Friday, September 20, 2024

Rosalia Indah 3034 Salatiga Jakarta Kursi Terlonggar di Baris Ini


Selamat malam semuanya, kali ini saya akan mencatat lagi trip report naik bus Rosalia Indah(lagi), Semoga para pembaca tidak bosan ya, Rosin kali ini memiliki kode lambung 3034, kemungkinan ini kresannya 3033 yang lalu1, karena kodenya beda sedikit. Oiya di sini saya juga menemukan konfigurasi kursi yang tidak konsisten di unit ini, ketidak konsistenan tersebut menciptakan kesempatan bagi yang memiliki tubuh tinggi karena satu deret baris kursi tersebut memiliki ruang yang sangat longgar, di baris berapakah itu? juga apakah 3034 ini sengebut 3033? atau biasa saja?, yang penasaran silahkan disimak terus tulisan di bawah ini.


Pembelian tiket
Pembelian tiket melalui aplikasi Rosin, karena butuh cepat dan mendadak, jadinya tidak melalui agen, jika melalui agen, harus menunggu besok pagi, , jika sudah siang pun, belum tentu agen bisa menjawab dengan fast response, hal ini berdasarkan pengalaman sebelumnya-sebelumnya4, jadinya beli lewat aplikasi menjadi pilihan yang paling tepat, meskipun nanti membuat agen cemberut karena komisi berkurang he he. Berdaasrkan pantauan aplikasi, ternyata masih ada kursi kosong sekitar 8 kursi H minus 4 hari keberangkatan, saya memilih kursi nomor 4A 4B.

Harga tiket
harga tiket dibanderol Rp.240.000.-/kursi, berangkat dari Salatiga tujuan Jakarta, dengan biaya admin Rp.3000,-

Hari H keberangkatan
saat akan berangkat mencoba menghubungi agen bus sampai mana, ternyata hanya di "read" saja, wah tidak biasanya agen begini, jangan-jangan gara-gara beli online ya, mencoba berpikir positif, mungkin memang lagi tidak sempat, sibuk melayani penumpang. Padahal informasi tersebut penting untuk mengatur keberangkatan menuju agen, agar tidak terlalu mepet dan juga tidak terlalu lama menunggu. Akhirnya terpaksa cek in mandiri, karena stelah cek in bisa memantau bus sampai mana, batas cek in mandiri adalah 30 menit sebelum keberangkatan, misalnya bus berangkat jam 6, maka batas cek in jam 5 30. Jarak rumah dengan agen hanya 10 menit saja, jadinya posisi bus sampai mana merupakan hal yang penting.

Sampai di agen
Sampai di agen langsung konfirmasi tiket dan bagasi, menurut informasi agen, memang komisi pembelian online lebih kecil dibandingkan pembelian melalui agen, jadinya mungkin ini juga yang menyebabkan penumpang online seperti diabaikan, namun hal tersebut seharusnya bukan malah menjadi paksaan bagi penumpang karena merupakan hak konsumen untuk memilih membeli lewat aplikasi atau agen, karena kebutuhan masing masing penumpang berbeda-beda. Ada yang butuh mendadak, ada juga yang lebih memilih melalui agen, Jika dipaksa hanya mengandalkan tiket manual melalui agen, masalah seperti kursi double, sabotase tiket menjual bus A, tapi naik bus B biasa terjadi.

1830 WIB
Terpantau gps bus posisi di Pasar Ampel

19:00 WIB
Bus Datang
Bus yang datang ternyata bus bermesin Hino RK8 Customs Suspensi Udara dengan plat AD7445OF

informasi armada (sumber:https://spionam.dephub.go.id2)
BERIKUT HASIL PENCARIAN ANDA :
Nomor Kendaraan : AD7445OF
Nama Perusahaan : PT. ROSALIA INDAH TRANSPORT
Jenis Angkutan : AKAP
Nomor Kartu Pengawasan (KPS) : SK.00005/AJ.205/4/DJPD/2018/100000235-00031
Masa Berlaku KPS : 08 Januari 2025
Kode Trayek : 3271331302
Trayek Kendaraan : TERMINAL BARANANGSIANG (BOGOR) - TERMINAL TIRTONADI (SURAKARTA)
Rute Trayek : Terminal Baranangsiang - Tol Jagorawi - Terminal Pulo Gebang - Tol Cikampek - Terminal Harjamukti - Terminal Tegal - Terminal Mangkang - Terminal Tirtonadi
Jenis Pelayanan :
Seat : 39
Nomor Uji Berkala : KAS-9942
Masa Berlaku Uji Berkala : Cek disini
Merek : HINO
Nomor Rangka : MJERK8JSKHJN2****
Nomor Mesin : J08EUFJ8****
Nomor SRUT


Berdasakan spionam, ternyata jumlah seatnya mencapai 39, entah ini mungkin seat kandang macan, seat sopir, seat kernet ikut dihitung juga ya hehe, padahal aslinya bus ini jumlah kursinya 28 saja.
tapi yang terpenting bus ini sudah suspensi udara, standard bus saat ini, karena jalur tol Trans Jawa ini memang masih tidak rata, sebagian besar masih berupa jalur cor, jadi menurut saya bus wajib memakai suspensi udara.


Berangkat dari Terminal Tingkir
bus langsung masuk tol, ternyata jalanya bus ini cukup santai, tidak seperti 30331 yang lebih sat set.

Jarak kursi yang tidak konsisten
jarak antar kursi satu dengan yang lain ada beberapa yang tidak konsisten, ada yang jaraknya sangat lebar seperti kursi nomor 4A dan 4B, hal ini terlihat karena kursi 3A 3B itu sejajar dengan kursi 3C 3D, nah ketika melihat kursi 4A 4B ternyata tidak sejajar dengan kursi 4C 4D, ternyata kursi 4A,4B ini memiliki jarak yang jauh lebih longgar dibandingkan kursi lainnya. Jadi bila memiliki postur tinggi misalnya 170cm, lebih baik memilih kursi ini, namun entah ini hanya terjadi pada unit ini saja atau juga terjadi pada unit yang lain, setidaknya ini bisa menjadi hidden gem bagi mereka yang berpostur tinggi.


19:25 WIB
Sampai di Terminal Ungaran

19:35 WIB
Penumpang manja
Sampai Banyumanik, disini bus harus antri satu bus, padahal tinggal beberapa meter maju, ternyata penumpangnya manja sekali harus menunggu bus maju dulu, padahal sebenarnya penumpang juga bisa jalan sedikit beberapa meter untuk naik, penumpangnya juga bukan lansia atau ibu hamil, kode bus juga sudah jelas dan bisa dipantau gps. Hal ini tidak lain agar bisa lebih cepat dan tidak menimbulkan kemacetan, mengingat posisi parkir bus ini masih berada di badan jalan yang berpotensi macet, jika macet bisa jadi akan diberlakukan lagi peraturan agen harus di terminal.

20:00 WIB
Agen Krapyak

Melanjutkan perjalanan via Pantura
Tidak seperti bus sebelumnnya1 yang putar balik menuju pintu tol krapyak, bus ini terus melanjutkan perjalanan masuk melalui pintu tol Mangkang.

Keanehan jumlah penumpang
di Aplikasi full, namin realitanya ada yang kosong
Sehari sebelum keberangkatan, sempat mengecek kursi bus dengan rute yang saya naiki, ternyata kursi sudah terisi semua, namun realitanya, sampai agen Krapyak, terpantau masih Kosong 1 di seat 5C. Entah ini sabotase atau memang penumpangnya tidak jadi berangkat, sabotase misalnya ada yang sengaja mengeklik pesan namun tidak bayar, diulang-ulang terus, sehingga jika dicek di aplikasi, kursi terlihat sudah terisi.
Solusi yang ada yaitu membuat captcha, atau membuat sistem yang mendeteksi hal tersebut, dan lain sebagainya.


21:10 WIB
Sampai Rumah Makan Rosin Resto Pemalang
Seperti biasa menscan tiket untuk mendapatkan makan prasmanan
Prasmanan tanpa dijaga
enta kali ini saja atau sudah lama, saat mengambil makanan, tidak dijaga, jadi sebenarnya bisa mengambil lauk lebih dari satu ya, atau mungkin karena long weekend jadinya tidak dijaga.
menu malam itu adalah sop, bihun, ayam, dan tahu, ditambah saus dan sambal

namun sayang sekali tidak ada air putih, adanya teh manis, mungkin memang jarang penumpang yang mengambil air putih ya.

Selanjutnya kita absen bus-bus apa saja yang parkir disana waktu itu
Rosalia Indah SR3 Malang Baturaja 3121 AD7158OF


Ada juga Rosalia Indah 3059 Avante


Rosalia Indah 3041


22:00 WIB
Bus diberangkatkan lagi
saatnya mencoba tidur di bus ini, apakah bisa nyenyak,
Kala


00:25 WIB
Rumah Makan Subang
Berhenti sejenak, ada pro kontra bus berhenti di Subang, yang pro misalnya bagi penumpang wanita, bisa memberikan waktu pergi ke toilet, sedangkan yang kontra, merasa perjalanan menjadi lama, Kalau menurut saya, karena sudah ada tol, masih lebih cepat dibanding sebelum ada tol.

02:00 WIB
Sampai Cikarang

02:30 WIB
Bekasi timur

03:00 WIB
Sampai di Pasar Rebo
Bus kemudian melanjutkan perjalanan menuju Lebak Bulus.

Kernet memberitahu penumpang saat sampai
tidak seperti pengalaman naik Sembodo yang lalu3, yang membuat saya kebablasan sampai Sukoharjo, kernet di Rosalia Indah ini memberitahu penumpang ketika akan sampai, mungkin ada semacam alert di aplikasi.

akhir kata, terima kasih kepada pembaca sekalian dan kru yang bertugas.


Rosalia Indah 3034 Jurusan Madiun Jakarta Hino Rk8 custom air suspension

+ Sudah 28 seat jadinya bisa rebah tanpa mengganggu penumpang di belakang
+ Sudah bisa dipantau gps posisi bus
+ Sudah suspensi udara

- Ketebalan kursi tidak menjamin empuknya kursi
- Perlakuan agen terhadap penumpang online terkesan diabaikan
- Bus tidak sekedap bus sebelumnya1, sudah mulai muncul suara berisik saat melewati jalan tidak rata, kemungkinan asalnya dari kabin,
- Tidak ada keamanan anti robot yang berguna mencegah sabotase kursi di aplikasi, yang menyebabkan kursi tidak bisa dipesan karea seolah-olah terisi, padahal masih kosong.


Referensi
1 https://myspacenote.blogspot.com/2024/08/rosin-eksekutif-boyolali-jakarta-sudah.html
2https://spionam.dephub.go.id/?noken=AD7445OF#kendaraan
3https://myspacenote.blogspot.com/2023/12/mengulas-perjalanan-po-baru-po-sembodo.html
4https://myspacenote.blogspot.com/2024/09/naik-rosalia-indah-k360-bogor-madiun.html

No comments:

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]