Tuesday, June 15, 2021

RPM Berbagai Jenis Bus di Kecepatan 100 kmh


pic by Rifzy R
Saya Copast langsung dari fb sebagai pengetahuan saja, perbandingan rpm bus, jika dirasakan sama saja atau ada perbedaan silahkan berkomentar, pendapat ini bisa saja berbeda setiap orang, jadi tidak dapat disalahkan, karena ada yang yang penting sampai tepat waktu, yang penting bisa absen pagi, yang penting tidak berhenti lama di agen, yang penting sampai dan sebagainya, sampai yang unik-unik yang penting bisa melihat goyangan overa pantura apapun busnya, yang saat ini sudah punah.

Rifqy Roosdhani is with Lukman Mbregatz and 9 others

. Admin
· 8 tagSusJipouneo nargstlo oaricfe10dd:51fg ·
MENGAPA SEBAIKNYA NAIK PREMIUM BUS DI TOL YANG PANJANG
Tol semarang Jakarta yang panjangnya sekitar 444 km sangat membantu mempersingkat waktu tempuh Jepara-Jakarta PP. Namun, perlu diketahui dulu kelebihan menggunakan bus premium di jalan tol yang panjang tersebut. Premium bus mempunyai CC mesin rata2 besar, diatas 11.000, sehingga sangat kuat dan mumpuni digunakan untuk perjalanan nonstop di tol yang panjang.

Pengereman pada premium bus juga relatif lebih bagus. Dengan sistem pengereman yang menggunakan teknologi terkini (ABS, Brake Retarder, ECS, Hill Hold serta Cruise Control), pengereman menjadi lebih baik dan lebih aman. Sehingga penumpang akan merasa lebih aman.

Suspensi premium bus lebih stabil dan nyaman, penumpang lebih merasa nyaman karena bus nggak terasa limbung dalam kecepatan tinggi. Dengan air suspension yg sangat mampu menahan bodi dan interior bus beserta penumpangnya.
Berikut perbandingan speedometer bus yang ada di PO. Bejeu saat beroperasi.

Bus Premium Volvo B11R yang jalan pada kecepatan 100 km/jam, RPMnya hanya sekitar 1300 RPM pada posisi gigi automatic ke 12.
Bus Premium Scania K410ib yang jalan pada kecepatan 100 km/jam, RPMnya hanya sekitar 1500 RPM pada posisi gigi automatic ke 12.
Bus Mercedes Benz OH 1626 yang jalan pada kecepatan 100 km/jam, RPMnya sekitar 2000 RPM pada posisi gigi ke 6.
Sementara bus Hino RK 260 yang jalan pada kescepatan sama 100km/jam RPMnya sekitar 2300 RPM pada gigi manual 6.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap getaran mesin yang dihasilkan, handling driver dan performa jangka panjang mesin. Bisa dikatakan bahwa mesin Volvo jauh tidak "ngoyo" dibanding mesin Hino atau 1626.

Penumpang benar-benar merasa nyaman selama dalam perjalanan karena bus tidak terasa sedang dalam kecepatan yang cukup tinggi sesuai aturan jalan bebas hambatan.

Jadi... Demi keamanan dan kenyamanan anda di tol, sebaiknya pilihlah premium bus... 😊

Gunung Harta Kediri Denpasar



Gunung Harta Kediri Denpasar dengan mesin Mercedez Benz OH1626 Air Suspension dengan model HD Prime Laksana, bus ini aslinya adalah bus jurusan Jepara Denpasar, namun lagi diperbantukan mengisi rute Tulungagung Denpasar
Pemesan tiket melalui agen Kediri
Siap jam 13.00 di Tamanan, Namun bus belum tiba, beberapa bus yang terlihat Harapan Jaya jurusan Tuluagung Surabaya, Rosalia Indah, lalu ada juga 2 Gunung Harta lewat, bus bermesin Scania K410 ib wana hijau ternyata arah Jakarta.


13.30 WIB
Dari kejauhan bus berwarna merah yang berbeda dari warna biasanya, warna hijau tiba. bus datang jam 13.30, penumpang langsung naik lalu bus langsung berangkat lagi, tidak perlu berhenti lama, bus menyusuri Jalan Kediri sampai Braan, lalu lintas padat,
Sampai di Braan bus terus mengarah ke timur, mengambil penumpang di daerah Jombang, lalu terus berjalan ke timur arah Mojoagung, bus ini tidak melewati ringroad Mojoagung, namun tetap lurus mengambil penumpang di terminal Mojoagung. Selanjutnya bus mengisi bensin di daerah pertigaan arah Pacet Mojosari.

15.30 WIB
Sampai di pertigaan jalan yang mengarah ke Pacet, Mojosari, Bus berhenti sebentar di agen, disini ternyata Sopirnya ganti, ternyata sopir yang membawa dari Kediri tadi adalah sopir pengganti dan turun disini. Bus lalu melanjutkan perjalanan menuju Pasuruan melalui mojosari, bus ini memotong jalan daripada melalui tol, karena jika dilihat di peta, memang lewat tol malah lebih jauh ke arah Surabaya. Di jalan tembus ini cukup ramai dan sempit, sempat ketemu dengan bus Setiawan yang juga melewati sini, di jalur dua arah dengan jalur motor di kiri dan kanan sempat mengekor setiawan dengan body jetbusnya yang melibas truk-truk tebu yang berjalan pelan, truk tebu ini membawa muatan tebu yang melimpah yang dibawa menuju pabrik gula, aksi Blong-blongan goyangan Bus Setiawan tidak terekam jelas karena pandangan depan tertutup topi, sayang sekali model bus kekinian tidak mengakomodir kebutuhan penumpang yang ingin menghafal jalan atau yang ingin memenuhi kebutuhan pemandangan daerah yang dilewatinya.
Desain dengan topi ini juga cukup mengganggu khususnya dalam bus bumel, karena patokan gapuro, tulisan jalan yang dilewati jadi tidak terlihat dengan jelas, karena tidak semua orang hafal jalan, ada kalanya jika turun, dia hanya diberi tahu setelah lewat gedung ini, setelah lewat tulisan ini, model bus yang menyusahkan bagi mereka yang akan turun. Perlu ditinjau ulang model bus seperti ini.

Bus kemudian tembus di pintu tol Kejapanan, setelah pintu tol ini, bus Setiawan langsung diovertake oleh sopir kedua ini. Di tol Bus tidak digeber top speed, kecepatan hanya sekitar 90 Kmh on speedo, ada yang menarik disini, mana kala bus terpantau di speed 100 kmh on speedo, rpm menunjukkan 2000 Rpm, namun nyatanya Merc 1626 air sus tetap terasa nyaman.


17.00 WIB
Bus keluar tol Probolinggo Barat, selanjutnya masuk kota Probolinggo yang ramai, bus berjalan dengan santai. Ada kejadian uni, saat bus berhenti di lampu merah, asongan yang membuka pintu langsung ditolak oleh kernet, memang beda-beda pelayanan antar bus, kernet saat itu terlihat kurang fit, masuk angin, semoga tidak terjadi apa-apa.

Memang jam kerja arah timur ini kurang ideal, bus nanti sampai rumah makan sekitar pukul 21.00 malam, sebenarnya waktu ini adalah waktu mulai istirahat, bukan malah waktu makan, waktu makan seharusnya sekitar jam 19.00 WIB. Mungkin ini yang menyebabkan kernet ini kecapean.

Seperti biasa Perjalanan dari Probolinggo, Kraksaan, Paiton, sampai Rumah makan sebenarnya disuguhi dengan aksi blong di jalur sempit, namun karena model bus yang alay ini, aksi yang berkesan ini tidak dapat dinikmati, karena pemandangan depan tertutup, hanya disuguhi pemandangan aspal di bawah.

21.30 WIB
Sampai di rumah makan, disini juga disediakan rapid antigen dengan harga Rp75.000,- lebih murah daripada rapid sendiri. Setelah dicolok hidung, kita diminta menunggu kurang lebih setengah jam. saat rapid ini petugas meminta KTP yang tadi dikumpulkan kernet,saat menunggu ini, dimanfaatkan penumpang untuk makan dan sholat. Menu makan saat itu ada nasi, sayur dan lauk prasmanan, menggunakan kupon yang dibagikan saat turun.

22.00 WIB
Bus melanjutkan perjalanan, di atas bus, kernet membagikan hasil rapid dan KTP kepada masing-masing penumpang.

23.00 WIB
Bus sampai di pelabuhan Ketapang, bus memasuki kapal feri yang besar, bus berjalan mundur untuk masuk kapal feri, beruntung saat itu kendaraan sudah cukup sehingga begitu bus masuk, kapal feri langsung berangkat, tidak perlu menunggu lama. Saat itu penumpang beberapa tidak naik ke dek kapal, tapi tidur di dalam bus, karena jam seperti ini memang saat jam tidur. Inilah yang saay maksud Bus arah Timur ini memiliki jam kerja yang kurang layak, dimana seharusnya jam ini digunakan untuk istirahat, namun pekerjaan kernet harus disibukkan dengan berbagai macam, mulai dari membeli tiket feri, jadi tukang parkir dadakan, mengatur alur penumpang di pelabuhan, dan sebagainya, berbeda dengan kernet dan kru Bus Jakartaan, dimana dia bisa istirahat dengan nyaman, seharusnya disediakan kasur untuk kernet, minimal ada tempat untuk kernet istirahat, untuk saat ini memang bisa meniru bus-bus bertoilet tengah, dimana bagian dekat toilet tersebut bisa digunakan untuk istirahat kernet, contoh yang menggunakan metode ini adalah bus bus muriaan, Shantika, Bejeu, Haryanto. Ditambah kondisi saat ini pekerjaan kernet sering bertambah saat ada paketan barang,bukan masalah berat barang, namun jika lama-lama, begadang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, misalnya TBC.

00 WIB / 01.00 WITA
Feri bersandar di Pelabuhan Gilimanuk, Bus kemudian keluar dari kapal feri dan menuju parkiran pelabuhan, penumpang turun untuk diperiksa rapidnya dan diberi cap oleh petugas kesehatan pelabuhan.

Bus melanjutkan perjalanan menuju Denpasar, melalui rute yang berkelok dan sempit, sering bertemu truk yang berjalan pelan, dengan bekal sopir yang sudah hapal jalan, bus ini dengan lahap menyalip kendaraan walau di tikungan, analisis arus kendaraan adalah tentu jam dini hari seperti ini kendaraan dari lawan arah tidak akan bertemu bus, jadi Bus yang saya tumpangi kadang dengan pede melahap tikungan, dengan memanfaatkan celah pandangan ataupun ada tidaknya sinar dari lawan arah yang dilihat sopir.

Sempat hampir adu muka dengan truk besar karena jalan yang menanjak, jika kalian lewat jalur ini pasti kalian melewati jalan dimana ada gundukan, dan kendaraan dari lawan arah tidak terlihat, walau itu truk sekalipun, Sampai diteriaki ole

02.40 WIB / 03.40 WITA Bus masuk pool terakhir agen Cokro, ternyata pesen gocar masih ada yang mau, namun harus menunggu sekitar setengah jam, memang jika pesan gocar harus beberapa saat tadi sebelum bus sampai di Cokro agar tidak menunggu lama, untuk memperkirakan tiba kita dapat menggunakan gps di hp kita, inilah pentingnya GPS on Bus.

Kelebihan : Air Suspension Jauh Lebih Murah daripada naik mobil sendiri, Biaya Rapid yang lebih murah Kru tidak terlalu sering merokok Kekurangan Bus bertopi, menghalangi pandangan Belum menerapkan kursi social distancing, jadi masih merasa was-was Bus belum dilengkapi GPS, sehingga sulit memperkirakan kapan tiba di agen, harus bertanya agen yang tentu saja merepotkan Toilet rumah makan kotor

Thursday, June 10, 2021

Livery Haryanto 172


Livery Bus Haryanto versi koco jembar yang sangat nyaman dalam menunjang perjalanan dengan bus, walaupun sasisnya bukan premium, namun bila memakai kaca single glas ini akan tetap terasa berkesan jika naik bus, livery ini adalah inspirasi dari Bus PO Haryanto yang membeli bus-bus dari PO lain. postingan di bawah ini saya copas dari fb.
Gendoet's Garage
7esa JamtfSunponssuSueo argctaerh 16:3dr1s
· #SHARE!!!
Livery PO. Haryanto {172} untuk mod Jetbus Adudu edit LKB Team
Link : https://drive.google.com/file/d/1rTb3DR8xagnoYaRYdsiWZUBhY3viXhki/view?fbclid=IwAR2dmgTF7HHKnfqtYlOw00jrRkUZZJ6nf6kgdd5E6OQ_lYDj6Znh4BqjzUs
Mod :
https://www.facebook.com/1363931790416210/posts/2081070428702339/?app=fbl
Variant : volvo.fh16.b dan scania.rcab.c (tidak Reccomend untuk variant lain)
Info Contacs Or Order
08995341997 (wa)

Wednesday, June 9, 2021

Pemanas Air


Sedikit reviu pemanas air yang menggunakan tenaga gas, dimana jika menggunakan tenaga gas dinilai lebih cepat dalam hal memanaskan air dibandingkan pemanas air dengan menggunakan listrik. Jika menggunakan gas, api akan langsung menyala dan memanaskan elemen yang dilewati air, walaupun air yang digunakan itu sedikit, sedangkan dengan sistem pemanas listrik, air yang dipanaskan haruslah dalam jumlah banyak, dan memakan waktu lebih lama, hal ini tidak efisien apabila kita hanya sekedar memakai untuk cuci tangan, atau berwudhu, karena harus menunggu beberapa menit. Kali ini saay catatkan permasalahan pada pemanas air yang saya alami, dimana api dari pemantik tidak segera hidup, cara pertama adalah memastikan ketersediaan baterai, apakah sudah habis ataukah masih bisa digunakan, jika baterai sudah dipastikan tersedia/atau sudah diganti baru namun masih terlalu lama hidupnya, bisa dicoba langkah selanjutnya, yaitu

mengecek sisa gas

jika sudah oka cek pemasangan gas, pastikan tidak ada suara pada regulator gasnya, karena jika masih ada bunyi desiran di regulator, maka aliran gas yang ke pemantik akan kecil, sehingga api sulit menyala.

Pemanas Air yang saya komentari kali ini adalah Rinnai REU 5CFB, menggunakan gas sebagai pemanas, dan juga dua buah baterai A2 sebagai pemantik api, pengalaman kali ini adalah saat pemantik api tidak segera muncul api bisa dengan cara mengecek pemasangan regulator gas, dimana harus dipastikan regulator ini tidak ada bunyi saat pemasangan, sehingga dapat dipastikan gas tidak bocor keluar.


Jika semuanya normal, jika kita alirkan air keran, harusnya api langsung menyala, jika tidak cek batu baterai, gas, dan pemasangan regulatornya.

Ciri-ciri, Tipe, dan Dampak Toxic People

Emotional Abuse
Toxic people biasanya suka sekali melakukan emotional abuse atau kekerasan emosional kepada lawan bicara.

Emotional Abuse adalah bentuk kekerasan yang paling halus di antara jenis kekerasan lainnya. Hal tersebut disebabkan karena kekerasan ini tidak dapat dirasakan secara kasat mata dan sangat manipulatif.

Contoh emotional abuse yang paling sering dilakukan Toxic people adalah mengintimidasi, menyalahkan orang lain, dan melanggar privasi orang lain.

Bahkan, ada dua perilaku yang paling tidak terlihat sebagai suatu kekerasan padahal termasuk emotional abuse, yaitu:
Memberikan hadiah secara berlebihan kepada orang lain dengan maksud agar si penerima hadiah merasa bergantung dan terikat dengan si toxic people, serta menahan kasih sayang untuk mengatur kendali orang yang dituju.


Suka Mengontrol Orang Lain
Toxic people dengan kemampuan manipulatifnya mempunyai kecenderungan untuk memaksa orang lain agar mengikuti dan menuruti keinginannya, baik menggunakan cara yang halus atau kasar, akan mengontrol kehidupan orang lain secara paksa

Juga kerap membalikkan fakta, biasanya berasumsi bahwa alasannya mengontrol atau mengatur hidup orang lain adalah demi kebaikan orang itu sendiri


Anti Minta Maaf
Toxic people tidak kenal kata minta maaf, sosok yang memiliki sifat toxic akan selalu merasa diriya yang paling benar dan tidak mau menemukan celah untuk kesalahan yang ia lakukan. bukan hanya tidak mau minta maaf, toxic people bisa menunjuk seseorang untuk menutupi kesalahan yang ia lakukan.


6 Tipe Toxic people
The Narcississt
Kurang bisa berempati, hanya peduli dengan dirinya sendiri, selalu merasa lebih baik dari orang lain.

The Controller
Selalu mencoba mengontrol orang-orang disekitarnya, berusaha keras untuk ikut andil dalam pengambilan keputusan.

The Compulsive Liar
Suka menumpuk kebohongan, pintar membuat orang lain merasa bersalah, memanipulasi kebaikan orang lain

The Green Eyed
Selalu cemburu dengan kebahagiaan orang lain, playing victim atau suka menyalahkan orang lain

The Drama Magnet
Drama abis dan suka bergosip, selalu membesar-besarkan hal kecil yang terjadi di sekitarnya

The Energy Vampira
Si tukang kritik, hobi membully, dan suka menyerap energi positif orang lain


Dampak Toxix People
Hubungan toxix akan selalu menghilangkan rasa percaya diri, dengan cara memberi olokan. Tujuannya agar korban mulai merasa buruk tentang dirinya dan mulai meragukan diri sendiri, terus menyalahkan diri dan berpikir, apa yang harus dilakukan agar ia merasa lebih baik?
Misalnya; "Pakaiannya jelek"

Sunday, June 6, 2021

Revieu Kompor Induksi Hicook


Memang memasak memakai kompor induksi terlihat lebih praktis dan bersih, hal ini ada benarnya juga, namun juga ngga selalu begitu, misalnya saat menggoreng telur/cabai yang muncrat-muncrat, maka cipratan minyak tentu akan kemana-mana. Revieu ini adalah revieu yang berdasarkan pengalaman saya memakai kompor listrik Hi cook.

Fitur Kompor ini memiliki fitur pemanasan dengan jenis yang berbeda sesuai kebutuhan, hal ini bisa diatur dengan menekan menu yang disediakan, mulai dari 200 Watt sampai 1000 Watt, saya biasanya menggunakan 400 Watt untuk menggoreng,

Kualitas Mengenai kualitas, kompor ini masih berfungsi dengan normal, mudah dibersihkan, dan tidak terlalu memakan tempat penyimpanan, cocok bagi tempat kos yang sempit tidak ada dapur, cukup sediakan saja alat masak yang terbuat dari stainless steel/alat masak yang ada magnetnya, karena cara kerja kompor ini adalah menggunakan sistem induksi listrik, jadi intinya membutuhkan alat masak yang mengandung magnet,

Kematangan Berbicara kematangan, panas dari kompor ini tidak seperti yang saya bayangkan sebelum membeli, ternyata panas kompor ini hanya berada pada satu titik saja, jika kalian memakain kompor api gas, gampanganannya api yang menyala hanya satu titip saja, tidak bisa merata seperti api dari kompor gas,namun untuk tingkat panas yang dihasilkan cukup tinggi, namun karena hanya satu titik tadi, maka sering membuat satu titik tersebut terlalu panas, sehingga masakan cepat gosong hanya di titik itu, sementara di tempat lain makanan seolah hanya tercelup minyak saja, beda dengan memakai kompor gas, yang panasnya bisa merata.

Harga Untuk harga, hanya dengan Rp 700K kalian bisa dapat kompor ini dibeli di online shop, ditambah panci 100 k.