Friday, June 26, 2015

Mengatasi pesan errorr pada jaringan LAN

Entah karena sebab apa, komputer kita yang sudah tersambung LAN dengan komputer lain, tidak bisa mengakses komputer lain, padahal komputer lain bisa mengakses komputer kita. IP Address sudah sama, kabel juga terhubung dengan baik. Bahkan untuk mengakses network di komputer kita pun, juga tetap tidak bisa. Pesan eror yang muncul adalah tulisan ini :

You might not have permission to use this network resource. Contact your administrator

Setelah diteliti, permasalahan bukan pada jaringan (kabel lan sudah tersambung, IP address sudah sama), namun pada komputer kita sendiri. tapi apa ya? Yak seperti biasa ane googling dengan kata kunci pesan error tersebut dan nyasarlah saya ke situs youtubnya Abdulmomen Jameli, berikut ini catatan saya.

Intinya tugas kita adalah menginstall client IP pada IP Properties, caranya setelah masuk menu IP Properties, pilih pada IP lalu klik install- pilih pada Client dan seterusnya, jangan lupa untuk merestart komputer kita di akhir tahap.

Berikut ini rinciannya, cara ini untuk pengguna Windows 8, untuk windows lain kurang lebih sama

Pastikan koneksi dengan kabel LAN sudah terhubung, (jika sudah terhubung akan muncul lambang monitor kecil di pojok kanan bawah), untuk detail menguhubungkan kabel LAN bisa diintip disini

Klik kanan pada logo tersebut, pilih menu “Open Network and Sharing Center” (akan muncul jendela windows dengan tampilan network yang aktif)

Klik pada Ethernet (akan muncul menu Ethernet Status)

Klik Properties (akan menu Ethernet Properties)

Pilih pada Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) (ini untuk windows 8, untuk windows lain bisa berbeda namanya)

Klik Install

Pilih Client lalu Add

Pada network Client pilih Certificate
=> Klik OK

Terakhir restart komputer kemudian coba hubungkan kedua komputer

itulah cara yang pernah saya coba dan berhasil, mungkin diantara pembaca ada yang memiliki cara lain atau mengalami masalah lain, silahkan dishare disini.
Myspacenote.blogspot 2015

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]