Monday, September 27, 2021

Cara Membuat Mod Klakson ETS 2 1.41

Ini adalah catatan saya agar tidak lupa, ya yaitu cara membuat mod klakson yang pernah saya coba di ETS 2 V 1.41 baik yang convoy maupun non convoy, cara ini belum masuk tahap bikin sound engine yang tentunya lebih rumit karena perlu suara yang berbeda di rpm yang berbeda pula, kalau klakson kan hanya satu jenis nada ya, oke langsung saja silahkan baca di bawah.



Bahan yang dibutuhkan
Audacity
ini silahkan cari sendiri di google, audacity ini saya gunakan hanya buat convert file menjadi berjenis wav agar masuk ke fmod studio

Fmod studio
Kalau fmod ini serinya harus disesuaikan dengan versi yang cocok dengan ETS 2 ya, karena saya pernah mencoba memakai versi paling update, ternyata malah gagal masuk ke ETS 2. Versi yang berhasil, adalah versi 2.01.05 64 bit, untuk bit mengacu pada versi masing-masing komputer, cara mencari tahu berapa versi bit komputermu dengan mengklik kanan my computer pilih properties, dan seterusnya. Balik ke laptop, untuk tempat download fmod ada di https://www.fmod.com/download, harus bikin akun fmod dulu ya.

Setelah di download, silahkan diinstall fmodnya

Download template sound project
saya memakai template sound project fmod_template_sound_project_139_01 yang bisa diakses di forum scs https://modding.scssoft.com/wiki/Documentation/Engine/Sound/Downloads
Setelah di download, extract filenya silahkan menggunakan alat ekstrak masing-masing, silahkan dicoba sendiri menggunakan winzip, 7zip, atau rar, saya sendiri lupa dulu mengekstrak pakai apa.
Contoh punya saya saya ekstrak langsung di folder download, sehingga alamat foldernya menjadi seperti ini

C:\Users\ASUS\Downloads\fmod_template_sound_project_139_01


Langkah-Langkah
Siapkan File wav suara klakson bus/truk/mobil
caranya kalian bisa merekam sendiri di terminal, atau menggunakan suara dari berbagai sumber, cari suara klakson yang jernih, artinya suara klakson tidak tercampur suara lain misalnya suara mesin, suara angin, dan suara lain-lain akan lebih baik, intinya caranya bebas asalkan file akhirnya menjadi wav. Kalau cara yang pernah saya gunakan adalah mendownload dari youtube, lalu search saja youtube to wav, jadi langsung bisa di download dalam bentuk wav.
Letakkan file wav tersebut di folder assest C:\Users\ASUS\Downloads\fmod_template_sound_project_139_01\template\assets


Buka aplikasi fspro
cara membukanya adalah melalui folder yang kita ekstrak tadi, contohnya punya saya yang saya buka ada di
C:\Users\ASUS\Downloads\fmod_template_sound_project_139_01\template\template.fspro

Gambar 1
Masukan file klakson yang sudah diubah jenisnya menjadi wav menggunakan audacity tadi, caranya pada fmod buka tab Assets, lalu drag file wav kesana. (Nomor 1)
Pada bagian bawah klik "Click to add a custom platform encoding setting" Nomor 2

Selanjutnya perhatikan tiga tab fmod, disitu ada tiga tab yaitu Tab Events, Banks, Asssets, kita akan bikin satu-satu
Tab Events
tinggal drag sound dari tab Assessts ke tab Events, lalu selanjut muncul menu pilihan jenis event, pilih saja 3D Timeline
Rename event menjadi "klakson", buat satu folder dengan nama hino, lalu masukkan klakson tersebut di folder,
sehingga kurang lebih posisinya menjadi sebagai berikut:

gambar 2


Lalu Drag klakson ke sampingnya track edit

Tab banks
Buat satu folder dan isinya berupa bank seperti tadi


Lihat menu di atas, pilih Menu windows- Mixer
tempatkan tepat di bawah outside dengan mendrag horn, sehingga kondisi menjadi seperti ini,

gambar3
penempatan horn/klakson yang berbeda ternyat mengakibatkan suara yang muncul di game juga berbeda efeknya, pernah saya tempatkan tepat di bawah cabin, di game yang muncul hanya klakson saat posisi kamera interior, pas kamera 2, atau kamera eksterior, suara klakson tidak muncul

Lihat lagi menu di atas, pilih Windows-Preset Browser
Buat new folder, rename dengan nama horn, lalu buat isi dalam folder tersebut, namai dengan horn, sehingga kondisinya menjadi seperti tampak pada gambar

gambar 4


Taham mengolah suara-suar
Disini silahkan kalian olah suara klakson apakah mau dibikin panjang, pendek, atau terserah sesuai selera masing-masing
contohnya punya saya, jangan lupa dikasih loop, biar jika diklakson panjang bisa mengulang daerah yang di loop, lihat gambar di bawah. urutannya bisa dilihat di gambar bawah.


gambar 5


Jika dirasakan sudah cukup pas, saatnya tahap ekspor, namun sebelum di ekspor, silahkan menuju tab events lalu, klik kanan, asign to bank seperti tampak pada gambar

gambar 6


Tahap eksport
pilih file, pilih build, tunggu proses selesai
pilih export guids



Melihat hasilnya langsung ke folder build
jadi dalam contoh punya saya, hasilnya bisa kita lihat di folder
C:\Users\ASUS\Downloads\fmod_template_sound_project_139_01\template\build
yang dipakai adalah file

horn.banks dan file

GUIDS.txt
file GUIDS.txt ubah namanya menjadi horn.bank.guids

masukkan kedua file horn.banks dan horn.bank.guids ke dalam mod dengan metode compres wajib store, karena ini adalah file sound,

Terakhir sesuaikan file def dan soundrefnya,
silahkan ditelusuri sendiri ya. bagian yang def def, tinggal kalian buka menggunakan notepad plus-plus dan membaca-baca isi di dalamnya, isinya mengarah ke file ini, file itu, tidak perlu saya tulis disini, silahkan dibaca sendiri dan ditelusuri referensi-referensi di dalam tulisan tersebut.




No comments:

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]