Sunday, September 8, 2024

Cara Membuat Papan Jalan dan Membuat Sign Image Sendiri ETS 2


Selamat pagi semuanya, kali ini saya akan menulis lagi tutorial cara membuat papan/plang jalan di ETS 2, sebenarnya cara ini pernah saya posting sebelumnya1, namun karena caranya ada yang berbeda, jadi saya tulis lagi saja biar tidak lupa. Tulisan ini sekaligus melengkapi khasanah pertutorialan ETS2, karena tutorial yang ada sampai saat ini2 masih sebatas "apa", belum sampai menjelaskan "bagaimana" cara kerja/alur logika urutan pemanggilan file-filenya, siapa memanggil siapa, sekaligus sebagai pengingat saya sendiri biar tidak lupa. Mengingat membuat sign papan ini ternyata lebih rumit, tidak sesimpel membuat model map yang hanya memakai satu def. OK langsung saja, silahkan simak terus tulisan di bawah ini.


MEMBUAT SIGN PAPAN JALAN SENDIRI
Buka Editor Map
yang ini silahkan dicari sendi cara-caranya,

Buka Content Browser
contohnya di versi 1.47 menu ini ada di bagian atas tool-content browser

Pilih Sign Template

Klik Kanan salah satu item, Lalu Piih Edit
saat edit silahan diedit seperlunya, jika membutuhkan gambar tinggal drag saja gambar dari sign image pada menu content browser, dan seterusnya



Jika selesai, save as, pilih lokasi folder diubah dulu

Save juga save boardsnya
menghasilkan dua buah file, sebagai contoh di saya menghasilkan file sbb
C:\Users\asus\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\user_map\def\sign\board\test01.sii
C:\Users\asus\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\user_map\def\sign\boards.user_map.sii

Klik Back

lihat di bagian properties, isikan dengan apa yang sudah kita buat tadi, isi di bagian sign area, misalnya contoh gambar di bawah sign area ml6 dan ml7 kita isi dengan boards tadi

save as lagi

kalau saya pilih folder user_map, disini kita simpan dua kali, sama seperti boards tadi disini juga menghasilkan dua file
C:\Users\asus\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\user_map\def\sign\template\test01.sii
C:\Users\asus\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\user_map\def\sign\templates.user_map.sii
tutup map editor



Edit File Def boards
buka file
C:\Users\asus\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\user_map\def\sign\board\test01.sii
disini juga bisa kita sesuaikan jika diperlukan, misalnya kita bisa menyesuaikan modelnya di baris
model_name: ""
nama model bisa kita isi di bagian tanda kutip, jika diisi, tidak perlu memakai tanda kutip misalnya model_name: blkw_14009


selanjutnya edit def boards id
C:\Users\asus\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\user_map\def\sign\boards.user_map.sii
file ini untuk memanggil boards tadi, isinya bisa disesuaikan sesuai kebutuhan, misalnya di bagian id/kode uniknya, agar tidak tercampur/sama dengan map lain yang menyebabkan konflik


selanjutnya edit def template
C:\Users\asus\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\user_map\def\sign\template\test01.sii
file ini fungsinya memanggil file boards id, hal ini terlihat pada baris linked_board,
selain itu beberapa hal yang bisa kita modifikasi

model_name: dlc_it_215
area_name: ml7
linked_board: sign_board.user_m_00001


Penjelasan satu demi satu
model_name: dlc_it_215
model_name: dlc_it_215 ini maksudnya template ini memanggil model sign dengan kode "dlc_it_215", model "dlc_it_215" ini letaknya ada di
D:\game\Euro Truck Simulator 2\def\def\world\sign.sii
isinya salah satunya seperti ini
sign_model : sign.dlc_it_215
{
sign_name: "hw 2lane exit v01 it"
model_desc: "/model/sign/navigation/it/hw_2lane_exit_v01_it.pmd"
model_coll: "/model/sign/navigation/it/hw_2lane_exit_v01_it.pmc"
look_name: default
category: "signs/it-navigation"
editable: true
dynamic: false
mass: 100
drop_sun_shadows: 1
}


poin penting jika ingin membuat model stand sendiri berada di bagian ini
jadi jika kalian pengen membuat model sendiri atau memodifikasi tiang atau papannya dengan model sendiri, tinggal sesuaikan saja baris ini dengan model sign yang sudah dibuat, hanya saja yang penting model yang dibuat tetap mengandung
locator dengan nama yang sesuai, misalnya ml7
jenis hookupnya juga harus sesuai dengan sebelumnya
tetap memakai colision
jangan lupa di bagian isi file def, kode "editable" diisi "true"


area_name: ml7
ml7 ini merepresntasikan nama locator di dalam model tersebut nama locator hanya bisa tahu jika dibuka di blender, jadi jika kita buka model /model/sign/navigation/it/hw_2lane_exit_v01_it.pmd menggunakan blender4, maka di dalamnya harus ada locator dengan nama ml7 lengkap dengan locator hookupnya. Untuk membuka file tentunya harus bisa import model ets dulu, caranya bisa dibaca pada link di bawah.4



Edit file ini juga
C:\Users\asus\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\user_map\def\sign\templates.user_map.sii
file keempat yang kita edit adalah def template.user_map ini yang gunanya untuk memanggil file template tadi, disini seperti biasa juga kita sesuaikan id/kode uniknya

Demikian tadi informasi seadanya cara membuat sign papan di ETS 2.
Selanjutnya saya akan tulis tutorial yang lain.








CARA MEMBUAT SIGN IMAGE SENDIRI ETS 2
Di file editor ETS2 bawaan memang tidak menyediakan gambar simbol ala Indonesia, misalnya simbol segi lima sebagai penunjuk jenis jalan raya apakah jalan provinsi atau jalan nasional, sehingga kita harus membuatnya sendiri. Nah kali ini saya akan menyinggung bagaimana cara membuatnya biar saya sendiri juga tidak lupa

membuat file tga
caranya kita buat dulu file gambarnya, dimana seperti biasa jika ada bagian yang tembus pandang, di bagian alpha kita beri warna hitam, sedangkan warna alpha putih menandakan tidak tembus pandang.

membuat file tobj dan dds
selanjutnya kita buat juga file tobj yang bertugas memanggil file dds, caranya kalau saya, kita buat saja satu model yang diberi material, lalu kita ekspor, hasil ekspor ini salah satunya akan menghasilkan file tobj dan dds. Jadi disini harus paham dulu cara impor export model ETS ya, tutorialnya juga sudah pernah saya buat juga3

perbaiki alhpa dds
biasanya hasil eksportnya masih memiliki alpha yang belum sempurnya, belum sesuai warna hitam dan putihnya, untuk menyempurnakannya kita bisa langsung edit dds alphanya

membuat file mat.
kita tinggal memakai file mat bawaan ets yang kita edit menggunakan notepad plus plus

terakhir
membuat file def
nah file mat tersebut kita panggil menggunaka file def yang alamatnya ada di
def\sign\atlas

pack mod, lalu letakkan di folder mod
sekarang image yang kita butuhkan bisa langsung kita pakai dengan mendragnya langsung ke board editor.


Demikian tulisan singkat penjelasan tutorial cara membuat sign dan membuat board atau papan di ETS2, kurang lebihnya saya mohon maaf, terima kasih bagi yang sudah membaca tulisan saya.

Referensi
1https://myspacenote.blogspot.com/2023/08/langkah-membuat-papan-jalan-di-ets-2.html
2https://pejindo.blogspot.com/2020/08/aset-model-map-ets2-indo-sign-tmpl.html
3https://myspacenote.blogspot.com/2023/04/cara-eksport-model-3d-di-ets-2-versi-141.html
4https://myspacenote.blogspot.com/2023/04/cara-import-model-scs-versi-ets-2-141.html




No comments:

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]