Saturday, April 14, 2012

Antara Etika dan Etiket



Saat itu pelajaran sudah dimulai, dari luar terlihat pengajar yang baru saja memulai materi. Tanpa mengetuk pintu saya langung masuk, membungkukkan badan sambil melewati pengajar menuju tempat duduk saya, teman sebelah saya bilang "Eh ijin dulu, itu etika..." kurang lebih seperti itulah yang diucapkannya yang saya pikir sebenarnya juga ga segitunya kali :D, Saya jadi ingat antara etika dan etiket itu berbeda.

Kita juga pernah membaca "Etika bertelpon dengan pelanggan" antara lain harus menggunakan intonasi yang jelas, memilih kata-kata yang halus, harus menjaga sopan santun, dan lain sebagainya. sebenarnya seperti itulah yang dinamakan etiket, karena berhubungan dengan sopan santun, kalau yang dimaksud etika misalnya "bicara di telepon tidak boleh bohong" etika berhubungan dengan moral.

Etika dan etiket dua kata yang hampir sama tapi punya makna yang berbeda, saya ambilkan contoh lain seperti saat menerima telepon dari seseorang yang mengaku dari acara kuis televisi memberitahukan anda mendapat hadiah, dengan tutur bahasa yang halus dan menjaga sopan santun etiketnya bisa dibilang baik, namun sebenarnya dia bermaksud menipu sehingga etikanya buruk.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]