Sunday, June 23, 2024

Update Map Baluran di ETS 2 1.50 (Map L5 V3) dan Map L2 V74



Selamat siang semuanya, kali ini saya akan menulis lagi tentang update map ETS 2, yaitu Map Baluran1 dan Map L2 di versi ETS 2 terbaru 1.50.XX, apa saja yang diupdate? silahkan simak terus tulisan di bawah ini.



Sebelumnya, mengapa perlu diupdate ke versi ETS terbaru, ya karena memang di versi 1.50 ini muncul eror-eror kecil bahkan sampai crash to desktop, contohnya seperti eror-eror berikut ini:

-Eror warna garis marka berubah menjadi pink

jadi intinya model part "marka jalan" dari model "jalan", cara kerjanya memanggil warna texturenya dari file dds (melalui mat yang diteruskan ke tobj)
model=>mat=>tobj=>dds,
versi sebelumnya, dds yang saya panggil adalah dds bawaan ETS 2, sehingga tidak perlu menaruh file dds di dalam mod saya. Karena juga file dds biasanya ukurannya besar, akan lebih hemat jika kita tidak menaruh di file mod kita, karena file bawaan sudah ada di dalam base ETS 2nya. Entah mengapa di versi 1.50 ini, walau sudah dipanggil dengan benar, file dds bawaan scs tersebut seolah-olah gagal terpanggil, sehingga menimbukan efek di game menjadi berwarna pink.
Kemudian dilakukan double cek apakah versi terbaru ini posisi file dds default bawaan ETS 2 sudah berubah, apa masih di situ, dengan cara mengekstrak file base scs, ternyata masih sama.
Akhirnya saya coba file dds itu saya pack dalam mod, dan akhirnya bisa teratasi, memang aneh juga ya.

-Crash saat mendekati bengkel,
saat mendekati bengkel akan mengalami crash, entah apa penyebabnya, namun hal ini sudah bisa diatasi dengan mengganti item bengkel dan bensin menggunakan prefab buatan sendiri. Selain crash terkadang juga muncul eror 00:02:37.557 : <ERROR> Failed to find service prefab uid:0x0

-muncul eror saat mendekati terrain beberapa tipe water, saat ini, terrain yang bermasalah tidak saya gunakan lagi, sehingga sudah tidak muncul eror lagi

-muncul eror cannot find item, di versi terbaru ini, ternyata juga ada beberapa model yang sudah tidak dipakai lagi, seperti model binatang byson yang sekarang tidak dipakai, sehingga di map ini saat ini saya sesuaikan agar tidak muncul eror.

-eror pada file material,
00:06:20.688 : <ERROR> [material] 'syntax error' at line 11 in file '/automat/26/26a8df090f7c966f.mat'.
00:06:20.688 : <ERROR> [material] Error parsing material file '/automat/26/26a8df090f7c966f.mat'.
eror ini ternyata muncul karena format atau isi automatnya bermasalah, sudah saya ganti dengan format bawaan scs, eh ternyata di versi 1.47, muncul eror itu lagi, usut punya usut melalui penelusuran "tanggal dibuat", ternyata ditemukan file pmd yang double, yang satu di file a, yang satu di file b. mengapa saat di editor map tidak terdeteksi, sementara saat di game muncul eror tersebut?, hal ini karena pembacaan file di game diurutkan berdasarkan urutan modnya, sedangkan saat posisi edit map, urutan file dibaca berdasarkan tanggal terbaru, jadinya tidak ketahuan saat masuk di editor map.
Itulah tadi sedikit cerita update map kali ini, berikutnya adalah informasi apa saja yang diupdate?

Apa saja yang diupdate di ETS 2 versi 1.50
-Edit map agar terhindar dari eror-eror seperti ini:
--eror saat ketemu item bengkel dan bensin, sekarang saya ganti dengan prefab buatan
--eror model tertentu
--eror crash saat mendekati item bengkel
-tidak ada penambahan jalur, mapnya masih sama dengan map baluran 1 dan 2 ya
-hanya update versi sehingga bisa dipakai di 4 versi sekaligus, 1.47, 1.48, 1.49, 1.50
-mengganti tanaman hias tengah jalan karena ada tanaman yang colisionnya memakan badan jalan, di jalur pertokoan Situbondo

Cara Pakai
- bila memiliki versi sebelumnya (Map L5 V2 atau Map L2 V73 silahkan dihapus saja, karena file ini menggantikan map sebelumnya)
- Download map dari sociabuzz3 (bagi yang dulu belum beli)
- ekstrak file dari sociabuzz
- Download base map (link ada di dalam file dari sociabuzz)
- taruh kedua file di folder mod
- Download Save game2

Bagi yang sudah beli bagaimana cara dapatnya?
link map update sudah saya kirimkan ke masing-masing email pembeli yang dulu sudah membeli melalui trakteer id dan sociabuzz, jadi silahkan cek inbox atau spam kalian. (Catatan, tenang saja, email tidak saya kirim bersamaan langsung, tapi saya menggunakan fitur bcc, agar masing-masing penerima email tidak bisa mengintip nama email penerima yang lain, jadinya privasi masing-masing email aman).

Referensi
1https://myspacenote.blogspot.com/2024/01/free-update-map-baluran-l5-v2-dan-map.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2018/05/save-game-for-ets-2.html
3https://sociabuzz.com/legiunnaire/p/map-baluran-map-l5-v3