Sunday, March 31, 2019

Cara Update Map Euro Truck Simulator ke versi 1.31

Mungkin ada yang pernah mengalami jalan buntu saat akan mengupdate mod kalian ke ETS2 versi 31 ya, muncul tulisan eror pada file game.log.txt yang berbunyi 00:03:09.557 : Incorrect core map version. seperti yang pernah saya alami, padahal mod map saya ini terakhir bisa dipakai di versi 1.30, dan di penjelasan wiki scs modding guide juga sudah tertulis "you must save map on 30 version". kira-kira penyebabnya apa ya?


kemudian saya baca lagi tulisan berbahasa Inggris itu dengan lebih pelan kata demi kata, akhirnya ketemulah akar masalahnya, dimana ternyata pada artikel yang ditulis tersebut kita diwajibkan melakukan edit map pada versi 30 lalu melakukan save pada versi tersebut, nah pada map saya ini save map terakhir bukan pada versi 30 tapi versi yang sudah lama sekali, yaitu versi save map sekitar akhir tahun 2017.

Barulah setelah itu saya mencoba mendowngrade versi ETS ke versi 30 dari versi 31, (menghabiskan kurang lebih 300 MB an updatenya), sebelumnya saya backup dulu versi 31 dengan mengcopy folder yang berada pada alamat C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common ke tempat lain agar nanti tinggal kita copy ke 31 bila pengen update tanpa harus mengupdate secara online yang memakan waktu dan ukuran file yang sampai bergiga-giga, entah ini kenapa ini ya kalau dari 31 ke 30 cuman habis sekitar 300 an MB, tapi kalau sebaliknya malah sampai Gigaan MB.

OK setelah berhasil masuk ets2 versi 30 barulah saya masuk ke editor map saya, kemudian langsung saya simpan, ternyata hasil save map ETS2 mulai versi 30 ini ada tambahan file dengan ekstensi set, okelah saya compres seperti biasanya, masukkan ke folder mod, dan ternyata bisa.

1 comment:

  1. Gan, kalau saya buat map di versi 1.35, lalu saya ingin edit di 1.30, solusinya gimana gan? soalnya error di map editor juga sama "Incorrecct core map version"

    ReplyDelete

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]