Wednesday, May 31, 2023

How Fix Updating and Patching Steam App Continously


Kronologis
Steam sudah seminggu tidak saya buka, kemudian, saat membuka, terpantau ada updating dan patching, OK lah saya tunggu saja, namun ternyata hampir satu jam updating patching ini belum terlihat akan berhenti, malah ternyata berulang-ulang sampai menghabiskan kuota ya, akhirnya saya coba tunggu semalaman, eh pagi harinya ternyata tetap masih updateing and patching tidak selesai, selesai, kuota sudah habis 2 Giga ya.

Seperti biasa saya searching di google dan ternyata tidak ada satupun artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia ya, saya hanya menemukan beberapa artikel dalam bahasa Inggris seperti yang ditulis di getdroidtips dot com, nah kali ini saya akan mencoba satu per satu tips dari artikel tersebut ya, apakah berhasil atau tidak sesuai percobaan nyata yang saya lakukan ya, silahkan disimak saja tulisan di bawah ini.



Cara pertama
Mengubah lokasi server
Caranya melalui menu Steam-Setting-Downloads, kemudian silahkan lihat disitu, pada bagian download region kita diminta untuk mengubah lokasinya, cara ini pernah saya coba, namun tetap belum berhasil juga, pernah saya ubah menjadi Singapura, dan Malaysia namun masih terjadi download and patching yang berulang-ulang

Cara Kedua
mengecek pada situs sumber download game tersebut dibuat, untuk ETS2 karena tidak ada informasi dimana situs resminya, maka opsi ini tidak bisa kita lakukan, memang ada sih situs scs atau ets 2, namun hanya sebatas situs forum scs dan blog scs, kalau kita cek sih, situs tersebut masih bisa dibuka halamannya alias tidak mengalami server down, dengan berhasilnya situs tersebut kita akses. Jadi cara ini kurang relevan untuk dilakukan.

Cara Ketiga
Tutup melalui task manager, cara ini meminta kita untuk menutup aplikasi steam melalui task manager, dengan menekan CTRL+ALT+DEL, lalu tutup aplikasi yang diinginkan, cara ini pernah saya coba, dan ternyata masih belum berhasil ya.

Cara Keempat
Restart ulang steam, cara ini juga tidak berhasil

Cara Kelima
Clear Download Cache, pada menu Steam-Setting-Downloads, di bagian bawah, lalu OK, lalu coba log in ulang steam account, apakah patching and updating, apakah masih terjadi, ataukah sudah aman.
cara ini tidak saya coba, malah saya lewati, saya langsung melakukan cara keempat ini.

Cara Keenam
Unistal steam lalu install ulang lagi
cara ini yang sedang saya lakukan saat ini, awalnya saya mengira hanya akan unistal dan install steam saja, eeeeh, ternyata ets 2 malah juga ikut unistal, jadinya harus download ulang ETS2 yang saat ini sudah berukuran sekitar 20 GB.
Cara ini pernah saya coba, namun ternyata juga gagal, stuck saat download berada di angka 11%, kemudian saya coba cara Kelima di bawah.

Cara Ketujuh
Kombinasi cara kelima dan keenam, yaitu Unsital Install Steam, lalu lakukan Clear Download Cache
Cara ini ternyata membuahkan hasil, dengan terus berjalannya download, sampai sekarang sudah terdownload sekitar 34%. Namun setelah sudah selesai download sampai 100%, ternyata pada proses validating, ternyata masih eror, yaitu disk read error, entah kenapa ya.


OK berarti kisah ini sampai disini dulu, selanjutnya akan saya catatkan kembali setelah ada perkembangan.

Memang kita harus mencobanya satu per satu ya untuk tahu mana yang berhasil, mungkin saja teman-teman di rumah ada yang pernah mengalami juga namun memiliki langkah yang berbeda, nah kalian berhasil memakai cara yang mana?

Thursday, May 25, 2023

5 Langkah Gampang Menambahkan Bone ke dalam Model Blender SCS


Selamat malam semuanya, kali ini saya pengen mencatat lagi biar saya sendiri tidak lupa ya, edit mengedit di dunia Blender, kali ini sedikit menyinggung mengenai model, kemudian bone, atau tulang, dan lain sebagainya. Saya ingatkan sekali lagi, bukan bermaksud mengajari, karena saya sendiri juga masih belajar, jadi masih jauh dari animasi dan lain sebagainya ya, hanya sekadar mencatat biar tidak lupa. Karena ternyata tutorial di luar ternyata malah salah kaprah, (harus klik bone dulu, lalu baru pindah ke object mode), padahal aslinya ternyata cukup mudah ya.


1. Buat Model
Mode Objoct Mode
tekan saja SHIFT A, lalu buat sebuah box



2. Buat Armature, idenfitikasi apa nama bonenya
Mode=Object Mode
buat Armature dengan cara seperti di atas



Identifikasi nama bonenya, misalnya dalam contoh saya ini, namanya adalah bone




3. Set Weight pada model
Mode=Object Mode
pindah ke box, klik box, lalu
pindah mode
Mode=Weight Paint




pilih atau klik saja seperti tampak pada gambar di bawah ini ya



setelah set weight ini, maka box akan berubah warnanya dari biru menjadi warna merah sebagai tanda weightnya telah merata,
efek dari set weight ini ternyata muncul pada struktur di samping


ternyata baru muncul yang namanya group,
ubah langsung nama grupnya sesuai nama bone yang akan diikutkan


4. Atur susunan strukturnya
kemudian atur susunan strukturnya menjadi seperti tampak pada gambar di bawah ini ya, armature posisinya berada di bawah root scs, kemudian Box berada di bawah armature

catatan, untuk menambah root scs object, tinggal add root object scs menggunakan menu di atas, sedangkan untuk menggeser parent, tinggal drag saja objectnya, lalu sambil ditekan SHIFT, lepaskan saat sudah sampai di parent yang diinginkan.


5.Beri modifier Armature pada model, isi dengan bone yang sesauai


isi dengan data yang sesuai


Update 1 September 2023 jangan lupa settingan di modifiernya disesuaikan saja dengan kondisi yang ada, ilustrasinya seperti gambar di bawah ini


vertex grup, object, dan di atasnya disesuaikan dengan sesuai arah panah.


Berbagai Jenis Shader Preset Material SCS


Shader Preset SCS memiliki banyak sekali variant, dan saya sampai sekarang juga tidak hapal, karena memang kita tidak perlu menghapal satu-satu variant tersebut, karena kita bisa langsung melihatnya dari Shader Preset bawaan dari SCS, tentunya kita tinggal import model, kemudian memilih apa preset yang diinginkan, apakah pengen membuat object menyala di malam hari, maka kita bisa menggunakan dif lum, apakah pengen membuat ada bayangan, maka bisa memilih dif spec, shadow, membuat menjadi tembus pandang bila alphanya hitam, dan lain sebagainya, di bawah ini adalah salah satu contoh berbagai macam shader preset yang dipakai hanya pada sebuah object, ternyata memiliki berbagai macam shader ya.
Untuk materi import1 export2 model bisa menelusuri isi blog ini yang tutorial atau catatannya sudah saya catat di sini agar tidak lupa, karena seperti pepatah, ikatlah ilmu dengan tulisan ya. Jadi bukan bermaksud mengajari ya, karena kalau tidak ditulis sendiri, malah bisa menjadi lupa.



shader preset dif spec weight ternyata digunakan untuk decal pinggir jalan, terlihat beberapa bagian tembus pandang yang kemungkinan karena permainan di alpha yang diberi warna hitam.




shader preset dif spec decal over
ternyata walaupun hampir mirip, yaitu berupa decal aspal, ternyata shader presetnya berbeda




dif spec weight
entah ini kenapa memakai shader ini untuk sebuah collison ya, padahal di simulator, tidak kelihatan juga




ini untuk part berupa vis, ternyata cukup memakai dif spec weight saja



sedangkan untuk part berupa vis_trans ternyata memakai shader yang berbeda dengan vis, yaitu dif spec weight weight dif spec weight




sedangkan ini untuk decal untuk vis_trans memakai dif spec decal over




untuk marka jalan juga memakai dif spec decal over


1https://myspacenote.blogspot.com/2023/04/cara-import-model-scs-versi-ets-2-141.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2023/04/cara-eksport-model-3d-di-ets-2-versi-141.html



Mencoba Membeli Paket Internet dari XL, Apakah Semurah Seperti di Iklan?


Selamat malam semuanya, kali ini saya akan membandingkan lagi antara iklan dengan realitas yang terjadi saat kita mencoba membeli paket XL dari situs xl store ya, apakah apa yang kita dapatkan seperti yang di iklan? ataukah ada syarat syarat tersembunyi di belakang iklan tersebut, mari kita bedah saja sekarang ya, siapa tahu bermanfaat bagi yang lagi mencari paketan internet di tengah situasi yang serba internet seperti sekarang. Tentunya ini berlaku untuk situasi saat postingan ini ditulis ya, sedangkan di masa mendatang bisa saja berubah lagi.
Kali ini saya mencoba membeli secara online, jadi tidak membeli ke counter hapenya ya.




Harga
Bahasa Iklan menyebutkan harganya Rp.65.000
Realitasnya Rp.80.000, karena ternyata ketambahan ongkos kirim Rp.10.000,- dan biaya transfer Rp.2500,-

Kuota yang didapat
Bahas Iklan dengan harga Rp.65000,- akan mendapat kuota 111 GB, eit tapi tunggu dulu, ternyata ada tulisan kecil-kecil di bagian bawah yang harus kita baca juga ya.

tulisan sebagaimana di situsnya yaitu
Benefit Paket
Internet
Kuota Utama
38GB
Internet
Bonus Double Kuota
38GB
Ambil di myXL
Internet
Aplikasi Chat
Unlimited Unlimited
Whatsapp & Line
Internet
Nelpon ke Semua Operator
5 Mnt
Bonus Paket Aktivasi
Klaim dapat di lakukan di aplikasi myXL
Info
Internet
Kuota Loyalti
15 GB
Internet
Pelanggan Baru
20 GB



Realitas
Ternyata yang didapat hanya 38 GB+7GB=atau 45GB, yak sedikit sekali, bahkan lebih dari separuhnya dari iklan, dengan rincian yang tidak bisa dipakai sebagai berikut.

Bonus Double Kuota 38GB tidak bisa diambil karena ternyata harus memakai handphone baru, dengan IMEI baru tentunya.

Kuota Loyalti 15 GB ternyata juga tidak bisa diambil karena harus sudah pemakaian bulan kedua, ketiga, dan keempat ternyata, weleh weleh ya.

Pelanggan Baru 20 GB juga tidak bisa terpakai, karena handphone saya juga bukan handphone baru, dan ternyata kuotanya juga di ecer per bulan pertama, kedua, ketiga, dan keempat.

berikut ini syarat-syaratnya yang ternyata harus dipenuhi, jadi memang iklan ini memiliki syarat-syarat ya
Kuota Loyalty
Bulan ke-1-
Bulan ke-2 4GB
Bulan ke-3 5GB
Bulan ke-4 6GB
Total 15GB
Kuota Pengguna Baru
Bulan ke-1 5GB
Bulan ke-2 5GB
Bulan ke-3 5GB
Bulan ke-4 5GB
Total20GB
Syarat dan Ketentuan
1.Bonus Kuota Loyalty akan mulai di bulan ke-2
2.Bonus Kuota Pelanggan baru hanya berlaku untuk fresh Imei atau Hp yang baru di daftarkan untuk nomor XL
3.Bonus Kuota pelanggan baru hanya berlaku jika klaim dalam batas 30 hari setelah nomor aktif.
4.Sisa kuota tidak dapat di akumulasi ke bulan berikutnya.

Sistem pembayaran
Pembayaran terpantau bisa dilakukan menggunakan BRI Virtual Account, dengan informasi lengkap melalui email.
Update 5 Juli 2023, saat ini terpantau sistem pembayaran bisa dilakukan melalui berbagai cara, virtual account BCA, VA BRI, Gopay, Ovo, Dana

Sistem pengiriman
sistem pengiriman menggunakan layanan JNE, dikirim dari Jakarta Utara,
Update 5 Juli 2023, sekarang bisa memilih menggunakan JNE, Anteraja, atau Sicepat

Waktu pengiriman
pengiriman ternyata dari jakarta utara, dikirim oleh NARINDO, dikirim dari Boulevard Raya Graha Boulevard C-12, Kelapa Gading Kelapa Gading, Jakarta, 14240 ya

Kesimpulan
Harga Paket menjadi Rp.1.800,-an per GB (Update 5 Juli 2023 menjadi Rp.1.640,-an per GB=Rp.74.000,-/45GB), (Update 23 Juli2 menjadi Rp.1.190,- per Giga=74.000/62GB). jadi masih tidak berbeda jauh bila membeli langsung dari Counter Handphone, dengan konversi harga yang menjadi Rp.2.200,-/GB1
1https://myspacenote.blogspot.com/2023/02/pengalaman-mencari-paket-internet-murah.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2023/07/pengalaman-beli-xl-store-baru-aktif.html

Laptop Sudah Shutdown Tapi Tidak Benar Benar Mati


menurut informasi yang saya dapat dari berbagai sumber mengatakan, untuk mengetahui kapan terakhir laptop kita benar-benar mati, bisa kita ketahui dari informasi dari CMD dengan menuliskan kode "systeminfo", lalu kita ENTER, dari situ terlihat ternyata laptop saya ini sudah berhari-hari tidak mati, malah tercatat terakhir mati adalah 2 hari yang lalu, itu sudah lama sekali ya, padahal baru tadi pagi laptop saya nyalakan, berarti walau laptop mati, ternyata masih ada komponen yang hidup ya, terus 2 hari itu sejak kapan ya? usut punya usut, 2 hari yang lalu itu saya melakukan restart. Mungkin ini menjadi salah satu faktor lemotnya laptop saya saat ini ya. karena ternyata terus menerus bekerja walau laptop sudah dimatikan.


Di internet akhirnya ketemu beberapa cara membuat laptop benar-benar mati saat shutdown, namun kali ini saya akan memastikan apakah cara tersebut memang benar-benar berhasil seperti teori yang ditulis, dan juga saya akan mereviu berapa waktu yang dibutuhkan untuk setiap pilihan cara ya. Waktu ini adalah waktu yang dibutuhkan mulai dari memencet/mengklik tombol on/off sampai perintah itu selesai dilaksanakan.

Cara Pertama,
mematikan dengan menulis kode "shutdown/s" pada cmd,
Pro
Cara ini terbukti bisa berjalan, laptop bisa benar-benar mati, terbukti setelah saya cek di CMD.

memang waktu shutdown relatif sama saja seperti biasanya, sedangkan untuk waktu turn on, waktunya relatif sama. kemudian apakah benar-benar berhasil, saya coba cek melalui CMD, dan ternyata memang cara ini terbukti bisa benar-benar mematikan laptop. waktunya sama saat saya memencet tombol turn on.

Contra
Cara ini memakan waktu shut down yang relatif lebih lama, sedangkan waktu turn on relatif sama, waktu shut down yang lebih lama ini entah ini gara-gara bawaan laptop ataukah gara-gara mematikan dari cmd tidak diketahui dengan pasti, yang jelas cara ini tidak saya gunakan karena tidak umum bagi semua orang mematikan laptop dengan cara seperti itu, mungkin kalau kita sendiri bisa melakukannya, namun orang lain belum tentu mau ya, jadinya risiko laptop tidak benar-benar mati total masih bisa saja terjadi, bahkan bisa saja terjadi untuk jangka panjang, ketika terakhir laptop dimatikan orang lain, dan ternyata laptop baru menyala kembali setelah beberapa hari. waah.



Cara kedua
menekan tombol shift ketika mengklik tombol shutdown

Pro
Cara ini memang terbukti berhasil juga setelah saya coba

Contra
Cara ini juga tidak semua orang mengetahui, sehingga risiko laptop terus menyala akan terus ada, jadi laptop tidak akan benar-benar aman ya.



Cara Ketiga
melalui menu Control Panel\Hardware and Sound\Power Options\System Settings

atau
Control Panel
System and Security
Power Option-Change what the power buttons do
pilih Change setting thats are currently unavailable
kemudian uncheck pada turn on fast startup,
save

Pro
Apakah cara ini berhasil?
ya cara ini memang terbukti berhasil, terbukti dengan waktu di CMD sudah sama ketika saya menekan turn on laptop.

Contra
Menggunakan cara ini di internet dianggap memakan waktu yang lebih lama, namun ternyata kenyataannya tidak demikian.
Pertama kali mencoba, memang waktu turn on terpantau lebih lama, mencapai 18 menit, namun kekurangan ini ternyata tidak selalu terjadi, terbukti percobaan kedua ketiga dan seterusnya, waktu turn on relatif sama seperti semula sekitar 10 menit.
Akhirnya saya pilih cara ini saja untuk laptop saya, karena kekurangan yang digembar-gemborkan di internet, nyatanya tidak terjadi pada laptop saya.

Disclaimer, percobaan ini bisa saja berbeda bila dilakukan pada jenis laptop yang berbeda ya, semoga bermanfaat.

Cara membuka CMD
klik logo windows pojok kiri bawah, lalu search saja CMD, lalu muncul command prompt berwarna hitam, seperti gambar paling atas ya. lalu ketik saja kode yang dibutuhkan, untuk mengetahui kapan laptop ini diinstal dan kapan hidup, bisa memakai perintah "systeminfo"

Ngomong-ngomong saya memakai laptop asus x441u yang memang sudah berumur 3 sampai 4 tahun dari tulisan ini dibuat ya, mengenai sistem apa yang dipakai, windwos berapa, bisa mampir pada link di bawah ini
https://myspacenote.blogspot.com/2022/12/reviu-laptop-asus-x441u-pemakaian-45.html



Thursday, May 18, 2023

Jogging Track di JIS


pic by sportstars dot id
Halo selamat pagi semuanya, kali ini saya akan mereviu lagi salah satu jogging track di Jakarta, yaitu di JIS. Awalnya, melihat reviu dari google dan berita elektronik, stadion JIS ini dikabarkan memiliki akses parkir yang sulit, kemudian untuk menuju stadion membutuhkan waktu jalan kaki selama kurang lebih 10 menit dari lokasi parkirannya, ini berarti sekitar 1 kilometeran ya. Selain itu minim sekali yang mereviu detail lokasi, terutama yang terkait dengan kegiatan olah raga jogging, memang ada salah satu informasi, yang menyatakan kita bisa jogging di selasar atas, bayangan kita lokasi selasar atas sepertinya lokasinya sempit untuk orang orang olahraga lari, namanya juga selasar ya. Kemudian juga minimnya informasi kapan dibuka-kapan ditutup, dan kita hanya bisa mengandalkan informasi dari google map smartphone ya. Nah kali ini saya akan mereviu detail lokasi ini, bagaimana kondisinya sebenarnya ya, jadi akhirnya saya nekat saja menuju ke sana, kalau pun tutup ya nanti balik lagi, kalaupun ternyata parkirannya jauh, yasudah ikuti saja, berikut ini kisahnya.




Hari minggu pagi langsung menuju ke sana, dari arah barat pertama kali menemui daerah parkir, memang tidak ada tanda khusus dimana parkir motor, jadinya saya putuskan untuk bertanya pada salah seorang pasukan oranye di sana. Ternyata informasi dari pasukan oranye, parkir silahkan saja parkir di dekat halte busway, disitu nanti bisa parkir kepada orang yang disana, sedangkan untuk menuju stadionnya tidak diinformasikan lewat mana, apakah harus jalan kaki di pinggir jalan rayanya ataukah ada jalan lain. Saya pikir setelah parkir ini, untuk menuju stadion haris jalan kaki lagi melalui jalan raya yang berdebu ya. Akhirnya sebelum masuk parkiran, saya putuskan untuk mengelilingi sebentar stadion tersebut menggunakan motor.

Menuju sisi utara, sampai mentok rel kereta api, ternyata kondisi stadion masih tertutup, wah alamat ga jadi olah raga kalau gini, batinku, akhirnya melanjutkan memutar ke selatan, dan ternyata ketemulah salah satu gerbang yang terbuka dengan penjaga satpam berbaju cokelat di sana. Saya pun langsung mengarahkan motor memasuki stadion, petugas satpam memberikan saya semacam kartu parkir, dan langsung mempersilahkan masuk ke dalam,

eee ternyata di dalam ada parkiran yang cukup luas ya, jadinya tidak perlu parkir jauh, parkiran yang bentuknya didesain untuk parkir mobil dan bus ya, sedangkan parkiran yang memang benar-benar untuk motor, sebenarnya ada, namun lokasinya lebih ke dalam lagi, karena saat itu tidak ada petunjuk dimana parkir motor, dan juga saat itu lokasi parkir mobil masih sepi, saya pun memarkirkan motor di parkiran mobil saja, karena masih sepi sekali.


Sepi di sini menurut saya aneh ya, padalah sudah menunjukkan pukul 06:00 WIB pagi, tapi hanya beberapa orang saja yang terlihat berolahraga disnii ya. Karena ternyata lokasi dengan fasilitas seperti ini biasanya sudah ramai di jam segini, contohnya di Lapangan Renon Bali sudah relatif lebih ramai, mungkin saja memang karena masih baru ya JIS ini, terlihat dari kondisi raman rumput di parkiran yang baru saja dibangun.

Selesai parkir motor, terlihat salah satu gerbang dalam kondisi terbuka, rasa penasaran muncul untuk menuju gerbang pintu tersebut, dari gerbang, naik tangga menuju selasar di lantai 2,

Ternyata selasar di lantai 2 sangat cocok untuk jogging ya, dengan lebar yang terbilang sangat luas ya, jadi tidak perlu takut berdesak-desakan.



Mencoba memutari selasar stadion, ternyata di sebelah barat ada semacam jembatan yang mengarah halte busway dekat tempat parkir di awal tadi, dan ternyata gerbang di dekat halte sudah dalam kondisi terbuka, wah ternyata ada gerbang lain yang dibuka. Gerbang lain yang juga terbuka terpantau berada di sisi timur, di ujung jembatan sebelah timur ya, jadi ternyata gerbang yang dibuka bisa kita akses dari tiga lokasi, dari selatan, barat, dan timur.


Sedangkan untuk rute lari sendiri, lebih baik kalian coba sendiri saja, yang terpenting disini terpantau tidak menemukan semacam gundukan yang bisa membahayakan pelari, karena kondisi lantai rata.

Berikut ini rinciannya.
Parkir
Lokasi Parkir bisa memarkir kendaraan di dekat Halte Busway kemudian masuk melalui pintu barat
Lokasi parkir yang lain yaitu bisa langsung masuk ke kawasan stadion melalui pintu yang sudah dibuka, dan sudah ada penjaga yang memberikan karcis yang dikembalikan saat keluar.

Fasilitas
Untuk toilet saat itu tidak banyak papan penunjuk dimana toilet berada, malah sepanjang saya jogging tidak menemukan satu pun lokasinya, entah ini dimana, saya belum sempat mencobanya., saya sempat menanyakan kepada petugasnya, namun saya sendiri saat itu malah diarahkan ke tanda warna kuning di atas, setelah didatangi, eh ternyata tidak ada.

Ada Mushola
di lantai selasar, di bagian timur,


selain itu ada juga Masjid di lantai dasar di sisi selatan.

Kondisi tempat lari
kondisi lari bisa lari di lantai bawah, namun juga bisa lari di lantai 2 yang merupakan lantai tempat pintu masuk stadion, lebar halaman sekitar 50 meter, jadinya tidak perlu takut berdesakan, selain itu lantai 2 ini juga terpantau tidak nampak semacam benda atau bangunan yang berpotensi kesandung kaki, jadinya aman.

Kondisi udara
Menurut saya tidak bersebelahan dengan asap kendaraan, karena lokasi stadion dengan jalan raya masih relatif cukup jauh


Kekurangannya hanyalah saat di pagi hari, atau setelah hujan, ternyata masih ada lantai yang masih terdapat air yang menggenang yang kemungkinan dalam jangka panjang dapat merusak lantai.


Jam buka
jam buka JIS tinggal cek saja di google map smartphone, karena menurut saya sudah sesuai, jangan hanya membaca berita elektronik yang malah menulis baru dibuka jam 11 siang, saat cuaca panas ya.

Fasilitas lain
Corak lantai yang menghadap kiblat
Terdapat corak lantai yang dengan garis menghadap kiblat, jadi kalau ada waktu sholat ied atau sholat idul adha, tidak perlu repot repot membuat garis sof yang lurus ke arah kiblat, tinggal mengikuti pola ubinnya.
selain itu di lantai 2 ini juga sudah disediakan keran air yang cukup banyak ya, tentunya tidak lain dan tidak bukan ini bisa kita manfaatkan untuk wudhu, atau juga mencuci tangan,

memang konsep JIS ini mengikuti kebiasan masyarakat muslim Indonesia pada umumnya dimana lokasi lapangan memang bisa digunakan untuk sholat Ied atau Idul Adha ya, jadinya tidak tanggung-tanggung, di lantai atas sudah disediakan langsung keran air permanen, namun tetap terlihat estetik, karena tertutup besi ya.

Desain Stadion
Ternyata desain stadion tidak seperti yang tampak dari luar ya, kalau dari luar bentuk stadion terlihat mlungker mlungker seperti uler, namun setelah kita lihat dari dalam, bentuk stadion ini sebenarnya hanya kotak sederhana saja, sedangkan ternyata bentuk yang mlungker mlunger tersebut hanya hiasan di luar saja, agar terlihat estetik saja ya, tentunya bentuk mlungker-mlungker tersebut tentunya memakan ruang di sampingnya ya, karena samping kiri kanan sekitarnya juga kosong tidak mepet dengan gedung lain, desain mlunger mlunger ini memang tidak ada salahnya. namun bila dilihat dari segi efektifitasnya, memang tidak efisien karena memakan ruang, memang benar yang dikatakan di tik tok tanya bapak, kalau desain yang efektif tempat adalah bentuknya kotak saja, jadinya memang terlihat tidak eye catching di mata ya.

Rusun di samping stadion
di samping stadion JIS, ternyata ada rusun 4 lantai yang terlihat masih kosong, entah siapa dan kemana penghuninya ya.

Penjual makanan dan minuman, di dalam area stadion memang tidak ada orang jualan ya, jadi kalau mau membeli akua, tinggal beli di warung di luar stadion saja.

Biaya
Biaya parkir entah gratis atau tidak, namun saya langsung saja bayar Rp.2000,- untuk parkir motor.

Pintu masuk stadion terpantau menggunakan sistem scan kartu Bila stadion sepakbola ini dibuka, terpantau pintu masuk stadion dilengkapi dengan scan ala pintu masuk stasiun ya, jadi kemungkinan, bila suatu saat ada kegiatan konser atau pertandingan bola disini, masuknya menggunakan kartu. sedangkan untuk pintu masuk menuju selasar yang biasa digunakan orang-orang jalan-jalan terpantau cukup mengandalkan gembok yang dibuka saat pagi untuk sekedar olah raga lari atau jogging.



Thursday, May 11, 2023

Crash To Desktop Saat mencoba di 1.47

Halo selamat pagi, kali ini saya akan mencatatkan lagi contoh pesan eror yang muncul dan kemudian cara mengatasinya menurut pengalaman saya ya. Laptop yang saya gunakan merupakan laptop dengan spec kentang, mencoba ets2 versi 1.47 ternyata sudah tidak begitu lancar fpsnya, memang salah satu faktornya adalah gara-gara biang kerok banyaknya prefab dan mover di ets2 yang menyebabkan ngelag, ternyata sempet juga mengalami crash, dengan pesan eror seperti tulisan di bawah, yaitu semacam there was eror while inflating, akhirnya gogling dan menemukan tulisan di blog scs, menyarankan untuk memverifikasi ulang file steam, nah ternyata bisa juga.
<ERROR> There was an error while inflating (<SYSFS>../../effect.scs)

cara mengatasi, tinggal verifikasi game melalui steam (pengguna ori steam)


00:02:15.771 : <code><WARNING></code> Startup watch dog triggered!
00:02:53.475 : <ERROR> There was an error while inflating (<SYSFS>../../effect.scs)
00:02:53.476 : <ERROR> [resource_task] Can not load '/effect/eut2/_shd/7c4377d1d918f1477d888ddb84c9bba0.sm5x.fso'.
00:02:54.143 : <ERROR> [dx11] Shader object (/effect/eut2/_shd/7c4377d1d918f1477d888ddb84c9bba0.sm5x.fso) does not have a valid signature or is outdated.
00:03:17.565 : <ERROR> Effect eut2.shadowonly does not support aux[1] input.
00:03:17.566 : <code><WARNING>/code> [material] unable to decode input_id from aux attribute (in /vehicle/bus/upgrade/tire/materials/bayanganmburishdw.mat)
00:03:17.703 : <ERROR> Effect eut2.dif.spec.weight does not support aux[1] input.
00:03:17.703 : <code><WARNING>/code> [material] unable to decode input_id from aux attribute (in /vehicle/bus/upgrade/tire/materials/banmburi_vulkanisir.mat)

00:03:18.079 : <ERROR> Effect eut2.dif.spec.weight does not support aux[1] input.

00:03:18.079 : <code><WARNING>/code> [material] unable to decode input_id from aux attribute (in /vehicle/bus/upgrade/tire/materials/depan1_vulkanisir.mat)

00:04:28.549 : <ERROR> There was an error while inflating (<SYSFS>../../effect.scs)

00:04:28.550 : <ERROR> [ld] Failed to read '/effect/eut2/_shd/7c4377d1d918f1477d888ddb84c9bba0.sm5x.fso'.

Saturday, May 6, 2023

Foto Sore hari


halo selamat pagi kali kali ini saya pengen mencoba memposting blog menggunakan suara, jadi di sini saya menggunakan smartphone saya untuk memposting tulisan di sebuah blog, yang ternyata caranya cukup mudah tanpa harus instal aplikasi atau harus membuka laptop saya yang memakan waktu lama karena laptop saya sendiri memiliki waktu loading yang lama bisa sampai 10 menit dari sejak menekan tombol power sampai bisa membuka Firefox dan blog, sedangkan bila melalui smartphone Saya hanya perlu membuka Browser Chrome lalu langsung mengunjungi situs blogger kemudian saya langsung berbicara dengan menekan tombol gambar mikrofon, hanya saja kekurangannya, tampilan pada layar smartphone lari-lari ke atas dan ke bawah, jadinya harus bolak-balik scroll, namun menurut saya itu hanya soal kebiasaan, bila rutin dilakukan lama-lama tidak masalah ya.

Masalah yang lain adalah soal tanda baca huruf besar dan kecil yang terkadang ngaco.


Back to the topic

di atas adalah foto salah satu sudut kota Jakarta di sore hari, karena langitnya saat itu bagus, makanya saya foto saja, Oh iya foto ini tanpa filter ya, jadi memang sudah asli dari sananya langit berwarna kuning di sore hari menjelang Maghrib

Pesan Eror Pembuatan Def Kota ETS 2 dan Cara Mengatasinya



Halo selamat pagi, kembali lagi saya akan membahas tema per map an ETS 2, dimana pembuatan def untuk kota ternyata memiliki aturan sendiri yang baru saja saya temukan masalah dan juga solusinya. Silahkan dibaca-baca saja, barangkali masalah ini pernah kalian temui pesan eror yang seperti ini.

city_data: city.tbxxxxxxxxxxxx
{
city_name: "Tamxxxxx"
city_name_localized: "@@taman baxxxxxx@@"
country: lgnr
dst.

00:03:57.953 : <ERROR> [unit] File '<C:/Users/ASUS/Documents/Euro Truck Simulator 2/mod/dlc_aaMAP_L2_V71.zip | >/def/city/rmsxxxxxxxxxxxa.sii', line 3:
00:03:57.956 : <ERROR> Included at '<C:/Users/ASUS/Documents/Euro Truck Simulator 2/mod/dlc_aaMAP_L2_V71.zip | >/def/city.legiuxxxx.sii', line 2:
00:03:57.960 : <ERROR> [unit] The unit name 'city.rmsumxxxxxxxxxxxxx' is in wrong format.


bla bla bla is in wrong format ini ternyata masalahnya hanya pada jumlah huruf city, yak benar, jadi ternyata nama city ada batasan jumlah huruf yang diperkenankan, yaitu sekitar maksimal 12 huruf, jika lebih dari itu makan akan muncul pesan eror seperti tulisan di atas ya.

Rosalia Indah HDD 157 Arus Mudik Jakarta Salatiga


Selamat sore, kali ini saya akan menulis catatan singkat perjalanan menggunakan Bus Rosalia Indah pada libur lebaran tahun 2023 pada hari Kamis tanggal 20 April 2023, yaitu bertepatan dengan H-2 lebaran, kira kira bakal nunggu lama sampe menunggu hari berikutnya ga ya? atau kira kira apakah macet di jalan ga ya? kalau macet kenapa? kalau ga macet kenapa? menunggu bus sampai ganti hari emang ada? nah simak terus catatan perjalanannya.





Pesan tiket melalui website Rosin baru bisa dipesan sekitar 30 hari sebelum keberangkatan, karena memang menunggu kepastian harga tiket lebaran, Dan Rosin ini termasuk PO yang paling awal mengumumkan harga tiket lebaran daripada PO lainnya, terpantau PO Blue Line dan Gunung Harta yang baru mengumumkan kepastikan harga tiketnya sekitar 2 minggu menjelang lebaran. Ternyata harga tiket lebaran dipatok Rp.540.000,- jurusan Jakarta Salatiga, harga ini naik sekitar 2,5 kali dari harga normal Rp.220.000,-, namun masih setengah dari harga tiket pesawat yang mencapai 1 jutaan. Padahal kalau pesawat naiknya hanya sekitar 2 kali harga normal yang biasanay sekiatar Rp.500.000,- an.
Ternyata baru beberapa hari dibuka, sisa kursi hanya menyisakan sekitar 50% saja dari kapasitas kursi ya. Jadinya memang harus cepat cepat pesan, namun persaingan masih terbilang tidak se bar bar persaingan tiket kereta api lebaran yang bisa habis hanya beberapa detik saja, dan itupun pesannya harus jam 12 malam yang menguras darah.


H-3 lebaran atau H-1 keberangkatan, Rabu 19 April 2023
Hari ini merupakan hari pertama libur cuti bersama, terpantau mulai sore hari kemacetan di jalan tol sudah mencapai Cawang sampai Cikampek, sebagian besar berwarna merah tua, Di malam harinya, jam 12 malam, melalui postingan teman saya, kondisi tol masih sama, sebagian besar dipenuhi jalur yang berwarna merah,

H-2 lebaran/hari H keberangkatan, Kamis 20 April 2023
Terpantau di pagi hari, kondisi warna merah sekarang bergeser berada di jalur cipali, di sore hari, warna merah di cipali sudah berubah yang tadinya ada warna merah tua, sekarang warnanya merah muda, memandakan kemacetan sudah lebih mereda.

Pagi hari saya mencoba menanyakan agen Rosalia Indah Pasar Rebo 62 821-1333-2848, mbak Dwi, armada apa yang membawa saya, dan dijawab HDD xx, saya lupa nomornya, (karena history chat sudah terhapus otomatis 7 hari), dan saya tanyakan apakah ada perubahan jadwal, dan ternyata tidak ada jawaban. Yasudah saat itu saya asumsikan bahwa jadwalnya akan sesuai jadwal, namun ternyata saya salah, lagi lagi agen Rosalia Indah ini selalu meresahkan, simak cerita di bawah ya.

18:00 WIB
Saya sampai di Pasar Rebo, langsung menuju agen untuk print tiket dan stiker bagasi, ternyata eh ternyata, baru diinfokan bus akan baru datang jam 8, dan memang biasanya berangkatnya jam 8 ya, malah saya disalahkan kenapa datangnya kecepetan, padahal sebelum berangkat saya juga sudah bertanya melalui Whatsapp ya apakah ada perubahan, tapi nyatanya tidak dijawab sama sekali, daripada debat, saya langsung iyain saja agennya, dan akhirnya menunggu dulu di warung sampiing agen sambil berbuka puasa.


Sambil menunggu bus, saya sempatkan memantau arus mudik melalui Google Map, Sore hari menjelang keberangkatan bus, ternyata kondisi tol jalur Cawang sampai Cikampek berwarna hijau, hanya terpantau warna merah di daerah Cipali, saat saya mencoba mensimulasikan perjalanan, didapat perjalanan sampai Semarang bakal menghabiskan waktu sekitar 9 jam termasuk kemacetan.




Timeline perjalanan
Jam 19:30 WIB
Agen yang seorang ibu ibu ini memanggil saya untuk siap siap di pinggir jalan, karena bus akan datang, eh ternyata ditunggu sampai 15 menitan bus belum tampak batang bempernya ya. Dari sini ketahuan memang wanita tidak pintar membaca GPS itu mungkin memang benar adanya ya, ini tadi buktinya ya hehe.

19:50 WIB
Bus akhirnya tiba,
Armada Rosalia Indah HDD 157 AD7054 OF, Entah mesinnya menggunakan Hino RN atau RK, tapi kalau mendengar decitan remnya, cek cek, ini adalah Hino RK 8 yang sudah modif Air Suspension.

Penumpang Pasar Rebo yang berjumlah 3 orang langsung dipersilahkan naik, Bus langsung berangkat dari Pasar Rebo, ternyata sesuai tampilan di goolge map, perjalanan sampai Rumah makan Subang berjalan dengan lancar tanpa menemui kemacetan. Bus juga tidak lagi mampir-mampir agen selepas Pasar Rebo, menjadikan perjalanan sampai Rumah Makan bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 jam, seperti waktu tempuh jam normal pada umumnya.

Meskipun ada jalur one way dimulai dari Cikampek, bus tetap melaju di jalur kiri, karena kalau bus melewati jalur one way di jalur kanan, bus tidak bisa exit tol Subang karena ditutup. Jadi jalur one way ini khusus mereka yang berasal dari Gerbang Tol Cikampek dan keluar di GT Kalikangkung ya. Terpantau saat itu jalur one way terpantau lebih lancar arus kendaraannya.

Memasuki Pintu Tol Subang, bus keluar tol, dan disini akhirnya terbukti penyebab bus tadi tidak masuk jalur kanan, atau jalur one way, karena jalur "keluar" one way di Subang, dalam kondisi tertutup portal oranye dan cone, jadinya mau tidak mau bus menggunakan jalur yang normal ya.

Memang penutupan jalur tersebut dimaksudkan untuk menutup jalur masuk Pintu Tol Subang yang ke arah barat, jadinya jalur one way ini memang lebih pas bagi mereka yang nanti keluar tol Kalikangkung langsung.

Namun saat berjalan tadi, di jalur one way terpantau bus Haryanto melewatinya, entah Haryanto nanti tidak masuk rumah makan, ataukah memang ada pintu tol yang terbuka di Cirebon, hal ini mungkin saja terjadi, karena Haryanto menganut sistem puter walik yang memaksa driver mengkalkulasi waktu tercepat untuk sampai di tujuan.

21:45 WIB
Istirahat di rumah makan Subang, selama 30 menit, namun kenyataannya bisa sampai 40 menit ya,
Langsung menuju Mushola untuk Sholat Mahrib Jamak dengan Isya. Selesai sholat, langsung antri untuk makan, ladalah ternyata antriannya puanjang banget, bahkan antrian untuk prasmanan di bagian paling ujung timur, antriannya sampai di kursi sofa bagian barat. Beberapa penumpang terpantau sampai tidak kebagian makan karena saking lama antrinya, belum makan malah sudah dipanggil naik ke armada. Saya sendiri langsung memilik jalur bungkus amkanan yang terletak di samping, Alhamdulilah jalur ini tidak ada antrian yang panjang banget.

Beginilah penampakan makanan yang dibungkus yang setara dengan selembar kupon makan warna kuning tersebut, jika akan menambah menu yang lain, maka harus membayar tambahannya di kasir baru bisa balik lagi kesini.


22:30 WIB
Melanjutkan perjalanan lagi,
di perjalanan ini saya gunakan untuk tidur saja,

04:30 WIB
Masuk terminal Bawen

05:00 WIB
Terminal Salatiga




Kesimpulan,
Rosalia Indah HDD 157 Hino RK8 modif Air Suspension
Harga Tiket lebaran Rp.550.000,-
Harga Tiket normal Rp.220.000,-
Kelas Eksekutif
Fasilitas Footrest, Air Suspension, AC, Toilet


Mengapa tidak menemui kemacetan?
ternyata usut punya usut para pemudik ini memiliki pemikiran yang sama mudik dari Jakarta, yaitu akan berangkat malam sehabis Isya,
jadinya bus saya yang berangkat sekitar jam 20:00 WIB dari Jakarta tidak ketemu kemacetan, hal ini terbukti dengan cerita seorang kawan yang berangkat jam 01:00 dini hari malah menemui kemacetan di Cikampek, dan mencatatkan waktu tempuh 15 jam sampai Karanganyar.

Kekurangan
- Tidak ada pemberitahuan dari agen bus berangkat 2 jam setelah jam di tiket, jadinya harus menunggu lama sekitar 2,5 jam, padahal sudah mencoba bertanya melalui Whatsapp, tapi tidak dijawab, Agen kurang komunikatif.
- Makanan habis saat sampai di rumah makan, beberapa penumpang sampai tidak kebagian makan, saking lamanya antri
- Belum ada footrest yang bisa di adjust ketinggiannya, mengingat kebutuhan orang berbeda tergantung tingginya

Kelebihan
+Sudah suspensi udara walaupun hanya kelas eksekutif
+Laju bus nyantai, bisa buat tidur nyenyak
+Tidak menggunakan sistem puter walik, sehingga tidak mengalami keterlambatan berhari-hari saat lebaran



Friday, May 5, 2023

Rosalia Indah 354 Salatiga Kediri


Selamat malam, kali ini saya akan mencatat lagi trip report naik transportasi umum bus Rosalia Indah jurusan Tegal Malang, namun saya naik dari Terminal Tingkir Salatiga dan turun nanti di Kediri, jadi kita nanti naik dari agen ampiran ya. Jika naik dari agen ampiran, pertanyaannya pastilah apakah waktunya bisa tepat waktu, ataukah ada selisih, jika selisih apakah sampai berjam jam ataukah hanya selisih beberapa menit saja seperti perjalanan yang lalu1, apakah diberitahu jika telat, dan lain sebagainya, silahkan disimak saja.



Rute Salatiga ke Kediri sendiri sebenarnya bisa ditempuh dengan beberapa alternatif
Alternatif pertama naik dari Solo ada Harapan Jayae yang langsung ke Kediri

Alternarif kedua yaitu naik bus sambung menyambung sampai 3 kali, yaitu naik bus jurusan Solo Semarang, kemudian Solo Surabaya, kemudian naik lagi bus Nganjuk Kediri atau Braan Kediri.

Alternatif ke empat yaitu naik Kereta Api dari Solo langsung ke kediri

semua ada plus minusnya baik dari segi waktu, keribetan, dan biaya, sekarang saya akan menuliskan trip report saya naik bus Rosalia Indah Salatiga Kediri langsung ya.


Pembelian tiket saya lakukan melalui online ya, dengan membuka melalui website, tanpa mendownload aplikasinya, karena jika memakai aplikasi, harus download dan tentunya menghabiskan kapasitas memori handphone. Kalau melalui website, tinggal membuka browser saja, lalu menuju alamat website Rosinnya. Kurangnya website, hanyalah tidak ada fitur memilih geser hari langsung seperti di aplikasi, itu saja, jadinya jika ada perubahan sedikit, harus mengisi ulang dari awal.

Back to the laptop,
Saat itu harga tiket sudah mengalami kenaikan pada momen lebaran 2023, yaitu Rp.210.000,- jurusan Salatiga Kediri, naik cukup jauh juga, mengingat sudah merupakan harga setelah kenaikan harga BBM2 dan bertepatan dengan momen lebaran 2023. Dulu padahal sebelumnya hanya sekitar Rp.160.000,- juga di saat lebaran3

Hari keberangkatan
Hari H keberangkatan, sebelum berangkat saya coba menanyakan agen, bus Salatiga Kediri sudah sampai mana, ternyata tidak ada jawaban, akhirnya saya putuskan berangkat dari rumah sesuai jadwal di Tiket yaitu jam 19:00 WIB, Perjalanan menuju Terminal Tingkri, terjadi kemacetan dari arah selatan macet sampai garasi Safari, namun saya bisa sampai di Terminal Tingkir tepat waktu.


Saya sampai jam 19:00 WIB sesuai jadwal di tiket, lalu dipersilahkan menunggu, saya kemudian menanyakan sampai mana busnya,
eh ternyata
ternyata bus masih di Semarang, dan bakal diprediksikan masih lama menunggu, padahal tadinya dari rumah sudah mencoba bertanya melalui Whatsapp ya, namun tidak ada jawaban ya. yasudah saya nunggu saja dulu di Terminal.

harusnya bila ada keterlambatan sampai lama, penumpang diberi tahu sebelumnya ya, kira kira kapan bus tiba, atau jikak tidak bisa memperkirakan, kapan, bisa hanya memberitahu posisi bus sampai mana, tentunya tidak harus tepat akurat 100% ya.

Misalnya dalam kasus ini, jadwal di tiket jam 19:00 WIB, dan sekarang sudah jam 19:00 WIB, namun posisi bus masih di Kendal, ini sudah jelas telat sekitar 1 jam an ya. meskipun nyatanya nanti bisa 1,5 atau 2 jam. Dengan mengambil waktu terbaik sesuai pengalaman agen, tentunya ini menjadi hal yang tidak terlalu sulit.

jika pun alasan sibuk atau karena tidak sempat, harusnya posisi bus bisa ditracking penumpang sendiri, karena itu juga hak penumpang untuk mengetahui sampai mana, barulah setelah bus sudah datang, tracking itu bisa ditutup kembali saja, jadi sebenarnya tinggal mengatur saja ya, misalnya menggunakan kode booking.

Namun ini juga menjadi masalah lagi, karena untuk mengetahui bus yang mana, harus bertanya lagi ke agen melalui WHatsapp, nah agen ini sepertinya malas membalas pertanyaan seperti itu dari calon penumpangnya, apalagi penumpang online ya ha ha.

Namun secara umum Rosin ini masih mendingan, karena posisi bus sudah diketahui, karena sampai sekarang ternyata masih ada agen bus yang tidak tahu sama sekali posisi bus, jadi malah ada yang buta sama sekali ya haha.


Menunggu di Terminal Tingkir kondisinya masih seperti kemarin4, yaitu kekurangan kursi, beberapa penumpang duduk lesehan di bawah. sebenarnya pernah saya coba sampaikan melalui instagram Terminal, namun sepertinya pengelola terminal atau apalah sebutannya masih bebal belum bergerak, tidak segera membenahi, mungkin dengan alasan ini itu, atau menunggu viral dulu mungkin ya hehe.

Beberapa bus terpantau lalu lalang di terminal, saya tidak sempat berfoto-foto, karena disini sempat ada kejadian, saya lupa membawa baju batik, jadinya malah sibuk berkeliling mencari batik di sekitar terminal, namun ternyata tidak ada penjual batik di sekitar terminal ya, jadinya nanti membeli batik di Kediri saja.

20:55 WIB
Akhirnya bus yang ditunggu datang juga, bus yang entah bermesin apa saya lupa, belum air suspension.
Begitu masuk, bus langsung berangkat dari Terminal Tingkir, kondisi di dalam bus, seperti biasa suhu AC cukup dingin, namun ternyata tidak disediakan selimut, jadinya memang harus melengkapi diri dengan baju dan kaos kaki agar tidak kedinginan.
Fasilitas di dalam bus standard seperti bus malam pada umumnya, AC, Toilet, dan memakai foot rest.
Perjalanan dilanjutkan melalui tol, sedangkan saya memanfaatkan waktu ini untuk tidur saja untuk menghemat energi beraktifitas besoknya.

00:45 WIB
Mampir rumah makan Caruban, istirahat kurang lebih 30 menit, selesai istirahat, Bus melanjutkan perjalanan menuju Nganjuk, langsung berbelok ke Kediri.


03:10 WIB
Sampai di Kediri
namun bus tidak masuk ke Terminal Tamanan Kediri, karena jembatan Bandar sedang diperbaiki, jadinya turun di daerah Mrican.

Kesimpulan
Rosalia Indah Salatiga Kediri Kelas Eksekutif
Harga Tiket Rp.220.000,-


Kekurangan
- Tidak ada pemberitahuan kalau bus bakal telat sampai dua jam, padahal sudah bertanya melalui WA, tidak dijawab, padahal juga sudah disediakan GPS, namun tidak dimanfaatkan agen, di aplikasi pun juga tidak terpantau bus sampai mana, padahal ada hak penumpang di sana untuk mengetahui dimana posisi bus, sayang sekali fasilitas yang lengkap tidak didukung SDM yang memadahi, harusnya bila SDM tidak siap, ada menu khusus di aplikasi yang memantau bus sampai mana, barulah setelah sudah datang, menu itu menutup dengan sendirinya ya. (jadi bukan masalah telatnya ya)
- Jam makan malam yang tidak sesuai jam makan orang normal
- Belum ada pilihan harga tiket tanpa makan
- Tidak ada selimut

Kelebihan
+Bisa pesan online
+Menjadi pilihan bus yang anti ribet, karena pilihan yang lain harus oper naik turun bus, dengan risiko desak-desakan, copet, menunggu lama, tanpa kepastian, dan ada kalanya kalah sama yang lebih kuat karena rebutn naik.

Dibalik kekurangannya dan kelebihannya, tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada kru yang bertugas mengantarkan sampai tujuan dengan selamat.


1https://myspacenote.blogspot.com/2023/03/naik-bus-indorent-salatiga-jakarta.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2022/09/harga-bensin.html
3https://myspacenote.blogspot.com/2022/05/rosalia-indah-salatiga-kediri.html

4https://myspacenote.blogspot.com/2023/02/rosalia-indah-387-boyolali-jakarta.html

Wednesday, May 3, 2023

Building Model Geom Has Invalid Aabbox ETS 2


Selamat siang semuanya, Jadi ceritanya Saya sedang membuat pagar untuk melengkapi Map saya dengan menggunakan blender, setelah saya berhasil mengekspor menjadi model ets2, dan juga mengedit file def nya, kemudian saat memasuki editor Map langsung mengalami Crash to desktop, saat memanggil model tersebut di browser editor. Kira-kira kenapa ya? silahkan simak tulisan di bawah ini cara mengatasinya.


Seperti biasa langkah mengatasi hal seperti ini adalah mengecek file lognya, kalau Crash saat running game ya dicek di game.log, namun jika Crash saat di editor map, ya kita cek di editor lognya, editor log saat saya cek kurang lebih berkata seperti ini ya.

00:07:15.737 : Building aabbox is void (....../pager_02)
00:07:15.737 : [fs] Failed to open file '/model/........pmg' in the read_only mode.
00:07:15.737 : [ld] Failed to open '/model/........pmg'.
00:07:15.761 : [fs] Failed to open file '/model/........pmg' in the read_only mode.
00:07:15.761 : [resource_task] Can not open '/model/........pmg'
00:07:15.762 : [model] Model geometry '/model/........pmg' is malformed.
00:07:15.762 : [fs] Failed to open file '/model/........pmd' in the read_only mode.
00:07:15.762 : [resource_task] Can not open '/model/........pmd'
00:07:15.762 : [model] Model descriptor '/model/........pmd' is malformed.
00:07:15.762 : [fs] Failed to open file '/model/........pmd' in the read_only mode.
00:07:15.762 : [ld] Failed to open '/model/........pmd'.
00:07:15.782 : d:\buildbot\slaves\win_slave\final_build_ets2_147_windows_bin_steam_x64\build\prism\src\models\model\model_template.cpp(629): ?cache_data_handler@model_template_u@prism@@UEAAXXZ: Failed to load model descriptor (.pmd) or model geometry (.pmg) for '/model/........pmg'.


bagaimana cara mengatasinya?

pertama kali saya kira ada masalah pada model di tiga dimensinya atau di blendernya, saya coba ulang export sekali lagi, Namun ternyata masih Crash to desktop saat memanggil modelnya di editor Map, lalu saya coba menelusuri mbah google kata-kata eror tersebut, namun malah bahasanya kemana-mana dan tidak jelas ya.

Langkah selanjutnya adalah menempuh jalur standard, mengecek yang biasanya salah saat membuat model ETS 2, yaitu mengecek nama root object di blender dengan nama di defnya apakah sama ataukah tidak, kalimat kata-kata di def-nya, saya coba cocokan antara nama di blender dengan nama di def eh ternyata ketemu lah sumber masalahnya, yaitu cuman salah penulisan hurufnya, pager02 di blender harusnya tapi tertulis pager_02 di def, jaka sembung pantesan ga nyambung ya. akhirnya setelah saya perbaiki kata di defnya, kemudian masuk di editor Map dan sudah tidak error lagi.

Jika dilihat dari file editor.log memang tidak menyebutkan langsung kalau ada kesalahan tulis ya, hanya menyebutkan malformed, aabbox dan lain sebagainya, setelah kita telusuri hanya ada kesalahan tulis yang menyebabkan model yang dipanggil dari tulisan def, tidak muncul di editor map.

Terima kasih telah membaca, OK itu saja catatan saya, siapa tahu ada yang mengalami masalah serupa dan nyasar kesini ya.

Gunung Harta GHTS 063 Kediri Jakarta Arus Balik Lebaran 2023


Selamat malam, kali ini saya akan mencatatkan catatan perjalanan naik bus lagi, kali ini saya naik bus Gunung Harta jurusan Kediri Jakarta, terakhir naik Tahun 2017 yang lalu 1. Saat itu sedang awal ngetrend model bus Double Glass, dan sekarang ternyata busnya masih sama memakai Double Glass ya, jika dulu fasilitas yang didapatkan PO ini yaitu avod, leg rest, snack, makan, nah kalau sekarang kira-kira masih sama apa tidak ya? silahkan disimak tulisan ini lebih lanjut.

Pemesanan tiket
Pemesanan tiket bisa melalui Agen Gunung Harta Kediri melalui nomor Whatsapp namanya Pak Gede dengan nomor +62 813-3213-7888.
Awalnya memesan tiket pada hari H-30 lebaran untuk keberangkatan H+4 atau hari kelima lebaran, ternyata tiketnya belum dijual menunggu penetapan tarifnya. Sekitar H-14 saya coba menanyakan kembali apakah sudah ada informasi tiket lebaran, ternyata sudah ada, untuk tarif Kediri Jakarta saat itu terkena tarif Rp.660.000,-, sebagai perbandingan, tarif ini relatif lebih murah dibandingkan dengan Rosalia Indah yang mencapai Rp.725.000,-an untuk rute yang sama. Saya pun berhasil mengamankan satu kursi di baris ketiga sesuai yang ditawarkan agen, kemungkinan baris depan sudah terisi karena tidak ditawarkan.

Pembayaran tiket
Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank BCA, jika pembayaran dari Mandiri akan terkena biaya admin Rp.2500,-, pembayaran saat itu dilakukan maksimal 1 hari sebelum keberangkatan ya, berbeda dari sebelumnya yang bisa dilakukan ketika naik.

Titik Keberangkatan berubah saat perbaikan Jembatan Bandar
Bus-bus jurusan Jakarta rata-rata saat ini menutup agennya di terminal Tamanan, jadinya titik keberangkatan saat ini dipindah ke agen yang lain, misalnya Bus Harapan Jaya sekarang bisa naik dari Mrican, sedangkan bus Gunung Harta ini diminta naik dari Pool Jalan Letjen S Parman No 91. Namun ada juga bus Jakartanan yang tetap melayani di Agen Tamanan, yaitu Rosalia Indah, jadinya tidak perlu jauh-jauh muter.

Hari keberangkatan
13:00 WIB
saya tiba di agen, terlihat beberapa calon penumpang sudah menunggu di kursi dari kursi bus. jumlahnya sekitar 4 orang saja. jadi memang tidak terlalu ramai. Terlihat pula Gunung Harta Merah jurusan Denpasar sedang parkir di halaman agen menunggu penumpang yang belum datang. Saya pun begitu sampai, langsung cek in ke agen dan menerima selembar kertas tiket.

Ternyata belum dilengkapi gps tracking
Berbeda dengan iklan di instagram Bus Gunung Harta Solutions, dimana penumpang bisa mengecek keberadaan bus menggunakan kode booking, ternyata bus yang saya naiki ini tidak menggunakan sistem tersebut, hal ini terlihat pada tampilan tiketnya yang tidak ada nomor kode booking sebagai kunci melacak posisi bus, apakah masih lama ataukah sudah sampai. sayang sekali ya tidak bisa mengecek, padahal penting untuk perkiraan tiba di agen. jadinya hanya mengandalkan kebiasaan dan agennya saja, itupun kalau agennya "sempat" menjawab pertanyaan kita sampai mana, pengalaman dua trip sebelumnya agen malah mengabaikan pertanyaan seperti itu. Menurut info agen, bus sebentar lagi akan sampai, padahal sebentarnya ini bisa saja sebentar 30 menit atau sebantar 5 menit ya hehe, tergantung persepsi masing-masing orang.

13.05 WIB
Bus tiba di Pool S Parman dari arah timur, berhenti langsung di pinggir jalan, saya pun langsung bergegas naik, eh ternyata pak sopir malah turun dari bus, disini bus ternyata berhenti dulu cukup lama, karena harus menaikkan paket berupa karung-karung berisi petai.

Reviu Bus
Bus menggunakan mesin Scania K410 ib, seperti tampak di tulisannya, dengan plat nomor N 7177 UA jurusan Blitar Jakarta. Ternyata setelah saya naik di dalamnya fasilitasnya masih sama dengan lima tahun sebelumnya1. Yaitu fasilitas standard bus malam seperti AC, toilet, smooking room, leg rest, snack roti, makan 1 kali, dan satu lagi video AVOD di setiap kursinya, masih sama ya dengan yang dulu.1

Kursinya pun masih sama dengan yang dulu, menggunakan kursi rimba kencana, menurut testimoni penumpang dengan tinggi badan 160 cm, ternyata kursi seperti ini kurang nyaman, karena kaki menjadi gantung, membuat pegel di paha untuk perjalan yang panjang. Seharusnya ada solusi untuk menurunkan tinggi kursi, atau ada semacam footrest yang fleksibel bisa naik turun sesuai kebutuhan masing-masing orang ya.

namun untuk jarak antar kursi, menurut saya sudah pas, karena saya bisa merebahkan kursi sampai full, tanpa mengganggu penumpang di belakang saya, namun dengan catatan bila sampai rumah makan atau akan turun, kursi ditegakkan kembali ya.

Fasilitas lainnya yang saya coba adalah AVODnya yang ternyata sudah terisi baik lagu maupun video, meskipun videonya jadul jadul film Stephen Chow ya, namun cukup untuk mengisi waktu sebelum bus diberangkatkan, untuk mendengarkannya memang harus memakai headset sendiri, dan masih berfungsi dengan baik, namun untuk cara menyambungkan dengan handphone, silahkan kalian gogling sendiri caranya.

13:25 WIB
Bus baru mulai diberangkatkan, melintasi kota Kediri jalan Doho, karena jembatan sedang ditutup untuk pelebaran jalan. efeknya jalur ini menjadi macet, karena semua kendaraan bus besar, truk lewat sini semua. Bus menuju arah Nganjuk.

14:45 WIB
Sampai di Terminal Nganjuk, lepas Nganjuk bus menuju arah tol, menuju Terminal Madiun, lanjut Maospati
Jalur Maospai Ngawi di depan bertemu truk panjang yang nyalip-nyalip, setiap lawan arah kosong selalu dimanfaatkan truk ini untuk nyalip, bus yang saya naiki saat itu posisinya di belakang truk ini. Akhirnya berpisah setelah sampai di perempatan Terminal Ngawi lama karena truk mengarah ke timur, sementara bus berbelok ke barat.

17:05 WIB
Bus masuk Terminal Ngawi, padahal tidak ada penumpang yang naik ya, kondisi jalan Terminal sudah lebih mendingan, tidak ditemui jalur yang rusak sampai membuat oleng bus.

Lepas Terminal Ngawi ternyata bus mengarah ke barat, melewati RM Duta Timur yang masih buka, kemudian melewati RM Duta Barat yang ternyata sudah tutup.
disini bus ternyata tidak mampir Rumah Makan Duta Barat lagi. Terpantau kondisinya sudah kosong ya.


17:20 WIB
Masuk Rumah Makan Taman Sari di Ngawi, yang ternyata posisinya tidak jauh dari RM Duta Barat, ke barat sedikit. Ternyata RM ini terlihat masih baru ya.


Di Rumah makan ini desainnya memang sengaja didesain sebagai rumah makan bus, terlihat dari halaman parkirnya yang sengaja dibuat luas, dan juga kanopi di atas pelindung hujan.


Karena belum masuk waktu Mahrib, saya putuskan makan dulu dengan menyerahkan tiket tadi untuk disobek dan diambil yang ada gambar barcodenya.

Menu makanan di Rumah Makan ini cukup melimpah, pilihannya antara lain ada nasi goreng, garang asem, dan ada yang lain, saya lupa, saya sendiri mencoba garang asemnya, rasanya tidak terlalu pedas seperti Garang Asem Mba Har.


Selesai makan langsung menuju Mushola untuk Sholat Mahrib dan Isya, karena memang sudah pas memasuki waktu Mahrib.


17:50 WIB
berangkat dari Rumah Makan Taman Sari, ternyata bus tidak kembali ke Tol Ngawi, tapi bus melanjutkan perjalanan ke barat melalui jalur non tol melewati hutan Ngawi, ternyata bus akan mengambil penumpang di Sidowayah. Tidak lupa kernet menanyakan setiap penumpang turun dimana kemudian dicatat dalam selembar kertas.

Lepas Sidowayah bus kembali masuk Tol Trans Jawa, arus balik ke Jakarta H+4 lebaran tidak ditemui kemacetan yang berarti, terpantau kemacetan berwarna merah di aplikasigoogle map terjadi di daerah Tol Solo Semarang tepatnya di Ungaran, wah jangan-jangan bakalan macet seperti sebelumnya ya2, namun ternyata setelah dilewati, macetnya masih bisa melaju sekitar 30 sampai 40 kmh, bahkan bisa lebih cepat bila melalui bahu jalan seperti bus yang saya naiki ini. Entah karena apa macetnya, karena saya tidak terlalu memperhatikannya juga. Ternyata seteelah ditelusuri bedanya warna merah di google map yang macet banget ketika di zoom, wana merah tersebut terlihat warna merah tua atau merah coklat ya.

Dari Gerbang tol Kalikangkung mulai diberlakukan one way, ternyata waktu itu tidak terlalu padat arah barat. Untuk laju bus ini tergolong cukup cepat dan ternyata kondisi jalan masih memungkinkan bus ini untuk memaksimalkan kekuatan SCANIA K410ib, seperti dengan entengnya menyalip mobil-mobil pribadi. Bus ini tidak menggunakan jalur one way jalur kanan, karena jalaur one way ini hanya bisa keluar di pintu tol Cikampek saja, sedangkan pintu tol yang lainnya ditutup.

01.10 WIB
Gerbang Tol Cikampek, dari sini hanya keluar tol sebentar, menurunkan penumpang di depan pintu tol, lalu langsung putar balik lagi. terpantau lepas Cikampek, masih ada satu jalur contra flow menambah satu jalur arah barat.

01:45 WIB
Karawang, lepas Karawang saya tidur, terpantau bus juga berhenti di Bekasi, Depsos dan lain-lain, namun saya tidak mencatatnya.

03:00 WIB
Finish Pasar Rebo


Kesimpulan
Harga Tiket Rp.660.000,-
Bus SHD Scania K410ib
Lama perjalanan, 14 jam total.


Kelebihan
-masuk rumah makan jamnya pas buat jam makan malam dan Sholat Mahrib dan Isya, yaitu sekitar jam 17:30 WIB
-Sudah menggunakan suspensi udara.

Kekurangan
-Belum ada footrest yang bisa disetel tinggi rendahnya, karena kebutuhan masing-masing orang berbeda sesuai tingginya.
-Belum mengikuti sistem gps tracking seperti di iklan di instagramnya.

1https://myspacenote.blogspot.com/2017/12/gunung-harta-gh-085-blitar-kediri.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2023/02/rosalia-indah-jakarta-salatiga-hdd-464.html