pic by Rifzy R
Saya Copast langsung dari fb sebagai pengetahuan saja, perbandingan rpm bus, jika dirasakan sama saja atau ada perbedaan silahkan berkomentar, pendapat ini bisa saja berbeda setiap orang, jadi tidak dapat disalahkan, karena ada yang yang penting sampai tepat waktu, yang penting bisa absen pagi, yang penting tidak berhenti lama di agen, yang penting sampai dan sebagainya, sampai yang unik-unik yang penting bisa melihat goyangan overa pantura apapun busnya, yang saat ini sudah punah.
Rifqy Roosdhani is with Lukman Mbregatz and 9 others
. Admin
· 8 tagSusJipouneo nargstlo oaricfe10dd:51fg ·
MENGAPA SEBAIKNYA NAIK PREMIUM BUS DI TOL YANG PANJANG
Tol semarang Jakarta yang panjangnya sekitar 444 km sangat membantu mempersingkat waktu tempuh Jepara-Jakarta PP. Namun, perlu diketahui dulu kelebihan menggunakan bus premium di jalan tol yang panjang tersebut. Premium bus mempunyai CC mesin rata2 besar, diatas 11.000, sehingga sangat kuat dan mumpuni digunakan untuk perjalanan nonstop di tol yang panjang.
Pengereman pada premium bus juga relatif lebih bagus. Dengan sistem pengereman yang menggunakan teknologi terkini (ABS, Brake Retarder, ECS, Hill Hold serta Cruise Control), pengereman menjadi lebih baik dan lebih aman. Sehingga penumpang akan merasa lebih aman.
Suspensi premium bus lebih stabil dan nyaman, penumpang lebih merasa nyaman karena bus nggak terasa limbung dalam kecepatan tinggi. Dengan air suspension yg sangat mampu menahan bodi dan interior bus beserta penumpangnya.
Berikut perbandingan speedometer bus yang ada di PO. Bejeu saat beroperasi.
Bus Premium Volvo B11R yang jalan pada kecepatan 100 km/jam, RPMnya hanya sekitar 1300 RPM pada posisi gigi automatic ke 12.
Bus Premium Scania K410ib yang jalan pada kecepatan 100 km/jam, RPMnya hanya sekitar 1500 RPM pada posisi gigi automatic ke 12.
Bus Mercedes Benz OH 1626 yang jalan pada kecepatan 100 km/jam, RPMnya sekitar 2000 RPM pada posisi gigi ke 6.
Sementara bus Hino RK 260 yang jalan pada kescepatan sama 100km/jam RPMnya sekitar 2300 RPM pada gigi manual 6.
Hal ini sangat berpengaruh terhadap getaran mesin yang dihasilkan, handling driver dan performa jangka panjang mesin. Bisa dikatakan bahwa mesin Volvo jauh tidak "ngoyo" dibanding mesin Hino atau 1626.
Penumpang benar-benar merasa nyaman selama dalam perjalanan karena bus tidak terasa sedang dalam kecepatan yang cukup tinggi sesuai aturan jalan bebas hambatan.
Jadi... Demi keamanan dan kenyamanan anda di tol, sebaiknya pilihlah premium bus... 😊
No comments:
Post a Comment
mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]