Sunday, August 25, 2024

Rosin Eksekutif Boyolali Jakarta Sudah Ada Fitur Cek Posisi Armada


Selamat pagi semuanya, kali ini saya akan reviu perjalanan lagi menggunakan Bus Rosalia Indah jurusan Madiun Jakarta, kurang lebih sudah sekitar satu tahun saya tidak naik bus ini2, ada kabar dari grup facebook4 bahwa sekarang dari aplikasi sudah bisa cek gps bus. Tertarik mencoba membuktikan fitur ini, akhirnya saya coba beli lagi. apa benar bisa? seakurat apa? apakah benar ada? karena sering kali informasi dari media sosial yang terlihat wah, ternyata sering kali berbeda dengan kenyataan, misalnya di aplikasi pembelian tiket bus, harga tiket sekian, ternyata ada tambahan biaya admin, nomor kursi terkadang bisa tidak akurat sama sekali seperti bus daytrans, akurasi waktu keberangkatan yang terkadang digabung dengan jam keberangkatan bus lain alasan okupansi penumpang, dan sebagainya yang biasanya meleset dari apa yang sudah ditulis di situs pembelian, hal tersebut lumrah terjadi dengan berbagai alasan, padahal tulisan di awal tersebut selayaknya perjanjian yang harus ditepati, jika tidak bisa ditepati pun seharusnya ada keterangan sejak dari awal.


Pembelian tiket
Fitur pembelian tiket saat ini sudah lebih baik, misalnya jika akan ganti tanggal tidak perlu lagi isi ulang formulir dari awal.

Harga tiket
Rosin Boyolali Jakarta
dibanderol dengan harga, Rp 240.000+admin 1500, ternyata ada yang berbeda, yaitu sudah memakai sistem pembayaran mandiri, sebelumnya jika akan membayar akan diarahkan menuju halaman pembayaran pihak ketiga, nah saat ini terpantau sudah diarahkan ke halaman pembayaran sendiri.

Saat ini sudah bisa Cek in Mandiri
Fitur yang baru lagi yaitu cek ini mandiri, fitur ini baru muncul 2 jam sebelum keberangkatan, namun ternyata berdasarkan informasi agen, seharusnya yang cek in agennya, entah apa penyebabnya, tidak dijelaskan alasannya apakah karena ada pergantian armada bus dengan aplikasi atau pergantian rute armada, sehingga mungkin akan diikutkan bus lain kemudian digabung di agen depan, biasanay dengan alasan lewat tol lebih cepat, atau alasan yang paling masuk akal biasanya untuk perhitungan barang bagai penumpang, karena ada batasan bebas biaya bagasi, atau alasan lain misalnya saja ada perbedaan bonus jika cek in di agen, kurang tau juga.
Hanya saja memang di fitur cek in mandiri ini tidak ada nomor kode busnya, jadi memang masih harus dipastikan ke agennya.


Sudah ada Cek Posisi Armada
Beberapa penumpang tidak membutuhkan fitur ini, karena merasa ribet jika harus mengecek armada sampai mana, namun ada juga beberapa penumpang yang justru membutuhkan fitur seperti ini untuk memanage waktu tunggu di agen. Meskipun sudah ada perjanjian jadwal keberangkatan, terkadang situasi jalan memang tidak dapat dipastikan. Bagi PO lain biasanya hal ini sudah menjadi alasan yang tidak bisa dibantah lagi, namun setidaknya fitur ini menjadi pilihan untuk memperkirakan kapan tiba di agen agar tidak terlalu lama menunggu, apalagi bila kondisi sedang peak season,
Selain itu bisa saja mempermudah petugas agen karena tidak perlu whatsapp ke calon penumpang bus sampai mana, karena berbagai macam karakter, ada agen yang ramah dan aktif menginfokan, namun ada juga agen yang cuek malas melayani pertanyaan calon penumpang bus sampai mana.
Bahkan pengalaman naik gunung harta, kru sampai malas mengangkat telepon dari agen karena ditanya terus sampai mana3.



Ini adalah contoh Foto posisi armada di aplikasi



hanya saja kekurangan fitur ini masih belum ada alert bagi kita ketika bus memasuki wilayah tertentu lalu memberi tahu kita untuk sudah saatnya berangkat menuju agen, misalnya jarak rumah kita dengan agen 30 menit, bisa kita setting ketika bus memasuki Kartasura ada pemberitahuan alert ke kita.

Sampai agen
Cetak tiket fisik, sekarang tiket fisik berupa print-printan yang lebih simpel, namun masih diberi sampul (padahal ngga penting, demi memuaskan bismania saja), ditambah stiker bagasi.


Akhirnya setelah menunggu kurang lebih 40 an menit, bus datang juga, bus yang datang adalah Rosalia Indah nomor lambung 3033 Hino RK Air Suspension, Platnya AD7446OF
Jurusan Madiun Solo Jakarta,

Detail spesifikasi bus menurut spionam5


Nomor Kendaraan : AD7446OF
Nama Perusahaan : PT. ROSALIA INDAH TRANSPORT
Jenis Angkutan : AKAP
Nomor Kartu Pengawasan (KPS) : SK.00005/AJ.205/4/DJPD/2018/100000235-00024
Masa Berlaku KPS : 22 Januari 2025
Kode Trayek : 3271331302
Trayek Kendaraan : TERMINAL BARANANGSIANG (BOGOR) - TERMINAL TIRTONADI (SURAKARTA)
Rute Trayek : Terminal Baranangsiang - Tol Jagorawi - Terminal Pulo Gebang - Tol Cikampek - Terminal Harjamukti - Terminal Tegal - Terminal Mangkang - Terminal Tirtonadi
Jenis Pelayanan : NON EKONOMI
Seat : 39
Nomor Uji Berkala : KAS-9941
Masa Berlaku Uji Berkala : Cek disini
Merek : HINO
Nomor Rangka : MJERK8JSKJN2****
Nomor Mesin : J08EUFJ8****
Nomor SRUT : -





Apakah benar bus tersebut yang terlihat di gps?
ya, ternyata bus yang daritadi saya pantau di gps sampai mana, ternyata memang benar itu yang datang.

Upgrade kelas
ternyata kelas yang datang adalah kelas eksekutif plus dan sekarang kombinasi kursi sudah lebih lega 28 kursi, lebih lega daripada sebelumnya yang masih 30 kursi.

Scan tiket penumpang secara elektronik
setelah naik ternyata ada yang baru lagi yaitu kru melakukan scan tiket dengan handphone
setelah di scan tampilan menjadi seperti ini


selain itu juga ada fitur unik lagi semacam media komunikasi dengan kru dan pusat


18.35 WIB
sampai pasar ampel
Bus cukup cepat juga melaju di jalan arteri, ditambah lagi kondisi lalu lintas yang lengang tanpa kemacetan.
Bus masuk tol Salatiga, keluar tol Ungaran.

19.45 WIB
Banyumanik,
Banyak juga calon penumpang agen sini

Ngeblong lampu merah di Sukun
Sampai di Lampu merah Sukun, bus ngeblong kiri kemudian pas sampai di ujung menunggu dari arah timur habis baru bus masuk ke tol, dan benar saja pas bus jalan, pas lampu lalu lintas menyala hijau, berarti sopir sudah setiap hari lewat jadinya hafal urutan lampu merahnya, sensasi yang tidak biasa terjadi selama ada tol,

Kalau dulu sebelum ada separator yang besar tersebut, bus-bus dari arah Solo ngeblong kanan, sampai lalu masuk tol.



Sampai tol Batang
ketemu dengan Gunung Harta SHD K410 ib yang terlihat lincah sekali, begitu nyalip langsung hilang di depan. Padahal Rosalia Indah ini menurut saya juga sudah kencang.



21.25 WIB
Sampai Rumah Makan Rosin resto pemalang
parkir sini ketemu juga bus double decker


Sampai sini menukarkan tiket dengan makanan, tiket sekarang dilakukan scan barcode
menu makanan




Macet di Cipali
entah ini macetnya karena apa, sebelum masuk rumah makan sempat macet 30an menit padat merayap.

01.00 WIB Sampai di RM Subang
disini penumpang dipersilahkan istirahat, ada perbedaan lagi kali ini, kali ini penumpang tidak dipaksa turun dari bus seperti sebelum-sebelumnya, karena memang jam 01.00 ini memang adalah jam biologis istirahat.



1.45 WIB Berangkat lagi dari Rumah Makan Subang
03.00 WIB
Cikarang

03.30 WIB
Bekasi

03.50 WIB
Pasa Rebo
selesai perjalanan, ternyata ada fitur rating dan masukan

Jam 04.00 WIB
dari Pasar Rebo, terpantau masih ada transjakarta jurusan Kampung melayu yang beroperasi

04.30 WIB
Terpantau ada transjakarta jurusan Kampung Rambutan Tanjung Priok, sedangkan jurusan PGC Tanjung Priok terpantau baru muncul pukul 05.00 WIB


Kesimpulan Rosalia Indah 3033 Eksekutif Plus Hino RK8 Air Suspension, AC, Toilet, Akua 800ml, makan 1 x.
Berikut ini kelebihan + dan kekurangan- perjalanan kali ini

++++Kali ini menurut saya ada peningkatan pelayanan, terutama dari segi aplikasi yang saat ini lebih powerfull, berbagai kebutuhan mulai dari pembelian, sampai pemberian rating dalam satu genggam. GPS pun sudah bukan hanya sebagai alat pengawasan kru saja, namun bisa sebagai alat pelayanan.

+++Kombinasi kursi yang lebih lega 28 kursi.

++Sedangkan untuk kecepatan bus, tidak terlalu santai, tapi juga tidak terlalu ngebut.

++Untuk ketepatan jalur saat ini masih lebih bagus daripada Sinar Jaya yang terkadang tidak sesuai jalur di awal, misalnya seharusnya melewati jalur non tol Boyolali, namun bablas lewat tol dengan alasan kesiangan sampai Wonogiri1, seharusnya jika memang tidak tepat, diiformasikan dari awal.

+sopir dan kru tidak merokok
-Kekurangannya mungkin hanya berupa risiko aplikasi secara umum, seperti sistem down, server terganggu, virus, yang biasanya lumrah menyerang sebuah aplikasi, berkaca pada server pusat data nasional yang bisa saja hilang datanya, menurut saya perlu ada backup berkala mana kala sistem down, untuk sekedar mencatat calon penumpang yang sudah membayar, dan bagaimana memverivikasinya jika sistemnya eror. Hal tersebut sebenarnya adalah masalah internal.

+-Sedangkan yang bisa plus minus adalah berhentinya bus di Subang, plusnya mungkin ada penumpang wanita yang bisa lebih nyaman ke toilet di rumah makan dibandingkan toilet bus. minusnya ada juga penumpang yang merasa mampir di Subang itu sesuatu yang membuang waktu.

Sekian terima kasih, itulah informasi dari saya, terima kasih kepada kru yang bertugas dan para pembaca sekalian.

referensi
1https://myspacenote.blogspot.com/2024/03/perjalanan-naik-bus-sinar-jaya-jakarta.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2023/05/rosalia-indah-hdd-157-arus-mudik.html
3https://myspacenote.blogspot.com/2017/12/gunung-harta-gh-085-blitar-kediri.html
4https://web.facebook.com/photo/?fbid=1280315116269843&set=gm.10161791716167020&idorvanity=83225712019
5https://spionam.dephub.go.id/?noken=AD7446OF#kendaraan


No comments:

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]