Saturday, October 29, 2016

Berbagai cara bertanya pada anak kita


Silahkan dibaca lagi ya gan, semoga bermanfaat, tentang berbagai cara bertanya pada anak kita, lagi lagi copas dari notesnya Fatimah Berliana Monika Purba
tanggal 14 September 2016·


Berbagai cara bertanya pada anak kita : Bagaimana sekolah hari ini, Tanpa bertanya : Bagaimana sekolahmu hari ini ? #ParentingTips

Momen bercerita kepada anak2 saya dan kebalikannya saat anak2 bercerita segala hal yang terjadi dengannya adalah momen yang sangat berharga setiap detiknya. Karena saya paham bahwa pada suatu saat anak-anak akan melanjutkan kehidupannya di luar rumah dan yang utama, kita tidak tau sampai kapan kita hidup, bilapun hidup apakah dalam kondisi sehat dan bisa mendengarkan cerita anak2 kita.

Untuk yang tidak menjalankan HS (Home Schooling), sekitar 6-8 jam waktu anak-anak dihabiskan di sekolah. Nah kebanyakan orang tua penasaran apa yang dilakukan anak2 & apa yang dirasakannya.

Tidak sedikit Ibu yang sedih saat bertanya ke anak : Bagaimana sekolahmu hari ini? .
Jawabannya singkat padat hanya 1-2 kata : Baik / Biasa saja.

Nah saat itu Ibu evaluasi cara berkomunikasi selama ini, teknik bertanyanya, pilihan kalimat pertanyaannya dan apakah saat anak bertanya pada Ibu jawaban Ibupun singkat?
Sepanjang saya mengingat saat2 saya bertanya ke anak saya, justru kalau anak saya hanya menjawab 1 – 2 kata artinya ada yang salah/tidak membuatnya nyaman di sekolah. Saat itu saya perhatikan raut mukanya, bila sesuai feeling saya maka saya tidak probing/bertanya lebih lanjut, saya biarkan dia lepaskan kesalnya/gak nyamannya baru saat santai ngobrol lagi.

Saya sangat bersyukur anak2 sangat terbuka bahkan untuk hal buruk , memalukan yang mereka alami atau yang teman2 mereka lakukan yang mereka ketahui.Tak jarang anak saya seperti jadi “informan” nya sekolah. Beberapa kasus urgent yang perlu ditangani sekolah saya dapat infonya dari anak2. Memang saat mendengar berita buruk (karena saya tidak mau menyebut kenakalan) merasa kaget tapi respon yang paling baik adalah tidak heboh, hingga marah dan menghakimi.

Di akun twitter saya menemukan artikel ini dari huffingtonpost mengenai ide2 bertanya ke anak sehingga jawabannya tidak closed ended (ya-tidak-ok-baik-buruk) tapi open ended (berkembang jadi pembicaraan panjang/diskusi). Seingat saya ada website Indonesia yang mengadaptasi artikel yang sama, jadi ini adaptasi versi saya. Semoga bermanfaat, Happy Parenting :)

Berbagai cara bertanya pada anak kita : Bagaimana sekolah hari ini, Tanpa bertanya : Bagaimana sekolahmu hari ini ? (Untuk anak-anak)

1. Apa hal terbaik yang terjadi di sekolah hari ini ? (Atau kebalikannya : Apakah ada hal terburuk yang terjadi di sekolah hari ini? )
2. Coba ceritakan apa saja yang dapat membuatmu tertawa hari ini di sekolah
3. Kalau boleh bebas memilih teman untuk duduk bersebelahan di dalam kelas, maka kamu mau duduk sama siapa ? (Dan kebalikannya).
Dari pertanyaan ini saya makin kenal nama2 & sifat2 temannya anak2.
4. Sekolah bagian mana yang paling kamu sukai ?
5. Adakah hal aneh yang kamu dengar hari ini?
6. Bila Ibu menelfon gurumu malam ini, kira-kira apa yang akan gurumu ceritakan tentangmu?
7. Apakah kamu menolong seseorang hari ini? Bagaimana kamu menolongnya?
8. Apakah ada teman/orang lain yang membantumu hari ini?
9. Coba ceritakan 1 hal saja yang kamu pelajari hari ini
10. Kapan kamu paling bahagia di sekolah hari ini?
11. Apakah kamu sempat bosan hari ini?
12. Jika ada pesawat alien datang ke kelasmu , siapa yang kamu mau ikut pergi bersama alien tersebut? (Silahkan ganti alien dengan hal lain)
13. Kamu ingin bermain dengan siapa saat istirahat (bukan teman yang biasa kamu bermain bersama)
14. Ceritakan hal baik yang terjadi hari ini
15. Kata-kata apa yang paling sering gurumu katakan hari ini?
16. Menurutmu apa yang perlu lebih kamu lakukan/pelajari di sekolah?
17. Menurutmu apa yang perlu kamu lakukan/pelajari lebih sedikit di sekolah?
18. Bila kamu ingin bersikap lebih baik, kira-kira kepada siapa di kelasmu?
19. Di mana kamu paling sering bermain saat istirahat?
20. Siapa anak paling lucu di kelasmu? Kenapa?
21. Bagian mana yang paling kamu sukai saat makan siang?
22. Bila besok kamu jadi guru, apa yang akan kamu lakukan?
23. Adakah temanmu di kelas yang perlu time-out (konsekuensi)?
24. Kalau kamu boleh pindah tempat duduk di kelas, kamu akan tukar dengan siapa? Kenapa?
25. Ceritakan 3 kegiatan yang menggunakan pensil di sekolah hari ini.
*****
http://www.huffingtonpost.com/…/25-ways-to-ask-your-kids-so…

Sumber https://www.facebook.com/fbmonika/posts/10210475587711848

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]