Saturday, July 13, 2024

Cara Memperbaiki Sein Terbalik di Map dan Cara Menggabung Dua Map ETS 2


Selamat pagi semuanya, berikut ini saya tulis cara gampang/langkah gampang membuat sein traffic tidak kebalik di ETS 2, ini saya tulis biar tidak lupa ya, juga sebagai informasi manakala ada yang nyasar kesini dari google. Secara default dalam membuat map ETS2, nyala lampu sein ai traffic memakai jalur kanan, jadi ketika menyalip, sein kiri yang hidup, namun terkadang, saat membuat map sendiri, walau jalan/roadnya sudah diubah ke settingan left hand traffic/jalan di jalur kiri, ternyata sein trafficnya masih kebalik, sein kiri saat belok kanan, hal ini karena nyala seinnya masih memakai settinga bawaan tadi, ternyata nyala sein tersebut tidak ada kaitannya dengan settingan jalan/roadnya, diubah def kotanya pun juga masih sama, jadi apanya yang masih perlu kita ubah?. Berikut ini caranya, silahkan disimak saja.

Masuk ke editor map
langkah masuk ke editor map, silahkan baca-baca postingan saya sebelumnya saja.
setelah berhasil masuk editor map


Cara memperbaiki
Pergi ke bagian ujung jalan,
Aktifkan node mode dengan memencet huruf n
1 Klik salah satu node jalan yang berwarna merah
2 centang pada bagian border road
3,4 pilih negara yang diinginkan, misalnya bila pengen seperti di Indonesia bisa langsung pilih negara United Kingdom pada salah satu sisinya,
5 save
6 coba cek node jalan yang lain apakah negaranya sudah berubah atau belum, jika belum sesuai, tinggal disesuaikan lagi di node border tadi, mana yang UK mana yang eropa
packing ulang

Apakah ada pengaruhnya antara kode negara di def kota dengan sein?
tidak ada pengaruhnya, jadi walaupun kode negara di def kotanya sudah diubah ke UK, sein akan tetap terbalik

Cara menggabung-gabungkan beberapa map

Nah kali ini saya kan menulis lagi bagaimana cara menggabung-gabungkan beberapa map menjadi satu, saya tulis disini biar tidak lupa saja, caranya ternyata cukup mudah hanya bermain di menu place start (gambar icon bendera warna merah di atas), dan menu export dan import saja.

- pertama tentukan map mana yang akan digabung, misalnya Map A digabung dengan Map B
- selanjutkan merencanakan perkiraan posisi map yang paling cocok.
- menentukan posisi place start yang tepat, misalnya kita tentukan posisi place start Map A.
posisi place start ini penting, karena menjadi posisi patokan ketika diimpor mapnya.(Saat impor map A kita akan meletakkan posisi map A dengan mengklik mouse di area Map B, nah posisi klik ini merupakan posisi place start yang sebelumnya disetting di Map A)
- save map A
- export map A yang akan digabung
menunya ada di file-export map-export to SBD, export ini akan menghasilkan jenis file berupa sbd,
- buka map B menggunakan map editor, lalu
- import map A tadi yang akan digabung
- letakkan hasil impor dengan mengarahkan kursor sesuai lokasi yang diinginkan, Posisi place start map A lah yang bakal menjadi titik kursor kita saat ini.
- Perbaiki eror-eror yang mungkin muncul
perbaiki eror-eror map, jalur yang putus, dan def yang mungkin muncul setelah digabung
nah itulah dia langkah-langkah menggabung-gabungkan map menjadi satu, cukup gampang ternyata ya. Namun proses menggabung-gabungkan map ini tentunya membutuhkan tempat penyimpanan file yang cukup besar juga, karena masing-masing map memakai model dan file sendiri-sendiri.

No comments:

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]