25 persen saja dari kapasitas kursi. Tarif Solo Semarang saat itu terpantau Rp.50.000,-. Sedangkan tarif jarak dekat bisa dilihat pada gambar di atas. Sebagai perbandingan saja saat ini harga Premium 1 liter seharga Rp.10.000,-.

Rincian perjalanan
10:25 WIB
(Ngetem 10 menit di Pasar Ampel)
Bus Royal Safari sekarang menerapkan ngetem juga ya, padahal dulunya Royal sama Taruna itu rasanya tidak ngetem-ngetem seperti ini, kalau dulu pada jam pulang sekolah, jarang bus Solo Semarang yang ngetem, hal ini menandakan jumlah penumpang yang sedang turun karena semakin berkembangnya motor dan mobil pribadi yang masif/tak terbendung, orang dengan mudahnya membeli motor/mobil. Atau bisa saja karena memang sedang jam sepi penumpang ya, tapi dilihat dari penampakan bus, sebenarnya sudah cukup menggambarkan.

10:35 WIB
(Berangkat lagi dari Pasar Ampel setelah menaikkan 1 penumpang)

10:55 WIB
Tingkir, muter sekali tanpa ngetem, langsung berangkat lagi.

11:30 WIB
Bawen, masuk terminal, disini sempat ketemu Harapan Jaya entah arah barat atau arah timur,
Lepas Bawen Bus dipacu sedikit lebih cepat, karena memang sudah mendekati tujuan akhir Terminal Terboyo, jadinya tidak konsentrasi mencari penumpang, karena penumpang jarak dekat naiknya bus kecil.

12:00 WIB Terminal Ungaran
Turun di pojok, lalu menuju shelter Trans Semarang, Harga Tiket untuk saat ini sudah menjadi Rp.4000,-, sudah naik, terakhir saya naik sekitar tahun 2019 an saat menuju Kalibanteng harganya belum naik. Selesai bayar tunai, langsung masuk ke dalam bus, penumpang masih sepi, jadi bisa dapat tempat duduk, penumpang wanita terpantau berkumpul di bagian belakang, sedangkan pria di depan.

Terpantau armada ini menggunakan mesin truk Mitsubishi entah canter atau hino. biasanya sasis truk posisi mesinnya ada di depan, dan saat berjalan, jarak antar giginya pendek. Bus ini diisi 2 petugas, 1 bertindak sebagai sopir, satu sebagai kernet yang bertugas membantu sopir memberikan aba-aba, dan memastikan penumpang aman saat naik atau turun. Di bagian atas terpampang tulisan LED sampai halte mana, cukup informatif.

Pada jam 12 an siang ini, ternyata yang naik juga cukup banyak, didominasi oleh pelajar yang pulang sekolah. bahkan sampai berdiri.


12:45 WIB Turun di Halte Udinus untuk transit

disini saya harus turun, akan transit untuk menuju Stasiun Poncol, mencoba tanya ke petugas, ternyata kita diarahkan menunggu saja di pintu nomor III, menunggu bus arah Pelabuhan, dan enaknya, kita tidak perlu beli tiket lagi, asalkan masih menyimpan karcis yang tadi. Penumpang yang menunggu juga cukup banyak di halte ini. Entah ini sekilas petugas hanya menunggu di sisi selatan, sedangkan di sisi utara seperti tidak ada petugas, bisa saja ada yang menyelinap naik dari sisi utara ya, lalu langsung naik. Ini hanya pengamatan sekilas saja ya hehe.



Banyak bus bersliweran, namun belum satu pun bus yang saya tunggu datang, yaitu bus tujuan Pelabuhan yang berhenti di pintu III. Akhirnya setelah Kurang lebih 15 menit an, bus datang juga. Itupun datang setelah detik-detik saya sudah klik pesan gojek Rp.11K untuk sampai Stasiun Poncol yang jaraknya 1 kilometeran. yasudah saya batalkan saja gojek, lalu saya langsung naik bus.

Jalannya bus ternyata cukup sigap dan cepat juga ya, mungkin saja menyesuaikan penumpang yang biasanya naik untuk mengejar jam Kereta Api seperti saya. Namun namanya jalan di Kota, secepat-cepatnya kaki sopir, tetap saja kalah dengan yang namanya kemacetan, gas dalam, rem dalam, klakson, padahal hanya nempel di depan saja, tidak bisa nyalip. Gimmick saja agar seolah-olah memenuhi keinginan penumpang yang butuh sat set sampai tujuan.

13:02 WIB St Poncol
Bus hanya melewati satu halte untuk sampai di Stasiun Poncol, Sampai Halte Poncol, beberapa penumpang turun, termasuk saya. Saya langsung menuju mesin cetak tiket untuk mencetak tiket dengan mengetik kode booking. Selesai cetak, beli makan dulu bungkus, lalu langsung menuju ke dalam.

Pemeriksaan tiket masuk
Kereta api sekarang cukup menunjukkan tiket dan KTP saja, tidak perlu menunjukkan sertifikat vaksin.

Sampai di dalam 10 menit sebelum berangkat
saya sampai di kursi Kereta 10 menit sebelum keberangkatan, cukup mepet juga ya.






Saturday, December 2, 2023

Alur Cek Fisik Bantuan Part 2 Samsat Jakarta Timur


Selamat pagi semuanya, kali ini saya akan cerita lagi mengenai alur cek fisik bantuan di Samsat Jakarta Timur dalam rangka bayar pajak motor 5 tahunan, kenapa disebut bantuan? ya karena memang buat membantu saja kendaraan yang akan bayar pajak 5 tahunan, namun berada di luar kota plat asli, sebelumnya saya juga pernah melakukan cek fisik bantuan di tahun 2019 yang lalu1, namun ternyata sekarang alurnya sedikit berbeda ya, silahkan baca saja tulisan di bawah ini.


Lokasi Samsat
Pertama-tama lokasi samsat bisa bertanya pada orang di pinggir jalan atau mencarinya di google

Alur
Ambil tiket parkir
ambil tiket parkir di pintu masuk, dengan cara menutup sensornya agar kertas parkirnya keluar, terpantau harga parkir motor satu jam pertama Rp.4000,-, jam berikutnya Rp.2000,-, (hehe sebagai perbandingan ke depan.)

Menuju lokasi cek fisik bantuan motor
Langsung saja arahkan motor ke bagian belakang gedung, ikuti saja tulisan "cek fisik", nanti ketemu antrian motor yang banyak sekali.

Antri
saya datang sekitar jam 8 an, ternyata sudah banyak yang mengantri, antrian dibagi menjadi 4 lajur, kemudian menyempit menjadi 3 lajur, kemudian sampai di ujung menjadi 4 lajur lagi.


Cek Fisik
selesai antri kurang lebih 15 menit, sampailah kita pada petugas gosok rangka mesin, saat itu Petugas gosok yang melayani berjumlah 2 orang, melayani 2 lajur kir kanan bergantian, karena memang cara itulah cara tercepat, karena kalau satu lajur harus masih harus menunggu motor siap.
hari masih pagi, namun keringat kedua petugas bercucuran deras, menandakan pekerjaannya ternyata tidak sesimpel kelihatannya ya haha, hanya gosok rangka, namun ternyata harus menjangkau kolong motor, jadinya membutuhkan fisik yang kuat, ok back to the laptop,

Begitu sampai, saya langsung sampaikan keperluan, yaitu untuk cek fisik bantuan, petugas langsung sat set mengambil kertas, lalu ditempel di mesin, menggosok rangka motor tanpa bertanya di sebelah mana, karena sudah hapal.

. Terpantau untuk motor matic digosok di bagian jok dan satu lagi di bagian dekat roda depan, sedangkan motor saya, motor supra 125 DD, digosok dua kali juga, satu di bagian bawah mesin, satu lagi di bagian dekat roda depan,
selesai gosok, kertas tersebut dilekatkan pada selembar formulir dan diserahkan kepada kita.

Mendapatkan formulir
selesai cek fisik, kita akan dapat formulir semacam berita acara pengesahan cek fisik, motor kita bawa maju lagi.


Parkir motor
Kita parkir dulu di parkiran motor, lalu dilanjutkan ke gedung pengesahan.

Pengesahan Formulir
disini kita serahkan STNK dan formulir Berita acara cek fisik tadi, lalu menunggu giliran dipanggil nama.
bedanya dengan yang dulu1 ternyata kali ni saya tidak diminta memfoto kendaraan kita seperti dulu1, namun langsung diminta menunggu di ruang tunggu.

Menunggu panggilan
Menunggu di samping kurang lebih 15 menitan




Selesai
Begitu dipanggil, kita akan menerima STNK dan formulir tadi yang sudah disahkan.

kalau plat B bisa dilanjutka menuju gedung utama lantai 4 untuk motor, dan lantai 2 untuk mobil, sedangkan untuk plat luar jakarta seperti saya dilanjutkan dengan membawa formulir ini ke Samsat kota plat asal.




1https://myspacenote.blogspot.com/2019/10/alur-cek-fisik-bantuan-motor-samsat.html